Tips Memilih Ban Mobil Untuk Off-road

Gravity Adventure - Pemilihan ban mobil untuk offroadsangatlah penting untuk diperhatikan, selain beberapa perlengkapan offroad di lapangan yang juga harus dipersiapkan, karena ban adalah faktor utama yang menentukan pada saat melakukan off-road.

Pada saat memilih ban yang akan digunakan untuk offroad kebanyakan orang hanya memandang dari ukuran besarnya saja padahal jenis mesin mobil juga perlu diperhatikan ketika memilih ban. Ban yang berukuran terlalu besar dengan jenis mesin yang berkapasitas kecil dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin dan mobil tidak bisa untuk melaju dengan kencang bahkan tidak dapat melaju sama sekali.

Pemilihan ban mobil untuk offroad haruslah benar-benar tepat dan sesuai dengan medan yang akan dilalui, baca juga, tempat-tempat offroad di bandung. Sekarang ini banyak produsen ban yang menawarkan berbagai jenis ban untuk offroad dengan corak dan model yang beragam. Ban yang anda pilih tentunya juga harus sesuai dengan mobil anda, walaupun pastinya harga ban mobil untuk offroad akan berbeda tiap tipe dan merknya.

Ban Mobil Untuk Offroad
Sumber: fourwheeler.com
Ada beberapa merk ternama dan terkenal untuk ban offroad diantaranya extreme tracker atau simex jungle tracker, super swamper, Mickey Thompson, Silverstone, ada juga merk lokal seperti Bridgestone, good year extra grip, dan jeep service. Semua merk ban ini mempunyai kualitas yang bagus dan recommended untuk dijadikan pilihan ban mobil offroad anda. Baca juga, bengkel modifikasi mobil offroad bandung.

Selain dilihat dari merk ketika memilih ban mobil untuk off-road, anda juga harus memperhatikan corak atau trend pattern, konstruksi dan ukuran atau size dari ban. Sebenarnya hanya ada dua macam ban yang cocok untuk digunakan untuk offroad yaitu tipe radial atau cross ply dan tipe bias ply.

Perbedaan dari kedua tipe ban tersebut di atas adalah pada serat kawat baja yang dipasang dalam ban. Tipe cross ply mempunyai serat kawat baja yang dipasang sembilan puluh derajat dari sudut kiri ban ke sudut kanan ban, sedangkan tipe bias ply mempunyai serat kawat baja yang dipasang secara diagonal melintang pada roda. Untuk offroad disarankan memilih ban dengan tipe bias ply. Paket offroad di lembang bandung.

Alasan pemilihan ban mobil untuk offroad adalah tipe bias ply karena tipe ban ini tidak mudah mengalami kebocoran. Ban tipe bias ply mempunyai dinding yang lebih kuat atau slide well, sehingga ban tidak mudah robek ataupun tertusuk. Sedangkan tipe radial atau cross ply cocok untuk ban offroad ketika anda melakukan offroad di daerah berpasir dan licin karena ban tipe radial mempunyai cengkeraman yang bagus sehingga mobil tidak mudah slip.