Curug Mega Pangalengan, Pesona Tersembunyi Bagi yang Bosan Dengan Suasana Perkotaan

Gravity Adventure - Kota Bandung merupakan salah satu kota yang berada di Indonesia dan kaya akan tempat wisata. Baik itu wisata alam, wisata buatan ataupun wisata kuliner. Selain itu, kota yang dikenal dengan kota kembang ini juga memiliki keunikan yang khas berupa kebudayaan yang masih sangat kental dengan ajaran nenek moyang.

Tak heran jika banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Nah salah satu tempat wisata alam yang indah dan menarik di kota kembang, tepatnya di Bandung Selatan ini adalah Curug Mega Pangalengan, yang merupakan wisata alam berupa air terjun dengan pemandangan pepohonan di sekitarnya dan suasana yang sejuk.

Gambar curug mega pangalengan
Gambar Curug Mega Pangalengan (Ageun Astrelita)

Air terjun yang satu ini letaknya berada di tengah-tengah perkebunan sayur. Uniknya, air terjun yang letaknya bisa dibilang tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan ini memiliki bentuk seperti selendang yang digeraikan. Tingginya mencapai 5 meter alirannya sangat deras.

Perkebunan di sekitar curug mega pangalengan
Perkebunan di Sekitar Curug Mega Pangalengan (Darmantea Dmtea)

Bosan Dengan Suasana Perkotaan? Yuk ke Curug Mega Pangalengan

Wah, menarik bukan pesona alam yang satu ini? nah, untuk Anda yang tertarik dan ingin berkunjung ke Curug Mega Pangalengan ini. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Fasilitas Tempat Wisata

Semua tempat wisata pasti menyediakan fasilitas bagi para pengunjungnya. Namun, berbeda halnya dengan tempat wisata yang satu ini yang belum menyediakan fasilitas apapun, sepertihalnya beberapa tempat wisata yang lain, misalnya tempat wisata Situ Cileunca, Situ Cisanti, rafting Sungai Palayangan, Cukul Pangalengan, dlsb.

Hal ini disebabkan karena tempat wisata ini keberadaannya masih baru dan belum dikelola oleh lembaga resmi.

Selain itu, tempat ini juga masih belum banyak mengalami perubahan atau pembangunan, sehingga untuk saat ini belum disediakan fasilitas yang memadai bagi para pengunjung yang datang. Oleh karena fasilitas di tempat ini belum disediakan, para pengunjung diharapkan agar membawa makanan ringan dan lain-lain.

Tarif Masuk Tempat Wisata

Oleh karena tempat wisata yang satu ini belum dikelola oleh siapa pun dan lembaga mana pun. Untuk masuk ke kawasan air terjun masih gratis atau tidak dipungut biaya. Namun demikian, Anda harus tetap menjaga kebersihan dan kealamiannya dari kawasan tersebut.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Mega Pangalengan

Nah, untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini Anda menggunakan kendaraan jenis apapun. Baik itu kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Namun, dalam perjalanan menuju tempat wisata ini sangatlah sempit dan hanya bisa memuat 1 mobil saja.

Oleh karenanya, disarankan kepada para pengunjung agar menggunakan kendaraan roda dua saja untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan. Lokasi curug mega ini bisa ditemukan di Google Maps.

Perkebunan di sekitar curug mega pangalengan
Perkebunan di Sekitar Curug Mega Pangalengan (Darmantea Dmtea)

Hal ini dikarenakan lokasinya yang masih baru ditemukan dan sulit dijangkau. Agar bisa sampai ke tempat ini Anda bisa melewati perkebunan teh Kertamanah, kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke sebuah desa yang terdapat lapangan luas.

Dari lapangan, Anda masih melanjutkan perjalanan hingga menemui bangunan kosong dengan tembok yang penuh coretan pilox. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju jalan setapak yang hanya bisa dilalui oleh satu mobil.

Dari jalan tersebut Anda bisa parkirkan kendaraan dan menitipkannya pada warga sekitar. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati lahan perkebunan sayur milik warga. Ikuti arah yang terdapat di area perkebunan hingga menuju ke air terjun.

Pesona Alam Tempat Wisata

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Jawa Barat dengan pesona air terjun yang sangat indah. Seperti halnya Curug Panganten di Pangalengan, selain memiliki bentuk yang unik yaitu seperti selendang yang sedang digeraikan.

Wisata alam ini juga belum banyak diketahui oleh wisatawan sehingga suasananya masih sangat sunyi dan alami. Hal ini dikarenakan rute perjalanan yang cukup panjang dan lokasinya berikut di Google Maps.



Meski demikian, dengan adanya kecepatan internet dan media sosial. Tempat ini mudah sekali tenar dan diketahui orang. Sebab, setiap pengunjung yang berkunjung ke tempat ini selalu mengabadikan gambar dan di post melalui media sosialnya.

curug mega pangalengan @yopi_aditia
Curug Mega Pangalengan / @yopi_aditia

Seperti itulah ulasan mengenai Curug Mega Pangalengan yang merupakan suatu tempat wisata alam berupa air terjun, dengan pemandangan berupa pepohonan yang rindang dan sejuk. Nah, untuk Anda yang tertarik mengunjungi tempat ini, buruan datang sekarang juga!

curug mega pangalngan @sopian_cobain
Curug Mega / @sopian_cobain

Bosan Dengan Suasana Perkotaan Kunjungilah Curug mega Pangalengan Ini
Bosan Dengan Suasana Perkotaan? Kunjungilah Curug Eksotis di Pangalengan Ini
Baca juga, ada apa di Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan?