Asal Mula Sejarah Olahraga Arung Jeram

Rafting atau arung jeram konon ditemukan oleh orang yang berasal dari benua Amerika, namun ada juga yang menyebutkan jika sejarah olahraga arung jeram tersebut berasal dari Eropa. Lepas dari benar tidaknya berita tersebut, yang jelas jenis olahraga ekstrim ini terlahir karena kebutuhan. Awalnya fungsi olahraga arung jeram ini untuk penyelamatan diri sekaligus menyerang orang, layaknya pada era Perang Dunia II. Dahulu, warga Amerika merancang perahu dengan bentuk keranjang yang digunakan untuk sarana perang yang disebut dengan basket boat.

Sejarah Olahraga Arung Jeram
Di Negara kita, sejarah olahraga arung jeram sebetulnya sudah ada dari dulu, tengok saja masyarakat tradisional yang memiliki rumah di tepian sungai dengan arus besar. Orang-orang tersebut telah lama menggunakan rakit dari bamboo yang digunakan untuk alat angkutan menyeberang sungai atau mengarungi sungai. Maksud dari mengarungi ini adalah menjelajahi sungai mulai dari hulu atau kampong mereka ke pemukiman yang lebih besar untuk mencari makanan atau berburu hewan. Baca juga, teknik dasar mendayung rafting.

Belakangan ini olahraga arung jeram ini sangat diminati oleh masyarakat modern yang ingin menantang keberanian sekaligus memacu adrenalin. Fungsi dari arung jeram ini adalah untuk mengenal alam dan sebagai langkah untuk melatih kesabaran dan kerja sama dalam team. Jadi fokus kegiatan ini bukan hanya untuk bersenang-senang semata melainkan dapat melatih kekompakan team.

Sejarah Olahraga Arung Jeram
Dulunya, alat untuk melakukan arung jeram ini terbuat dari rakitan bambu. Namun kini seiring perkembangan jaman, alat arung jeram beralih menjadi perahu karet yang lebih ringan dan mudah untuk diangkat. Sejarah olahraga arung jeram ini dipopulerkan pada tahun 1970 oleh warga Amerika Serikat. Sejak itulah kegiatan arung jeram ini menjadi popular dan gaya hidup masyarakat modern, mulai dari penelitian alam maupun rekreasi sehingga sekarang olahraga ini sangat mewabah.

Paket rafting bandung, tidak begitu masalah olahraga  ini berasal, mungkin akan lebih seru jika Anda langsung mencobanya sendiri melalui beberapa paket rafting yang Gravity Adventure tawarkan.

Di Indonesia sendiri, sejarah olahraga arung jeram ini di mulai dari sungai Citarum rafting bandung dari Jawa Barat yang kemudian merambah ke berbagai sungai di seluruh wilayah Indonesia. Mulanya orang yang ingin melakukan kegiatan arung jeram ini agak khawatir mengenai keselamatan pada saat terjadi terjangan arus, akan tetapi kini standar keamanan lebih diperhatikan sehingga para peserta arung jeram tidak perlu lagi khawatir untuk melakukan rafting dengan aman dan nyaman