Curug Panganten Pangalengan, Ada Keindahan Tersembunyi di Sini

gambar curug panganten kembar pangalengan

Kecamatan Pangalengan menjadi salah satu daerah yang ada di Bandung yang kaya dengan wisata alamnya. Ya, di tempat ini ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Curug Panganten Pangalengan.

Ini adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pesona air terjun yang sangat indah. Curug ini juga masih sangat alami sehingga dijamin akan membuat Anda terkagum-kagum saat melihatnya.

Mau tahu seperti apa daya tarik yang ditawarkan oleh curug ini? Yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sejarah dan Asal-Usul Curug Panganten Pangalengan

Mengapa curug ini diberi nama Curug Panganten? Hal ini ternyata dikarenakan bentuknya yang mempunyai dua buah aliran air terjun dan saling berdampingan, seperti sebuah curug yang kembar.

Karena bentuk dan lokasi dari air terjun ini seperti berpasangan layaknya sebuah pengantin, maka curug ini disebut dengan nama curug pengantin.

Baca juga:
Wisata rafting Sungai Palayangan yang ajib!
Situ Cisanti Bandung, ini mitosnya!

Mitos Curug Panganten

Sebagai sebuah tempat wisata, curug ini memiliki mitos di balik keindahannya. Sepertihalnya mitos pada jembatan cinta Situ Cileunca. Konon katanya ada sepasang pengantin yang men*ngg*l secara tr_gis di tempat ini. mereka adalah sepasang pengantin baru yang kemudian berlayar dengan menggunakan sekoci kecil di sungai.

Sungai ini menjadi muara bagi air terjun, karena keasyikan mendaki sepoci, sepasang pengantin ini sampai lupa dengan arus. Sehingga mereka akhirnya tenggelam dan men_nggal di sini.

Selain itu, ada mitos lain juga yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Mereka percaya bahwa barang siapa yang mandi atau membasuh muka di air terjun ini, maka akan mendapatkan aura yang memesona.

Karena itu banyak calon pengantin yang mandi di sini agar saat menikah wajahnya tampak berseri-seri.

Lokasi Curug Panganten

Pastinya sebagian dari Anda banyak yang bertanya, dimana lokasi Curug Panganten ini. Curug Pangalengan ini merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di areal Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Letaknya idak begitu jauh dari tempat wisata Situ Cileunca.

Jalan menuju Curug Panganten Kembar Pangalengan

Bisa dikatakan bahwa ini adalah salah tau lokasi wisata yang murah di Bandung

Hal inilah yang membuat curug ni sangat ramai pengunjung apalagi jika musim liburan telah datang. Bahkan, Curug Panganten Pangalengan ini juga sudah menjadi primadona tempat wisata yang sengaja dikunjungi oleh para wisatawan.

Jalan Menuju Curug Panganten

Nah, untuk Anda yang bingung dengan titik lokasi dari Curug Panganten Pangalengan ini, ternyata untuk menemukan nya mudah, ada patokan yang bisa Anda ingat adalah Star Energy geothermal yang lokasinya sendiri berada pada kawasan Perkebunan teh bandung, Kertamanah dan tempatnya berada di lokasi perkebunan ini.

Sementara rute jalan yang bisa Anda ikuti sebagai petunjuk adalah sebagai berikut:

1. Via jalan Moch. Toha
Kota bandung - Jalan Moch. Toha - Dayeuh Kolot - Banjaran (Kampung Batu Malakasari) - Pangalengan.

2. Via Jalan Kopo
Kota Bandung -Leuwi Panjang - Kopo Sayati (Miko Mall, Kopo Square, Pusat Belanja Murah Gang Nata, Kampung boneka Sayati) - Katapang - Banjaran (Kampung Sawah) - Pangalengan.

3. Via Tol Soroja
Pintu Tol Keluar Serang - Gedung Samsat - Taman Love Soreang - Banjaran - Pangalengan.

Setelah Anda melalui rute ini, selanjutnya adalah Anda akan tiba di lokasi Star Energy Geothermal. Jika sudah sampai di sini, ada baiknya jika Anda menanyakan lokasi Curug Panganten Pangalengan kepada warga setempat.

Bagaimana? Bukankah lokasi dari curug ini sangat mudah untuk ditemukan? Jika Anda kesulitan untuk menemukannya, tanyakan saja kepada warga sekitar pasti warga sekitar tahu. Pasalnya, curug ini memang sangat terkenal dan setiap harinya banyak wisatawan yang datang ke sini.

Tiket Masuk Curug Panganten

Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah tidak ada biaya tiket masuk. Mengapa bisa demikian? Sebab, Curug Panganten Pangalengan ini belum dikelola oleh pihak manapun baik itu pemerintah maupun swasta.

gambar curug panganten pangalengan
Gambar Curug Panganten Pangalengan / @jheridzone

Itu artinya, Anda masih bisa menikmatinya dengan puas tanpa harus mengeluarkan biaya. Meskipun gratis, namun tempat wisata ini memiliki jam buka dan tutup. Untuk jam bukanya sendiri dimulai dari pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 17.00.

Jadi, pastikan Anda datang tepat waktu dan pulang tepat waktu. Ini karena jalan menuju ke Curug gelap sehingga ditakutkan rawan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

jalan menuju curug panganten pangalengan
Jalan menuju Curug Panganten Pangalengan / @diansyah_agro

Tertarik untuk mencoba menikmati keindahan Curug Panganten Pangalengan ini? yuk langsung saja datangi tempat wisatanya dijamin Anda akan terpesona. Sebab, tempat wisata di Pangalengan ini masih sangat alami dan tentunya sejuk.