Gunung Artapela Pangalengan Berjuta Bintang di Puncak Sulibra

1 gunung artalela photo by @kakaryani_ at Puncak Sulibra , Gunung Artapela
Di puncak Gunung Artapela / @kakaryani_ 

Gunung Artapela merupakan objek wista yang disukai oleh para pencinta alam. Gunung ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Secara geografis Gunung Artapela bertempat di Kampung Argasari, Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Barat. Ya, sebetulnya gunung ini secara administratif termasuk ke wilayah kecamatan Kertasari, bukan ke dalam kecamatan Pangalengan.

Banyak juga yang mencari dengan kata kunci Gunung Artapela Pangalengan, mungkin karena secara geografis, Kecamatan Kertasari dan Kecamatan Pangalengan berbatasan.

Asal Usul dan Sejarah Gunung Artapela Pangalengan

Dari sebuah halaman blog yang saya baca, membahas mengenai asal usul dan sejarah Gunung Artapela Pangalengan. Gunung Artapela Sukapura, Kecamatan Kertasari, maksudnya  gunung nini pangalengan.

Sejarah ini mungkin perlu penelitian lebih jauh karena berdasarkan penuturan seorang masyarakat salah satu lokasi di daerah Sukapura. Tapi its oke, karena gravity tidak menemukan referensi lainnya, gravity ceritakan kembali saja ya.

Berawal dari kerajanan Sukapura di Tasikmalaya. Konon katanya terdapat seorang raja yang memiliki hingga 60 anak. Dan banyaknya anak ini, menimbulkan perselisihan dan perebutan kekuasaan diantara anak-anak raja tersebut.

Nah, ditengah perselisihan tersebut ada seorang anak, sebut saja Eyang Patinggi, yang memiliki perangai lebih baik dari anak-anak raja yang lainnya.

Eyang Patinggi berpikiran untuk mengundurkan diri dari perslisihan tersebut dan lebih memilih mengembara guna menghindari huru hara dan pertikaian sesama saudaranya.

Singkat cerita, beliau singgah di sebuah lokasi, dan bahkan dia sendiri mendirikan kerajaan kecil di tempat ini.

Tempat mengasingkan diri tersebut adalah Gunung Artapela, yang kini dikenal dengan wilayah Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, berbatasan dengan Kecamatan Pangalengan.

Artapela sendiri memiliki arti sebagai persembunyian harta kerajaan. Tidak disebutkan alasan kenapa memberi nama Artapela.

Makam perisitirahatan Sesepuh Sukapura Eyang Patinggi dapat dijumpai di daerah Joglo.

Gunung Artapela 2194 Mdpl

Gunung Artapela 2194 mdpl merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung yang keberadaannya di luar komplek perkebunan teh malabar pangalengan ini memiliki daya tarik sehingga layak dan harus Anda kunjungi.

Berikut beberapa alasan menarik yang perlu Anda tahu mengapa gunung ini harus Anda nikmati dan eksplore keindahannya.

Tempat Menikmati Sunrise dan Sunset

2 gunung artalela @aldian.pratama gunungartapela2194mdpl
Tempat menikmati sunet dan sunrise / @aldian.pratama

Gunung Artapela adalah satu lokasi wisata alam yang cukup unik, karena di tempat ini Anda bisa menikmati dua momen sekaligus, yaitu sunrise dan sunset.

Yup, dari Gunung Artapela Anda bisa menyaksikan dua peristiwa indah, yaitu matahari terbit di pagi hari dan tenggelam di sore harinya.

Hmm.. sebuah tempat wisata yang jarang-jarang ya..

Penangkaran rusa kertamanah pangalengan

Kabut dingin yang menyelimuti dan warna alam yang hijau menghampar merupakan pemandangan alam yang eksotis. Hal ini bisa membuat Anda enggan untuk melangkahkan kaki sekedar beranjak dari tempat ini.

Tempat ini tidak kalah syahdunya dengan panorama matahari terbit di Danau Cileunca, tepatnya dari beranda Cottage Villa De Bloem Situ Cileunca yang akan membuat anda terpaku dan betah berlama-lama di sana.

Tempat Wisata Danau Lainnya di Bandung Selatan

danau aul gunung artalela @marta_nababan
Danau Aul / @marta_nababan

Yang lebih bisa menambah takjub Anda dengan gunung ini adalah adanya danau yang bisa disaksikan di puncak Artapela.

Danau ini bernama Aul, Danau Aul terletak di Puncak Artapela di dataran yang luas.

Keindahan Danau Aul di Puncak Artapela Bandung selatan ini tidak kalah dengan pesona keindahan situ (danau) yang ada di Bandung lainnya seperti Situ Cileunca dan Situ Cisanti.

Puncak Sulibra Artapela

5 gunung artalela  puncaksulibra @nurdiansyah2194
Puncak Sulibra / @nurdiansyah2194

Selain danau, Gunung Artapela juga memiliki ciri khas lainnya yang unik, yaitu di puncaknya memiliki kawasan yang datar dan sangat luas, sekitar 40 hektar, dengan tumbuhan berupa ilalang dan semak hijau yang menghampar. Hal itu membuat sensasi pemandangan yang memukau.

Lokasi ini dikenal dengan dua kawasan, yakni Datar Anjing dan Puncak Sulibra. Sebuah kawasan yang masuk ke dalam kawasan Hutan Lindung.

Rafting Sungai Palayangan

Jika Anda camping di Puncak Sulibra Artapela, pada malam hari dan cuaca cerah anda bisa sejenak keluar tenda, lalu silahkan alihkan mata Anda ke atas, memandang taburan berjuta bintang yang tiada duanya. Sebuah pemandangan yang keren abiz, deh.

Tempat Trekking Gunung Artapela Jalur Pangalengan

tracking 1 gunung artalela @gilangrm_11
Trekking ke puncak Artapela / @gilangrm_11

Gunung Artapela merupakan salah satu tempat trekking yang baik dan cukup menantang yang ada di Bandung Selatan.

Tersedia beberapa jalur alternatif yang bisa Anda tempuh untuk trekking sampai ke sini, tapi gravity’s share yang jalur trekking pendakiannya melalui pos pendakian jalur Pacet Sukapura Kertasari Bandung.

Biaya yang dikeluarkan cukup murah, hanya dengan Rp. 10 ribu saja Anda sudah bisa menikmati keindahan Artapela.

Wisata cukul pangalengan

Rincian biayanya sebagai berikut: untuk Retribusi Jasa Lingkungan sebesar Rp. 5.000, per orang, biaya untuk parkir motor sebesar Rp. 5.000,- per motor/malam dan roda empat parkirnya Rp.15.000,- per mobil/malam.

Pos keberangkatan untuk mendaki berada di Kampung Argasari RT . 001 RW. 014 Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Barat.

Melalui jalur ini Anda bisa memilih dua jalur yang bisa di lalui, melalui jalur Seven Field yang cukup menanjak, atau bisa memilih jalur Jamuju yang relatif lebih landai.

6 gunung artapela @kakaryani_ puncak sulibra artapela
Selamat datang di Puncak Sulibra / @kakaryani_ 


Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda mau trekking ke Gunung Artapela.

  • Sebaiknya perjalanan tidak dilakukan pada malam hari jika Anda baru pertama melakukan tekking dan melalui jalur Pangalengan karena kurangnya petunjuk dan jalurnya yang membingungkan.
  • Bawalah teman yang pernah naik ke Gunung Artapela guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan
  • Selalu santun dan menjaga kebersihan gunung, tidak melukai pepohonan hidup.
  • Jangan memaksakan diri jika Anda merasa tidak mampu sampai ke puncak, misalnya karena kecapean.

Tempat Camping di Bandung Selatan

tempat kemping gunung artalela @e nasl
Tempat kemping yang asyik /  @e.nasl

Gunung Artapela merupakan tempat camping favorit dan populer. Banyak remaja yang asik menghabiskan malam di tempat ini.

Walaupun tempat wisata ini belum dilengkapi dengans fasilitas seperti model camping di Glamping De Bloem Situ Cileunca, namun tetap asyik untuk dicoba.

Dengan demikian bisa dipastikan bahwa Gunung Artapela adalah salah satu lokasi yang harus Anda kunjungi, oleh warga yang membutuhkan ketenangan dan refreshing dari hiruk pikuknya dunia perkotaan dan pekerjaan.

RUTE JALAN MENUJU GUNUNG ARTAPELA BANDUNG

Berikut gravity share rute jalan menuju Gunung Artapela dari Kota Bandung. Maksudnya rute jalan menuju pos pendakian Artapela.

Intinya perjalanan dari Kota Bandung bermuara di Pos Pendakian Artapela di Kampung Argasari RT . 001 RW. 014 Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Sebab pendakian/trekking akan diawali dari pos pendakian ini.

Curug mega pangalengan

Rute Jalan Menuju Pos Pendakian Artapela dengan Kendaraan Pribadi

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, dari Kota Bandung anda menuju arah Ciparay, rutenya bisa melewati jalan Buah Batu, atau Majalaya, atau Dayeuh Kolot. Yang penting pastikan rute Anda bertujuan ke arah Ciparay terlebih dahulu.

Kemudian, dari Ciparay, Anda lanjutkan perjalanan menuju Pacet Sukapura. Jarak antara Ciparay Sukapura sekitar 17 km.

Jika sudah sampai di Desa Sukapura anda akan menemukan pertigaan menuju kampung Argasari, disanalah lokasi pos pendakian Artapela.

Rute Jalan Menuju Pos Pendakian Artapela dengan Kendaraan Umum

Jika Anda memakai kendaraan umum, rute jalan menuju pos pendakian berikut bisa dijadikan referensi.

Perjalanan menuju Ciparay bisa dilakukan dengan dua alternatif kendaraan umum. Dengan trayek Tegalega Ciparay (Rp. 5.000,-), atau kendaraan umum elf trayek Kebon Kalapa-Ciparay (5.000).

Sesampainya di Ciparay, perjalanan dilanjut dengan kndaraan umum trayek Ciparay – Pacet Sukapura (Rp. 8.000,-).

Curug ceret pangalengan

Terakhir, dengan kendaraan umum trayek Sukapura-Argasari (Ojeg Rp. 3.000) atau jalan juga tidak begitu jauh.

HARGA TIKET MASUK GUNUNG ARTAPELA

Harga tiket masuk Gunung Artapela saat ini adalah Rp.5.000 per orang, ditambah tarif parkir kendaraan roda dua Rp.5.000 per malam, sedangkan roda empat Rp.15.000 per malam.

PETA LOKASI GUNUNG ARTAPELA

Berikut ini peta google lokasi Gunung Artapela



Demikian referensi jika Anda mau ke Gunung Artapela. Semoga bermanfaat. Silahkan buka-buka web gravity jika mencari referensi tempat wisata lainnya di Bandung.




3 gunung artapela @firliemg
@firliemg

4 gunung artalela from @risumtaz
 @risumtaz
Baca juga 21 tempat wisata di Pangalengan yang keren abiz