5 Permainan Family Gathering untuk Dewasa yang Akan Menambah Keseruan Acara

5 Permainan Family Gathering untuk Dewasa yang Akan Menambah Keseruan Acara

Acara family gathering terkadang diisi dengan permainan family gathering untuk dewasa. Terkadang games yang dimainkan berbeda dengan games yang biasanya dimainkan, misalnya seperti games pada acara 17 agustus.

Permainan yang dipilih haruslah bermanfaat untuk peserta family gathering untuk jangka panjang, namun juga menyenangkan. Permainan family gathering untuk dewasa perlu dipikirkan dengan baik. 

Berikut ini permainan yang bisa Anda mainkan ketika acara family gathering.

Permainan Konsentrasi

Permainan family gathering untuk dewasa ini sangat menyenangkan dan dapat menyegarkan otak setelah penatnya bekerja.

Ilustrasi Game Konsentrasi (pexels)

Permainan ini tidak memerlukan waktu yang cukup banyak. Cara bermainnya yaitu dengan bertukar 10 hal dari peserta lain, misalnya melepaskan tali sepatu, perhiasan, jam, dan masih banyak lagi.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk menantang memori dan menstimulasi pikiran Anda, selain itu juga dapat meningkatkan kedekatan antar peserta.

Permainan Kompak

Games ini dimainkan dengan cara peserta menjadi 3-4 tim yang terdiri dari 8 orang anggota tiap-tiap kelompok. 

Ilustrasi Game Kompak (outboundgravity.com)


Perwakilan dari masing-masing tim harus membuat lingkaran dan satu orang bertugas untuk berdiri di tengah. Pemain tersebut diminta untuk mengatakan “keselamatanku ada pada kalian”.

Pemain tersebut kemudian ditutup matanya dan harus menjatuhkan diri ke arah mana saja secara bebas, sedangkan anggota lain melingkar dan menyelamatkan pemain tadi.

Permainan berakhir dengan semua pemain sudah mendapatkan giliran. Lihat seberapa kompak anggota tim yang bermain. Permainan ini bertujuan untuk menghangatkan suasana kerja dalam sebuah tim.

Permainan Role Play

Permainan family gathering untuk dewasa ini dimainkan dengan cara membagi pemain ke dalam tim dengan anggota 3-8 orang, setiap tim akan mendapatkan goodie bag. 

Goodie bag berisi barang-barang dengan jumlah 6-10 yang nantinya digunakan untuk tampil dengan menyesuaikan tema yang diberikan.

Ilustrasi Goodie Bag untuk Game Role Play (pexels)

Kreatifitas dari masing-masing anggota sangat diperlukan untuk mengubah barang-barang yang ada agar berfungsi seperti seharusnya. Pemenangnya adalah tim dengan penampilan terbaik.

Tujuan dari permainan ini yaitu membangkitkan kerjasama dan kolaborasi antar anggota, serta menimbulkan perasaan nyaman antara anggota satu dengan lainnya.

Permainan Take What You Need

Permainan ini bertujuan agar para pemain satu dengan lainnya saling mengenal. Sediakan sebuah kertas toilet gulungan. Bagi tim dengan masing-masing anggota berjumlah 10-15 orang.

Kertas Toilet Gulung untuk Permainan Take What You Need (pexels)

Cara bermainnya mudah. Semua orang diminta untuk duduk dalam keadaan melingkar, lalu minta mereka untuk mengambil kertas toilet sebanyak yang diperlukan dengan tidak memberitahukan apa manfaatnya.

Kemudian, setiap orang harus menceritakan fakta tentang diri mereka yang banyaknya sesuai dengan gulungan yang tadi diambil.

Contohnya, si B mengambil 4 gulungan maka dia harus menceritakan 4 fakta menarik tentang dirinya.

Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antara anggota satu dengan lainnya. Dalam kegiatan ini diajarkan untuk mengetahui berbagai hal yang belum Anda ketahui tentang rekan Anda.

Baca juga,

Permainan Snow Ball

Permainan family gathering untuk dewasa berikutnya adalah permainan snow ball atau dikenal dengan ice breaker.

Cara bermainnya sangatlah mudah, yaitu semua orang diminta untuk membuat satu atau dua lingkaran. Jumlah lingkaran disesuaikan dengan jumlah pemain, lalu sediakan satu bola.

Selanjutnya, Anda harus melemparkan bola dari belakang. Orang yang berhasil menangkap bola harus memperagakan satu gaya sambil mengucapkan kalimat yang berhubungan dengan gerakan.

Permainan snow ball sangat menyenangkan, terlebih jika melihat ada ekspresi unik dan lucu dari para pemain.

Nah, itulah 5 rekomendasi permainan family gathering untuk dewasa yang akan menambah keseruan acara family gathering Anda.