Tempat Wisata Cukul Pangalengan, Buruan Datang ke Sini, dan Dapatkan..

tempat wisata cukul pangalengan Photo by saragih_erick

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Jawa. Di tempat ini banyak sekali terdapat beragam keunikan yang khas. Seperti misalnya budaya yang masih sangat kental, tempat wisata alam menarik dan lain-lain.

Tak heran jika banyak sekali orang yang berasal dari luar wilayah Jawa bahkan dari luar negeri yang berkunjung ke Jawa Barat. Biasanya para wisatawan berkunjung untuk menghabiskan waktu liburannya.

Nah, salah satu tempat asyik yang bisa Anda kunjungi di Jawa Barat ini adalah wisata Cukul Pangalengan, yang merupakan suatu pemandangan alam tersembunyi yang populer dengan sunrise pointnya.

Tempat wisata yang dekat dengan Situ Cileunca dan Situ Cisanti ini, di sekitarnya terdapat berbagai pepohonan rindang yang segar. Suasana yang sejuk dan sunyi serta bunyi dan wangi alam menambah keindahan dari tempat wisata yang satu ini.

Ada apa di Jembatan Cinta Situ Cileunca?


gambar cukul sunrise point pangalengan
Gambar Cukul Sunrise Point Pangalengan / @anna_mey37

Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Sebab, keberadaannya baru saja ditemukan dan lokasinya yang tersembunyi. Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai wisata Cukul Pangalengan, yuk simak ulasan berikut ini.

Lokasi Cukul Pangalengan

Tempat wisata alam yang masih sangat asri lengkap dengan suasana yang sejuk memang banyak diburu para wisatawan. Selain itu, yang membuatnya lebih menarik lagi adalah lokasi Cukul Pangalengan ini berada di tengah perkebunan teh.

gambar cukul sunrise point pangalengan
Gambar Cukul Sunrise Point Pangalengan / @gunadieko

Jadi, saat Anda berada di tempat ini bukan hanya bisa bermain air saja tetapi juga bisa memetik daun teh dan berlarian di area perkebunan teh tersebut. Nah, lokasi tempat wisata yang satu ini berada di Jl. Cukul, Sukalayu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Jalan Menuju Cukul Pangalengan

Setelah mengetahui lokasi tempat wisata Cukul Pangalengan, Anda juga perlu tau rute atau jalan menuju Cukul Pangalengan yang bisa dilewati menuju tempat tersebut. Agar bisa sampai ke tempat yang indah ini, Anda harus menyiapkan kendaraan dan barang bawaan. Pastikan kendaraan yang akan dipakai menuju tempat wisata dalam kondisi baik.

Ada sesuatu tersembunyi di Curug Panganten Pangalengan!

Oleh karena rute yang dilalui cukup sulit dan menantang, maka Anda harus mempersiapkan segalanya saat akan menempuhnya. Dari kota Bandung, Anda bisa menempuh jarak 2 jam agar bisa sampai ke tempat ini, jaraknya berkisar 63 km.

Sunrise Point Cukul Pangalengan

Nah, untuk waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini yaitu saat pagi hari sekitar pukul 3 WIB dini hari demi menyaksikan sunrise point Cukul Pangalengan yang instagramable. Selain mencegah macet perjalanan saat akan ke lokasi, Anda juga bisa sampai ke lokasi pagi hari dan melihat sunrise yang sangat menawan.

puncak giri sunrise point cukul pangalengan
Puncak Giri Sunrise Point Cukul Pangalengan / Photo by @wicakz

Di sunrise point terdapat villa tua yang biasa disebut warga sekitar yaitu villa Jerman. Oleh karena villa ini sudah berumur puluhan tahun, villa jerman bisa dijadikan seperti museum yang tidak boleh ditempati. Namun, Anda bisa berfoto dengan sanak keluarga di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Cukul Pangalengan

Setelah sampai ke tempat wisata, Anda harus membayar tiket masuknya seharga Rp. 5.000 per orang hingga Rp. 10.000 per orang. Tentu harga tiket masuk tersebut sangat terjangkau dan bahkan masih dibilang murah. Sebab, hanya dengan membayar tiket masuk tersebut Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Situ Cukul yang menyimpan misteri tersembunyi

Dengan demikian, Anda bisa membawa beberapa jumlah anggota keluarga ke tempat ini. Tentu kebahagiaan yang dirasakan tidak sebanding dengan harga tiket yang sudah dibayarkan. Jadi, saat Anda berlibur ke tempat ini dijamin tidak akan merasa rugi.

gambar kedai cukul ngopi
Kedai Kopi / @bahruulll

Perkebunan Teh Cukul Pangalengan

Perkebunan teh yang berada di Cukul Pangalengan ini merupakan salah satu tempat wisata yang sedang booming di media sosial. Hal ini disebabkan karena pemandangan alamnya yang sangat indah dan sejuk.

perkbunan cukul Photo
Perkbunan Teh Cukul / Photo @danimuse1993

Perkebunan teh ini berada di ketinggian 1600 mdpl tak heran jika udara di area ini sangat sejuk dan nyaman. Di tempat inilah Anda bisa bermain dan memetik daun teh yang segar. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise dari atas bukit.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Cukul Pangalengan yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Selain memiliki pemandangan yang masih sangat alami, tempat ini juga banyak dicari karena keindahannya alamnya. Untuk Anda yang sedang berada di Jawa Barat, buruan datang ke tempat wisata ini sekarang juga!

Baca juga,
Cukul Pangalengan Bandung yang instagramable banget
21 tempat wisata di Pangalengan ini jangan sampai Anda tidak tahu, jika..

Berikut video youtube perjalanan yang cukup lengkap dan mewakili menuju sunrise point Cukul. Video ini saya ambil dari akun sonofmountmalang. Yuku tonton!


Tempat Wisata Cukul Pangalengan, Buruan Datang ke Sini...

Jika berkunjung ke tempat ini, ada baiknya Anda jangan sampai melupakan rafting di Sungai Palayangan yang Asik bareng provider Gravity Adventure.