Teknik Dasar Mendayung Rafting untuk Menggerakkan Perahu Karet

Mendayung memang merupakan salah satu bagian terpenting dalam olah raga rafting. Banyak sekali teknik dasar mendayung rafting yang harus anda perhatikan sebelum anda memulai kegiatan rafting anda. Namun sebelumnya, mari ketahui jenis-jenis dayung rafting yang umumnya digunakan untuk bermain rafting. Beberapa diantaranya berbahan plastic, fiber glass dan aluminium.

Untuk dayung kayu sendiri sebenarnya tidak cocok digunakan untuk pemula, sebab lebih berat sehingga kekuatannya menjadi kurang maksimal jika digunakan untuk mendayung. Baca juga, cara aman bermain rafting.

Teknik Dasar Mendayung Rafting
Sedangkan dayung fiber glass ini berbeda sekali dengan dayung yang berbahan kayu, sebab memiliki berat lebih ringan. Akan tetapi, kekurangan dari dayung yang terbuat dari fiber glass ini jika pecah cukup berbahaya, sebab serpihan pecahannya dapat melukai orang-orang.

Berbeda dari kedua jenis dayung diatas, jenis dayung yang berbahan alumunium ini sangat diminati oleh operator rafting dan sangat cocok untuk peserta rafting pemula. Ini dikarenakan bahan alumunium lebih ringan, bisa terapung di ari dan lebih kuat dibandingkan kayu jika digunakan untuk teknik dasar mendayung rafting.

Teknik dasar mendayung rafting ini sangat bervariasi. Misalnya saja untuk gerakan mendayung maju, atau istilahnya forward stroke ini berfungsi menggerakkan dan mengarahkan perahu melaju ke depan. Caranya pun sangat mudah yakni dengan menggerakkan daun dayung ke depan dan didorong di belakang.

Selain itu dayung maju, ada juga dayung mundur atau yang biasa disebut backward stroke. Gerakan mendayung ini berfungsi untuk menurunkan kecepatan laju perahu atau bisa juga untuk menggerakkan perahu kea rah belakang.

Teknik Dasar Mendayung Rafting
Jika ingin membelokkan perahu agak cepat, anda bisa menggunakan teknik dasar mendayung rafting dengan C Stroke. Cara mendayung ini dengan menggerakkan seolah ingin membentuk huruf C dengan membelokkan perahu dan badan. Sedangkan gerakan J Stroke ini adalah untuk menggerakkan perahu pada saat aliran sedang tidak terlalu deras.

Selain itu, masih ada dua lagi cara mendayung rafting yang biasa digunakan oleh peserta rafting, yakni dengan draw stroke yang berguna untuk menghindari tabrakan dengan perahu yang anda tumpangi dan perahu yang ada di belakang anda.

Paket rafting bandung, adalah paket rafting di Gravity Adventure dengan harga dan pelayanan terbaik untuk provider rafting di bandung. 

Dan yang terakhir adalah scaling yang digunakan untuk mempertahankan tingkat kemiringan yang disebabkan oleh gelombang arus sungai dan batuan besar yang ada di sungai. Demikian bahasan mengenai teknik dasar mendayung arung jeram. Jangan lupa jika Anda ingin rafting di bandung, silahkan hubungi Gravity Advemture.