Penangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan, Ayo ke Sini dan Rasakan Sensasi Liburan Berbeda

Penangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan, Ayo ke Sini dan Rasakan Sensasi Liburan Berbeda

Kota bandung merupakan salah satu kota yang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah, seperti wisata alam Situ Cileunca di Pangalngan, yang di sini terkenal juga dengan jembatan cinta situ cileunca pangalengan.

Namun, bukan hanya wisata alam saja yang terdapat di kota kembang ini, tetapi juga banyak wisata buatan seperti rafting di Sungai Palayangan, dan wisata kuliner yang unik. Tak heran jika kota ini selalu ramai pengunjung yang berasal dari luar daerah.

Nah, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi terutama saat Anda sedang berada di Bandung Selatan adalah Penangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan. Selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk. Anda juga bisa bermain dengan beberapa rusa, memberi makan rusa dan lain-lain.

penangkaran rusa  kertamanah pangalengan  @iniaiyani02
Penangkaran rusa  kertamanah pangalengan / @iniaiyani02

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berfoto dan berlarian di area ini. Menarik bukan tempat wisata yang satu ini?

Situ Cisanti Bandung, Ada Apa Di Sini?

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan tempat wisata yang satu ini yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Lokasi dan Rute Menuju Tempat Wisata

Tempat Penangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan ini lokasinya terletak di Jln. PTPN VIII, Kertamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Rute jalan menuju ke tempat wisata yang satu ini sangat mudah dilalui oleh kendaraan jenis apapun. Jalanannya juga bagus dan tidak macet seperti di kota.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam dalam perjalanan menuju tempat penangkaran rusa ini. Jarak penangkaran dari gerbang masuk kurang lebih 3 km. Setelah puas melihat pemandangan di sepanjang perjalanan, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang berada di tempat wisata ini.

Tarif Masuk tempat Wisata

Nah, untuk bisa masuk ke tempat Penangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan ini tentu tidak gratis. Tiket yang harus dibayar yaitu Rp. 10.000 per orang. Harga tiket tersebut termasuk sangat murah sebab, Anda bisa bermain sepuasnya di tempat wisata yang satu ini dan menikmati semua fasilitas yang ada.

Tempat wisata Cukul Pangalengan, kerennya minta ampun...

Selain biaya tiket masuk, bagi Anda yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir. Apabila Anda membawa motor biaya parkirnya yaitu Rp. 3000 per unit. Untuk mobil biaya parkirnya Rp. 5000 per unit dan untuk bis biaya parkirnya yaitu Rp. 15.000 per unit.

Fasilitas yang Disediakan

Untuk fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat ini adalah mushola, tempat bermain anak, toilet dan beberapa tempat sampah. Meski fasilitas yang disediakan belum cukup lengkap, namun hal ini tidak akan mengganggu kenyamanan Anda saat berwisata dan bermain dengan rusa.

Fasilitas tempat bermain anak di penangkaran rusa kertamanah
Fasilitas tempat bermain anak di penangkaran rusa kertamanah / @iismano

Keindahan Tempat Wisata

Tempat wisata yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdapat beragam rusa yang dibudidayakan. Uniknya para pengunjung yang datang boleh berinteraksi langsung dengan hewan lucu yang satu ini. Seperti memberi makan, bermain dengan rusa dan lain-lain.

Anda hanya diperbolehkan memberi makan rusa sampai sebelum jam 12 siang. Jika lewat jam 12 siang Anda hanya bisa menyaksikan rusa-rusa dari luar pagar saja. Sehingga ada baiknya datang ke tempat wisata ini dari pagi.

Ingin Merasakan Liburan Yang Berbeda Kunjungilah Penangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan Ini

Sembari bermain dan merawat rusa-rusa tersebut Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang berada di area penangkaran rusa. Belum lagi, saat akan menuju ke tempat ini, Anda juga disuguhi dengan pemandangan alam berupa pepohonan rindang.

Pesona alam yang beragam dari tempat wisata yang satu ini membuat para pengunjung betah dan nyaman. Terlebih lagi anak-anak yang pasti akan gembira bisa berinteraksi langsung dengan rusa. Hal ini juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Curug Ceret Pangalengan, surganya bagi para Goweser

Selain itu, dengan memperkenalkan hewan seperti rusa pada anak bisa menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap hewan. Dengan demikian, anak akan menjadi lebih aktif dalam bergaul dan pola pikirnya bisa lebih bagus.

penangkaran rusa  kertamanah pangalengan @pemimpi.besar
Penangkaran rusa  kertamanah pangalengan / @pemimpi.besar

Tips Berwisata :

  • Membawa bekal makanan sendiri
  • Mempersiapkan kendaraan dan fisik yang baik sebelum berwisata
  • Melihat kondisi cuaca sebelum berangkat ke tempat wisata
  • Bawa obat-obatan pribadi bila perlu
  • Sediakan uang receh untuk masuk toilet
  • Datanglah pada hari biasa agar tidak penuh pengunjung
  • Datang pada saat pagi hari agar sana dan pemandangan alam masih terasa sejuk.
Pesona tersembunyi di Curug Mega Pangalengan

Demikian ulasan mengenai Penangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan. Selain bisa menikmati liburan seru bersama keluarga, Anda juga bisa ikut merawat rusa yang berada di tempat wisata di Pangalengan ini.

Nah, untuk Anda yang sedang berada di kota Bandung, tinggal melanjutkan perjalanan ka arah Pangalengan Bandung Selatan. Buruan datang ke tempat wisata ini dan jangan sampai ketinggalan.

Untuk gambaran menyeluruh, saya menemukan channel youtube Lendra Channel yang menggambarkan lengkap mengenai lokasi wisata ini. Yuk tonton videonya!


penangkaran rusa  kertamanah pangalengan @ainunshanty
Penangkaran rusa  kertamanah pangalengan / @ainunshanty
penangkaran rusa  kertamanah pangalengan  @riskamaelani20
Penangkaran rusa  kertamanah pangalengan / @riskamaelani20