Gunung Nini Pangalengan, Yakin Deh Nggak Akan Nyesel!

Gunung Nini Pangalengan berada di kawasan perkebunan Teh Malabar. Boscha pernah menjadikan Gunung Nini ini sebagai tempat untuk mengawasi perkebunan teh miliknya.

Anda bisa datang dan mencoba berdiri tempat ini, betapa indahnya panorama alamnya, pandangan Anda bisa menjangkau seluruh area perkebunan teh Malabar, lho!

gambar gunung nini pangalengan 1

Para pencinta wisata alam Pangalengan Bandung Selatan, kini Gunung Nini di Malabar Pangalengan kian populer dan dikenal sebagai destinasi Pariwisata Kabupaten Bandung Barat, selain rafting sungai Palayangan dan wisata pangalengan lainnya, seperti tempat wisata situ Cileunca, dll.

Hal itu terbukti dengan banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Gunung Nini, baik itu demi menyaksikan keindahan panorama alamnya, bahkan tidak sedikit yang datang dan bertujuan untuk merefreshkan pikiran.

Memang, pemandangan alam yang eksotis berupa hamparan kebun teh yang membentang, dengan dibalut oleh udara yang dingin dan menyegarkan, telah menyihir banyak orang untuk datang ke kawasan wisata Gunung Nini ini.

Banyak yang brkunjung dengan kolega, teman ,atau bersama keluarga. Terutama saat akhir pekan.

Bahkan tidak sedikit pula yang menyaksikan sunrise point di perkebunan Cukul yang masih satu komplek dengan Gunung Nini, yakni perkebunan teh Malabar. Baca, wisata Cukul Pangalengan.

SEJARAH GUNUNG NINI PANGALENGAN

Warga masyarakat sekitar menceritakan bahwa baheula Gunung Nini merupakan tempat yang paling disukai oleh KAR Boscha untuk mengawasi perkebuan teh Malabar miliknya.

Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi tempat favorit bagi KAR Boscha untuk melepas lelah dan beristirahat setelah beliau berkeliling dan mengontrol perkebunan teh tersebur.

ASAL USUL GUNUNG NINI PANGALENGAN

Tidak sedikit orang yang bertanya,kenapa sih dinamai Gunung Nini? Bagaimana asal usul pemberian nama Gununing Nini ini? Darimana dan kenapa Gunung yang terletak di Pangalngan ini diberi nama “Nini” ?

Usut punya usut, asal usul kenapa nama Gunung ini bernama Nini, karena dulunya saat KAR Boscha berkeliling dan mengontrol kebun teh miliknya ini, dia sering bertemu dengan wanita tua (dalam bahasa sunda: Nini).

Nini ini sedang beristirahat dengan cucunya di gunung tersebut. Akhirnya masyarakat banyak yang menyebutnya dengan sebutan Gunung Nini.

MISTERI GUNUNG NINI PANGALENGAN

Cerita misteri Gunung Nini di Pangalengan tidak lepas darri kisah pemilik perkebunan teh malabar, KAR Boscha yang meninggal pada 26 November 1928 di pangkuan salah satu pekerjanya.

Boscha meninggal karena tetanus yang menginfeksi beliau ketika terjatuh dari kuda di Gunung Nini. Luka dari kaki Boscha mengenai kotoran kuda. Dan sejak saat itu tubuhnya terserang tetanus.

Boscha dimakamkan sesuai dengan wasiatnya, yakni di tengah kebun. Pohon- pohon besar dan berumur tua mengelilingi makamnya. di depan makam terdapat prasasti tanda jasa Boscha semasa hidupnya.

Warga masyarakat, terutama yang bekerja di perkebunan teh masih ada yang mempercayai kalau Boscha masih sering terlihat di makamnya dan beberapa tempat. Boscha juga katanya biasa "menampakkan diri" sambil membaca koran di kursi dekat makamnya.

Demikianlah cerita masyarakat setempat, yang sebetulnya tidak ada cerita misteri mengenai Gunung Nini ini, apalagi cerita yang menakutkan. Gunung Nini ya gunung berupa bukit yang indah, eksotis dan harus dikunjungi kalau menurut gravity. Itu saja.

WISATA GUNUNG NINI PANGALENGAN

Terdapat banyak fasilitas wisata bagi para pengunjung tempat wisata ini. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke sini.

Fasilitas tersebut seperti terdapatnya saung di ujung Gunung Nini. Dari lokasi ini pengunjung bisa menikmati hamparan pemandangan yang indah kebun teh Malabar.

gambar fasilitas di gunung nini pangalengan 7

gambar fasilitas di gunung nini pangalengan 7

Selain itu, terdapat fasilitas favorit untuk bersantai sambil minum-minum teh Malabar khas Pangalengan yang enak, Malabar Tea Corner. Disini juga tersedia aneka oleh-oleh berupa souvenir dari Malabar.

Dan bagi Anda yang suka dengan kegiatan alam camping, terdapat areal bagi para pecinta alam untuk berkemah. Tempat camping atau camping ground seperti layaknya camping ground di de bloem lake view.

Terdapat fasilitas untuk menginap di sini, yaitu Anda bisa menginap di Wisma Malabar dan Wisma Melati. Namun gravity memiiliki rekomendasi tempat bermalam yang lebih eksotik, yaitu ke sebelah utara sedikit, di Situ Cileunca yang letaknya tidak begitu jauh dari Gunung Nini, terdapat penginapan yang rekomended, Villa De Bloem atau Cottage De Bloem.

LOKASI DAN RUTE JALAN MENUJU GUNUNG NINI PANGALENGAN

Secara geografis, lokasi Gunung Nini terdapat di Perkebunan Teh Malabar, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dan berikut rute jalan menuju Gunung Nini di Pangalengan yang bisa Anda tempuh. Jika Anda berawal dari Kota Bandung, pertama, Anda bisa naik bus atau elf dengan rute menuju ke arah Pangalengan.

Lalu, dari Pangalengan, perjalanan dilanjutkan dengan naik angkot yang menuju ke Malabar, dan berhenti di pintu masuk Malabar.

Selanjutnya Anda masuk ke Perkebunan Malabar menuju ke mess Malabar dan makam Bosscha.


Hanya sekitar setengah jam, Andapun akan sampai dari gerbang malabar ke Gunung Nini.

Jika masih bingung, Anda juga bisa melihat peta lokasi Gunung Nini berikut.


PETA LOKASI GUNUNG NINI BANDUNG

Untuk peta lokasi Gunung Nini Pangalengan Bandung, bisa dilihat dalam googlemap berikut. Terlihat bahwa Gunung Nini terletak sebelah selatan Situ Cileunca, lokasi outbound Gravity Adventure. Baca juga, jembatan cinta situ cileunca pangalengan.



NOMER TELEPON GUNUNG NINI MALABAR PANGALENGAN

Gravity Adventure hingga saat ini belum mendapatkan informasi kontak nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jadi silahkan bagi Anda yang mau datang ke objek wisata Gunung Nini di Pangalengan Bandung Selatan ini tinggal datang langsung ke lokasi, sebagaimana rute perjalanan dan peta google map sudah bisa dijadikan referensi.

JAM BUKA GUNUNG NINI MALABAR PANGALENGAN

Waktu jam buka beroprasinya Gunung Nini adalah setiap hari, senin hingga Minggu 24 jam. Jadi tidak perlu takut lokasi ini tutup.

Curug Ceret Pangalengan, Liburan? Kuy Ke Sini Saja..

Anda bisa datang kapanpun, bahkan apabila hiking malam hari pun untuk melakukan camping di sini, bisa.

TIKET MASUK GUNUNG NINI PANGALENGAN

Sahabat gravity’s, bagi Anda yang bertanya berapa sih tilket masuk Gunung Nini di Pangalengan ini? Saya katakan, gratis. Yup, untuk menikmati keindahan Gunung Nini yang di kelilingi oleh perkebunan teh malabar seluas 2.022 hektar ini adalah tidak berbayar alias gratis, untuk saat ini ya.

Nah, baiklah gravity’s, cukup ya bahasan mengenai Gunung Nini di Perkebunan Teh Malabar Pangalengan ini. Gunung ini merupakan salah satu termpat wisata alam yang keren dan harus anda kunjungi.

Baca juga
Keindahan tersembunyi di Curug Pangangten Pangalengan
Penangkaran rusa kertamanah pangalengan



FOTO GAMBAR GUNUNG BUKIT NINI DI PANGALENGAN

FOTO GAMBAR GUNUNG BUKIT NINI DI PANGALENGAN

FOTO GUNUNG NINI DI PANGALENGAN

GAMBAR GUNUNG NINI DI PANGALENGAN