Villa Jerman Pangalengan, Disebut Villa Merah, Kenapa?

Banyak cerita mistis yang selalu beredar di masyarakat menyelimuti sebuah tempat wisata di Pangalengan dan bisa membuat penasaran sekaligus menakutkan.

Berikut Gravity Adventure akan mengulas salah satu lokasi yang boleh jadi menarik untuk Anda kunjungi, Villa Jerman Pangalengan.

villa jerman
villa jerman / @lilo_armadilo

Namun itu hanya katanya dan katanya. Tidak terkecuali pada cerita mistis yang dimiliki oleh sebuah bangunan, katakanlah cerita mistis Villa Merah atau dikenal dengan sebutan Villa Jerman di Cukul Pangalengan.

Dari Kota Bandung ke kawasan wisata perkebunan teh Cukul di Pangalengan bisa ditempuh dengan perjalanan selama lebih kurang dua jam.

Kawasan wisata perkebunan teh Cukul, yang lokasinya tidak begitu jauh dengan penginapan di Situ Cileunca, memang dikenal dengan sunrise pointnya yang instagramaable. Udara dingin siap menyambut Anda jika datang ke tempat ini.

Gunung Artapela Pangaleengan, ada fenomena menarik di puncak Sulibra

Ada sebuah tempat lain yang juga cukup populer di kawasan wisata perkebunan teh Cukul ini, yakni sebuah bangunan villa yang menurut cerita masyarakat setempat dianggap angker dan penuh misteri. Villa Jerman namanya, atau masyarakat mengenalnya dengan sebutan Villa Merah.

Sejarah Villa Jerman Pangalengan &Asal Usul Kenapa disebut Villa Merah

Hmmm... Villa Merah Cukul, sebuah villa yang berada di atas bukit kecil ini tampak keren sekaligus bikin penasaran.

villa jerman Foto dari  @zainfoto
Villa Jerman di Perkebunan Cukul Foto dari  @zainfoto

Apalagi ditambah dengan keberadaan sebuah danau kecil yang mengitari serta pemandangan alam berupa hamparan perkebunan teh kian menambah suasana eksotis sekaligus keangkeran bangunan ini.

Gunung Nini Pangalengan, inilah alasannya disebut nini

Anda akan dibuat kagum dengan keberadaan villa yang berada di atas ketinggisn 1600 mdpl ini.


Anda mungkin penasaran kenapa masyarakat banyak yang memberi nama dengan sebutan Villa Merah.

Penangkaran rusa kertamanah pangalengan

Menurut cerita yang beredar, konon katanya di rumah villa Jerman Cukul ini pernah terjadi pemb*n*han. Arwah korban pun katanya masih gentayangan dan biasa menampakkan diri di sekitar area villa.

Pelajaran yang bisa diambil, itu menurut cerita ya, yang pasti kalau orang sudah meninggal, akan memiliki alam berbeda dengan alam dunia. Jadi tidak mungkin kalau arwahnya masih di bumi dan gentayangan.

Boleh percaya boleh tidak sih, yang pasti mungkin inilah asal usul disebut Villa Merah, yup disebabkan karena d*r*h yang berceceran akibat pemb*n*han tersebut. (d*r*h identik dengan warna merah. pen)

villa jerman Pangalengan Photo @unboxing_indonesia
Villa Jerman Pangalengan Photo @unboxing_indonesia

Banyak juga yang menyebut Rumah Merah ini dengan sebutan Rumah Jerman atau Villa Jerman. Alasannya disebut demikian, karena arsitektur rumahnya kalau diperhatikan tidak begitu jauh dengan arsitekur ala rumah yang ada di perkebunan di Jerman.

Namun begitu, rumah yang kini dimiliki oleh perusahaan Teh Sosro ini, telah mengalami pemugaran karena mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi tahun 2009.

Itulah sejarah Villa Jerman Pangalengan yang mengapa disebut juga dengan nama Villa Merah.

Peta Google Map Villa Jerman Cukul Pangalengan



Tempat Wisata Ini Berdekatan dengan Villa Jerman Cukul

Diluar ceita masyarakat mengenai Villa Jerman Cukul yang masih misteri, ada sebuah lokasi yang keren dan instagramable banget yaitu Cukul Sunrise Point namanya.

Cukul Sunrise Point
Cukul Sunrise Point  / @warmanwardhani

Yup, Cukul Sunrise Point di Pangalengan menjadi destinasi wisata yang kini banyak didatangi oleh wisatawan, terutama yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit dan eksotismenya Negri di Atas Awan ini.

Anda hanya perlu merogoh saku Rp. 10.000 per orangnya untuk harga tiket masuk Cukul. Andapun sudah bisa menikmati keindahan kawasan wisata ini dan berbagai fasillitas yang tersedia.

Banyak spot foto yang menarik di tempat ini untuk dieksplore, kemudian hasilnya bisa diupload ke sosial media, seperti instagram dan facebook.

Rafting Sungai Palayangan [Sensasi Luar Biasa dan Menantang]

Akses Jalan Menuju Cukul Pangalengan

Satuhal yang perlu diwaspadai, adalah Anda harus berhati-hati saat diperjalanan menuju objek wisata Cukul, karena selain jalannya menanjak juga banyak kelokan tajam untuk dilalui.

Tidak hanya itu, Andapun perlu berhati-hati dengan kabut, yang turun tidak hanya malam hari, siang haripun Anda akan menemukan tempat ini yang terkadang berkabut cukup tebal. Apalagi jika turun hujan, udaca dingin yang menusuk tulang menandakan Anda harus memakai jaket.

Cukul Pangalengan dan Akses Jalan

Peta Google Map Sunrise Point



Destinasi wisata alam kini banyak diburu wisatawaan, terutama bagi orang-orang yang mencari suasana damai dan penuh ketenangan, misalnya warga perkotaan yang jenuh dengan rutinitas pekerjaan dan kesumpekan suaana perkotaan, sangat membutuhkan keasrian tempat wisata alam seperi Cukul di Pangalengan ini.

Lihat juga wisata air terjun di Pangalengan:
Curug Ceret Pangalengan, liburan murah meriah
Curug Mega Pangalengan, Pesona Tersembunyi Bagi yang Bosan Dengan Suasana Perkotaan
Curug Panganten Pangalengan, Ada Keindahan Tersembunyi di Sini

Keberadaan villa jerman ini juga entah mengapa bisa mengundang orang yang ingin menyewa villa jerman. Hemm..ada-ada saja ya, terbukti dengan ada juga orang yang mengetikkan di google dengan kata-kata "sewa villa jerman pangalengan".