Perkebunan Teh Malabar Pangalengan Mengapa Harus Ke Sini?

Ciptakan Momen Seru Keluarga di Perkebunan Teh Malabar Pangalengan Bandung

Perkebunan Teh Malabar Pangalengan Mengapa Harus Ke Sini
Perkebunan Teh Malabar / @mrs.renjana

Bandung merupakan suatu kota yang letaknya berada di Jawa Barat, Indonesia. Kota kembang ini memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat unik dan menarik. Berbagai tempat wisata yang terdapat di kota yang satu ini adalah wisata alam, wisata buatan hingga wisata kuliner.

Beberapa tempat wisata yang ada di Bandung Selatan,dan harus Anda kunjungi diantarana: jembatan cinta situ cileunca pangalengan, situ cisanti bandung, Rafting Sungai Palayangan, curug panganten pangalengan, curug mega pangalengan, curug ceret pangalengan, dan banyak lagi tempat lainnya yang sangat sayang jika dilewtkan begitu saja.

Anda bisa llihat ulasannya di 21 tempat wisata Pangalengan yang harus Anda tahu.

Nah, salah satu wisata alam yang terdapat di kota kembang ini tepatnya di Bandung Selatan adalah perkebunan teh Malabar Pangalengan. Yang merupakan suatu tempat wisata keluarga sekaligus ladang mata pencaharian bagi sebagian warga yang mengelola perkebunan ini.

Luas kebun ini mencapai 2.022 hektar dengan ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Kebayang kan sejuknya di daerah ini? Setiap harinya lahan ini bisa menghasilkan pucuk teh sebanyak 60.000 kg yang akan diolah.

Hasil olahan teh tersebut biasanya dipasarkan ke luar negeri. Jumlah karyawan yang bekerja di kebun ini mencapai 1.860 orang. Sangat menarik bukan tempat wisata yang satu ini?

Nah, untuk Anda yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perkebunan teh Malabar Pangalengan ini, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Perkebunan Teh Malabar Pangalengan

Perkebunan teh ini dibuka oleh seorang pengusaha kaya yang bernama Kerkhoven pada tahun 1890 an. Perkebunan ini berkembang pesat dan semakin maju setelah Kerkhoven mengangkat sepupunya yang bernama Karel Albert Rudolf Bosscha sebagai administratur perkebunan ini pada tahun 1896.

Nah, perkebunan teh Malabar Pangalengan yang terletak di Pangalengan, Bandung Selatan ini didirikan oleh Bosscha pada tahun 1896.

Seiring dengan berjalannya waktu Bosscha semakin sukses dan berkembang hingga pada akhirnya Bosscha pun menjadi juragan dari seluruh perkebunan yang berada di kecamatan Pangalengan.

Pada zaman dahulu, Bosscha datang ke Indonesia tahun 1887 saat usianya 22 tahun. Awalnya, beliau hanya menjadi pekerja di suatu perkebunan milik pamannya yaitu Edward Julius Kerkhoven.

Namun, lama kelamaan Bosscha pun mampu menguasai seluruh perkebunan teh yang berada di kecamatan Pangalengan. Hingga akhirnya beliau mendapat julukan Raja Teh Priangan.


Fasilitas Tempat Wisata

Perkebunan teh yang satu ini memang sangat indah dan memiliki pemandangan alam yang masih sangat asri. Para pengunjung datang, selain bisa menikmati pemandangan yang menarik di perkebunan teh ini.

Anda juga bisa menikmati fasilitas yang sudah disediakan dan melakukan beberapa kegiatan seperti:
  • Wisata ilmiah atau kunjungan ke pabrik teh
  • Tea walk atau berjalan ke gunung tempat Bosscha dulu mengawasi para pekerja
  • Arena permainan anak
  • Berenang di kolam renang air panas yang berjarak 15 meter dari perkebunan teh
  • Berkunjung ke rumah dan makam Boscha yang terkenal
  • Menginap di guesthouse Wisma Melati atau di rumah Kayu Kelapa

Daya Tarik Tempat Wisata

Berwisata ke kota Bandung terutama ke perkebunan teh ini memang sangat menarik. Sama halnya dengan tempat wisata yang ada pada umumnya, perkebunan in juga memiliki daya tarik tersendiri yang berupa.
  • Eksotisme hamparan hijau kebun teh seluas 2.022 hektar
  • Sejarah dan pemilik lahan perkebunan
  • Tempat wisata edukasi
  • Keberadaan pabrik teh yang bisa dikunjungi oleh siapa pun dan bisa melihat cara memproses teh dari awal sampai siap minum.

Lokasi Perkebunan Teh Malabar Pangalengan

Tempat wisata yang satu ini letaknya berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Rute untuk menuju tempat wisata ini juga terbilang sangat mudah dilalui oleh kendaraan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan lokasinya melalui aplikasi Google Map.

Hotel Dekat Kebun Teh Malabar Bandung

Anda yang sedang mencari hotel dekat kebun teh Malabar di Bandung, Anda beruntung menemukan informasi ini. Lokasi wisata perkebunan teh Malabar pun tidak begitu jauh jaraknya dari villa yang berada di Situ Cileunca, yaitu De Bloem Villa yang instagramable dan sudah banyak dikenal orang karena suasana dan keindahan alamnya di sekitar villa.

Anda bisa menginap di villa, yang hanya berjarak lurus sekitar 4 km ke lokasi wisata jika mau sekaligus liburan ke Perkebunan Teh Malabar, sehingga bisa doble berwisatanya. Anda bisa cari-cari informasinya di web www.debloemvilla.com atau lihat instagramnya @debloemvilla.

Tiket Masuk Dan Jam Buka

Nah, untuk masuk ke tempat wisata yang ada di Pangalenga yang satu ini tentu tidak gratis. Anda harus membayar tiket masuknya Rp. 2000 per orang. Harga tiket tersebut tergolong ke dalam kategori yang murah karena, hanya dengan membayar tiket tersebut Anda bisa menikmati suasana dan keindahan alam kebun teh sepuasnya.

Gunung Nini Perkebunan Teh Malabar Photo credited to @willy_photograph
Gunung Nini Perkebunan Teh Malabar Photo credited to @willy_photograph

Tempat wisata yang satu ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Waktu yang disarankan untuk Anda saat akan berkunjung ke kebun teh ini pada pagi hari.

Penangkaran rusa kertamanah pangalengan, asiknya liburan bareng keluarga di sini.

Demikian penjelasan mengenai perkebunan teh Malabar Pangalengan yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Bukan hanya berlibur saja, dengan datang ke tempat ini Anda juga bisa menambah pengetahuan tentang tata cara memanen teh dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah dan sejuk di area perkebunan ini sepertihalnya di area wisata cukul Pangalengan..