Wisata Situ Cileunca Pangalengan, Nikmati Keseruan yang Tak Terlupakan

Di tepi Danau Cileunca pangalengan dilihat dari halaman de bloem

Pangalengan menjadi salah satu daerah yang ada di Bandung yang ramai diperbincangkan karena tempat wisatanya yang menarik. Ya, tempat wisata Situ Cileunca Pangalengan terkenal dengan kebun tehnya yang luas dan menjadi salah satu penghasil susu terbaik yang ada di Bandung.

Suasana Alami dan Syahdu Situ Cileunca
Suasana Alami dan Syahdu Situ Cileunca

Selain itu, objek wisata yang ada di Pangalengan juga kini semakin menarik. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah wisata Situ Cileunca Pangalengan. Ini adalah salah satu tempat wisata yang banyak diperbincangkan dan ramai dikunjungi di Pangalengan saat ini.

Alamat Situ Cileunca

Dimana alamat Situ Cileunca ya? Nah, bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata ini, Situ Cileunca sendiri berada di tempat yang strategis. Sehingga lokasinya lebih mudah ditemukan oleh wisatawan. Ia berada 45 km tepatnya di sebelah selatan Kota Bandung dan 185 km jika ditempuh dari Jakarta.

Berikut penampakan peta di google map. Jika Anda sedang mencari Situ Cileunca, silahkan search saja "rafting Bandung Gravity Adventure" karena tempat wisata ini identik dengan rafting Gravity Adventure Pangalengan, dan letaknya memang di Situ Cileunca.



Adapun situ ini juga berada di dataran tinggi dimana ia berada pada ketinggian 1550 mdpl serta dikelilingi oleh perkebunan teh Malabar yang sangat luas yang dikelola oleh PTPN VIII. Lokasinya sendiri tidak jauh dari kecamatan Pangalengan.

Untuk lebih tepatnya, tempat wisata ini berada di Desa Wanasari, kecamatan Pangalengan, Bandung Jawa Barat. Jika Anda menempuh perjalanan dari Bandung, maka Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam untuk tiba di lokasi.

Sejarah dan Asal Usul Situ Cileunca

Ada yang unik dari wisata Situ Cileunca ini dimana konon katanya situ ini dibangun oleh banyak orang namun tidak menggunakan cangkul. Melainkan warga yang membuat ini menggunakan bantuan halu yang mana ini adalah salah satu jenis tongkat panjang yang zaman dahulu digunakan untuk memikul.

Menurut Sejarah, Situ Cileunca ini sendiri merupakan sebuah kawasan riba di masyarakat Belanda yang diberi nama Khulan. Ia dahulu menetap di Pangalengan cukup lama. Dalam proses pembangunan situ sendiri memakan waktu 7 tahun lamanya yakni mulai dari tahun 1919 hingga 1926.

Kegiatan pembangunan dilakukan dengan cara membendung aliran sungai Cileunca yang akhirnya terbentuklah sebuah situ yang ada akhirnya menjadi sebuah bendungan. Nah, saat ini bendungan ini memiliki nama Dam Pulo.

Paket Wisata Situ Cileunca

Nah, bagi Anda yang ingin liburan, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan paket wisata saat di berlibur ke Situ Cileunca. Sehingga semua yang Anda butuhkan bisa Anda lakukan, terutama dalam hal wahana yang akan dinikmati.

Gravity Adventure juga menyediakan paket outbound Pangalengan di sekitar danau. Permainan outboundnya asyik dan menyenangkan. Jadi harus Anda coba, ya.

Wahana Situ Cileunca

Terdapat banyak wahana Situ Cileunca. Nah, bagi Anda yang liburan ke sini, ada banyak sekali wahana menarik yang bisa dinikmati. Diantara wahana tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Wahana Wisata Air

Jernihnya air danau di situ ini sangat menarik dan membuat Anda ingin berenang. Jadi, di sini Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan bermain air baik bersama dengan keluarga atau orang terdekat di sini.

Wahana situ cileunca perahu kano paket wahana wisata air situ cileunca de bloem

Wahana wisata air yang bisa Anda lakukan misalnya rafting dan bermain kano. Kedua jenis wisata air ini bisa reservasi di Gravity Adventure atau De Bloem Villa.

Gravity dan De Bloem ini masih satu manajemen sehingga jika mau memilih paket wisata air ini terserah mau pilih yang mana.

Wahana situ cileunca perahu kano paket wahana wisata air situ cileunca de bloem

2. Camping Ground

Situ Cileunca camping ground juga ada lho di sini. Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati indahnya Situ Cileunca di malam hari, untuk fasilitas penunjang perkemahan juga sangat lengkap. Sehingga nantinya Anda tidak perlu khawatir jika akan mendirikan tenda.

Situ cileunca camping ground gravity adventure

3. Perkebunan Stroberi dan Arberi

Di sini juga ada kebun stroberi dan arberi yang bisa dikunjungi. Anda juga bisa memetik dan membawa pulang buahnya secara langsung.

4. Petualangan Gravitasi

Ini adalah wahana rafting dan outbound untuk Anda pecinta wahana yang memacu adrenalin. Dijamin deh akan sangat menarik untuk diikuti karena didampingi dengan tenaga yang profesional.

Salah satu Wahana Wisata Situ Cileunca Rafting Bersama Gravity Adventure
Salah satu Wahana Wisata Situ Cileunca Rafting Bersama Gravity Adventure

Paket rafting Pangalengan atau arung jeram di Bandung ini mesti Anda coba karena bisa membakar kalori dan menaikkan adrenalinyang bagus bagi kesehatan tubuh dan jiwa, lho.

Rafting situ cileunca bersama gravity adventure
Rafting situ cileunca bersama gravity adventure

5. Wisata Kuliner

Di sini Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang tidak bisa dianggap remeh. Dijamin deh lidah Anda akan dimanjakan dengan keenakan rasanya.

Makan di gazebo gravity sebagai wisata kuliner di situ cileunca
Makan di gazebo gravity sebagai wisata kuliner di situ cileunca

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca 2020

Harga tiket masuk Situ Cileunca 2020. Untuk Anda yang berencana datang, harga tiket masuk Wisata Situ Cileunca Pangalengan ini sangat terjangkau lho. Untuk memasukinya setiap orang hanya dikenakan biaya tiket R. 2500 saja per orangnya.

Namun, bagi Anda yang membawa mobil, maka tarifnya akan berbeda yakni Anda harus membayar Rp. 3000. Di sini juga ada kebun strawberry dan arberi. Untuk Anda yang ingin masuk, maka Anda harus membayar lagi sebesar Rp. 5000. Di sini Anda Bisa membawa pulang stroberi dan arberi yang ada lho sebagai oleh-oleh.

Penginapan di Situ Cileunca Pangalengan

Anda mencari penginapan di Situ Cileunca Pangalengan? Nah, bagi Anda yang berencana untuk menginap, di sekitar Wisata Situ Cileunca Pangalengan ini ada banyak hotel yang bisa dipilih. Diantara hotel ini adalah hotel Antik Soreang, POP! Hotel Festival Citylink, hotel Savoy Homann, Lingga Hotel dan masih banyak lainnya.

Penginapan di situ sileunca pangalengan de bloem villa
Penginapan di situ sileunca pangalengan de bloem villa

Ada sebuah tempat untuk menginap di Situ Cileunca yang paling rekomended, yaitu De Bloem Villa. Villa ini sebetulnya muat untuk banyak orang, sehingga mungkin banyak yang menginap di sini sekaligus berkegiatan gathering atau outbound..

Memang, Pangalengan ini menjadi tempat gathering di Bandung yang asik dan diminati banyak orang. Tapi jangan dulu kecewa, terutama bagi Anda jika ingin menginap bersama keluarga.

Penginapan cottage de bloem
Penginapan cottage de bloem

Ada cottage yang sangat cocok bagi Anda jika ingin liburan ke Situ Cileunca bersama keluarga. Viewnya sangat indah, terletak menghadap Danau Cileunca. Hmm.. sebuah tempat yang romantis dan asik untuk berlibur bersama keluarga terkasih.

Panorama Alam Situ Cileunca DiPotret dari Halaman De bloem Villa
Panorama Alam Situ Cileunca DiPotret dari Halaman De bloem Villa

Kalau Villa De Bloem muat hingga 25 person per villanya, tersedia 4 buah villa, sehingga villa ini sangat cocok bagi Anda yang mau gathering, nah kalau cottage ini maksimal muat hingga 8 person per cottagenya.

Panorama malam dilihat dari halaman penginapan siu cileunca cottage de bloem
Panorama malam dilihat dari halaman penginapan siu cileunca cottage de bloem


Situ Cileunca camping ground

Bagi Anda yang mau wisata di Situ Cileunca Pangalengan dengan suasana lebih alami, Anda bisa menginapnya di tempat camping. Selain tegangnya Anda bisa terbang bermain flying fox di atas Danau Cileunca atau bermain paintball, De Bloem juga menyediakan tempat camping ground di Situ Cileunca.

Boleh juga nih dibaca, Situ Cukul Pangalengan yang penuh misteri.

Asiknya juga saking banyaknya tenda di Situ Cileunca camping ground ini sehingga banyak juga yang gathering memakai penginapan jenis camping.

Situ Cileunca camping ground
Situ Cileunca camping ground De Bloem

Yuk langsung saja rencanakan liburan Anda bersama teman, keluarga atau apapun itu ke Wisata Situ Cileunca Pangalengan. Dijamin deh ini akan menjadi wisata yang menyenangkan.