21 Tempat Wisata Pangalengan Situ Cileunca Jangan Kunjungi Jika Belum Lihat Ini

Pangalengan
Pangalengan (credit: @mulkisalman)

Tempat wisata Situ Cileunca yang secara geografis teletak di Pangalengan merupakan tempat wisata di Pangalengan yang sekarang ini orang banyak mengenal karena view yang romantis dan instagramable.

Selain Situ Cileuncanya sendiri sebagai objek wisata, ternyata masih terdapat banyak tempat wisata lainnya di sekitaran Situ Cileunca sendiri yang harus Anda tahu.

Yup, Pangalengan ternyata menyimpan beragam lokasi wisata yang masih alami, mulai dari wisata air, wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata adventure atau petualangan.

Situ Cileunca Pangalengan kalau dari Kota Bandung dapat ditempuh lebih kurang 2 jam perjalanan atau berjarak sekitar 45 km. Situ Cileunca memiliki udara yang sejuk dan dingin, karena danau ini terletak pada ketinggian 1550 mdpl. Sejauh mata memandang Anda akan disajikan pada pemandangan elok berupa hamparan perkebunan teh, hutan-hutan yang masih alami, air terjun, dan danau-danau yang eksotis.

Pokoknya datang ke tempat wisata ini tidak rugi, deh. Anda seakan berada di negeri dongeng.

Berikut 21 tempat wisata di sekitaran Situ Cileunca Pangalengan yang keren


Baiklah, Gravity akan share tempat-tempat yang asik dan instagramable, mesti Anda kunjungi jika datang ke Situ Cileunca Pangalengan. Apabila datang ke Situ Cileunca, jangan hanya fokus pada objek wisata yang ada di situ saja, Anda bisa mengunjungi objek menarik lainnya juga yang ada di sekitaran Situ Cileunca.

1. Situ Cileunca Pangalengan

situ cileunca pangalengan
Situ Cileunca (@evhasm)

Baiklah, kita awali saja dari Objek wisata Situ Cileunca Pangalengan. Sebetulnya situ ini merupakan danau buatan yang terletak di Desa Wanasari Pangalengan. Situ Cileunca yang memiliki luas 1400 hektar ini juga mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Di tempat ini juga kita bisa menyaksikan sunset dan sunrise dengan penampakan yang sangat indah. View tersebut akan terasa lebih romantis lagi jika didapat viewnya dari halaman cottage dan villa de bloem.

Arung jeram di situ cileunca gravity adventure
Arung jeram di situ cileunca gravity adventure (@gravity_outbound)

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 rupiah, Anda bisa meng-explore beragam spot di danau ini, seperti mengelilingi danau menggunakan perahu mesin, wisata petik sendiri di Perkebunan arbei dan jeruk, atau berfoto-foto di jembatan cinta.

Adapun untuk bermain kano, rakit, atau jika mau rafting di Situ Cileunca bisa Anda lakukan melalui debloem villa atau gravity adventure.

2. Jembatan Cinta Situ Cileunca

jembatan cinta @heri_photo_thea
Jembatan Cinta (@heri_photo_thea)

Jembatan Cinta Situ Cileunca adalah objek wisata yang populer di kalangan instagramers dan photograper. Hal ini karena jembatan cinta yang masih terdapat di kawasan Situ Cileunca ini memiliki view yang indah, dan unik, melintasi danau dan posisinya yang pas untuk berselfie dengan latar belakang bintang-bintang.

3. De Bloem Lakeview Villa

de bloem lakeviewvilla situ cileunca pangalengan
De Bloem Lakeview Villa  (@debloemvilla)

Merupakan villa dengan view yang sangat indah, berada persis menghadap danau. Panorama alam Situ Cileunca bisa dilihat dari halamannya yang tak kalah romantisnya. Sudah tak terhitung jumlahnya orang yang mengambil foto dari halaman De Bloem.

Apalagi sekarang juga sudah dibuka empat buah cottage De Bloem yang posisinya menjorok langsung ke area danau, menambah magnet bagi pengunjung Situ Cileunca yang menginap di cottage.

Ingin tahu lebih banyak mengenai Villa DeBbloem? Silahkan klik di sini

4. Situ Cisanti (KM 0 Citarum)

situ cisanti kertasari
Situ Cisanti, Kertasari (foto by @ddnsh93)

Bagi Anda yang mengenal Sungai Citarum, salah satu sumber 7 mata airnya adalah dari Danau Cisanti, yakni danau yang memiliki luas 10 hektar. Danau yang dikelilingi oleh hutan yang rimbun ini terletak di desa Tarumajaya, Kertasari, tepatnya di Gunung Wayang. Anda bisa mengexplore keindahan Situ Cisanti dengan tiket masuk Rp. 7.500,- saja. Di situ ini Anda bisa melakukan aktivitas camping, memancing, dan berkelilig danau menggunakan perahu.

5. Rafting Sungai Palayangan

rafting sungai palayangan gravity adventure
Rafting Sungai Palayangan Gravity Adventure (@gravity_outbound)

Arung jeram atau rafting di Sungai Palayangan adalah salah satu wisata gravity adventure yang saat ini sedang naik daun alias dikenal banyak orang. Dan bila Anda mau rafting, jangan sampai salah memilih provider rafting. Gunakan yang berbadan hukum, berasuransi resmi, dan bersertifikat negara baik guide raftingnya atau pun peralatannya. Dan yang harus Anda tahu bahwa semua itu hanya dimiliki oleh provider rafting Gravity Adventure.

Kenapa jangan sampai salah pilih provider?

Karena dalam olahraga rafting walaupun aman, tapi tetap saja namanya adventure, jadi perlu jaminan keamanan dan keselamatan selama Anda melakukan aktivitas, sehingga Anda bisa tenang dan nyaman saat mengarungi rafting Sungai Palayangan.

6. Curug Panganten Pangalengan

curug panganten
Curug Panganten (@riyan_wariyanto)

Curug Panganten Pangalengan dapat ditempuh dengan satu jam perjalanan dari Kota Kecamatan Pangalengan. Curug ini secara administratif terletak di Desa Margmulya.

Dinamakan Curug Panganten, atau air terjun pengantin karena air terjun ini memiliki dua curugan (aliran air) yang jatuhnya secara berdampingan seperti pasangan pengantin. Oleh karena itu masyarakat banyak yang menyebutnya dengan air terjun pengantin, Curug Panganten. Dalam perjalanan menuju curug ini Anda akan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan, Anda akan menemui hutan dan perkebunan.

7. Curug Mega

curug mega pangalengan
Curug Mega Pangalengan (IG @khaerudinm)

Bentuk Curug Mega ini cukp unik, memiliki bentuk yang menyerupai sebuah selendang yang digeraikan. Penamaan Curug mega, yang terletak di Desa Margamulya ini konon diberikan oleh seorang traveler yang berkunjung kesini lalu menyebarkannya di social media.

8. Curug Ceret

curug ceret sumber ig @samatasamsam
Curug Ceret (IG@samatasamsam)

Curug Ceret ini berada di pinggir jalan dekat kawasan PLTA Indonesia Power di Desa Plengan. Oleh sebab dekatnya posisi curug ini dengan Jalan, air yang jatuh selalu membasahi Jalanan disekitarnya, karena itulah masyarakat sekitar memberi nama dengan Curug Ceret (atau Ciprat dalam bahasa Indonesia).

Sumber air curug yang memiliki ketinggian lima meter ini, berasal dari mata air yang keluar melalui celah-celah batu dan akar pohon. Saat sinar matahari menerpa air yang jatuh dari curug ini maka akan menghasilkan pelangi yang indah.

9. Gunung Wayang Windu

9 gunung wayang windu sumber ig @puspitanurpaulina 1
Gunung Wayang Windu (IG @puspitanurpaulina)

Gunung Wayang Windu adalah gunung api kembar yang memiliki ketinggian 2241 mdpl, dan terdapat di sebelah timur Pangalengan. Gunung yang patut dicoba oleh Anda yang memiliki hobi hiking ini, memiliki pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Gunung Wayang Windu (IG @puspitanurpaulina)
Gunung Wayang Windu (IG @puspitanurpaulina)
Jika Anda mau mendaki gunung Windu, sangat disarankan melalui titik awal dari tempat di dekat Pembangkit Panas Bumi Wayang Windu.

10. Gunung Nini

10 gunung nini perkebunan teh malabar pangalengan Photo by @travelingwithjuan
Gunung Nini Perkebunan Teh Malabar Pangalengan (Photo by @travelingwithjuan)

Gunung Nini terletakdi kawasan perkebunan Teh Malabar. Kar Boscha pernah menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk mengawasi perkebunan teh miliknya. Jika kita berdiri disini, kita dapat melihat dan menjangkau seluruh area perkebunan teh Malabar yang indah.

11. Gunung Artapela

11 gunung artapela ig @derrmos
Gunung Artapela (IG @derrmos)

Gunung Artapela adalah gunung yang sudah tidak aktif. Gunung yang memiliki ketinggian 2194 mdpl ini terletak di Kertasari yang berbatasan dengan Kec. Pangalengan.

11 gunung artapela ig @windyas6
Gunung Artapela (IG @windyas6)

Gunung Artapela merupakan tempat sunset dan sunrise dengan view yang indah, serta mempunyai padang rumput yang menakjubkan, intinya harus anda kunjungi, apalagi jika Anda seorang pendaki dan memiliki hobi camping, Dunung Artapela harus dicoba. Terdapat pula Danau Aul di yang tepat di bawah puncaknya.

12. Penangkaran Rusa Kertamanah

12 penagkaran rusa kertamanah pict from @tami.amira
Penagkaran Rusa Kertamanah (IG @tami.amira)

Penagkaran rusa, selain juga terdapat di Ranca Upas Ciwidey, Anda bisa juga mengunjungi Penangkaran Rusa Kertamanah yang terletak di areal PTPN VIII Kertamanah. Tenang saja, untuk masuk ke areal Penangkaran Rusa ini tidak dikenakan biaya alias gratis, kok.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli sebungkus wortel, seharga Rp. 2000,- saja, apabila mau memberikan makan rusa-rusa yang berjumlah 28 ekor di Penangkaran Rusa Kertamanah ini. Sebuah tempat wisata di Pangalengan yang asik buat keluarga.

13. Perkebunan Teh Malabar

13 perkebunan teh malabar ig @wentioktaviani
Perkebunan Teh Malabar (IG @wentioktaviani)

Keindahan perkebunan Teh Malabar tidak diragukan. Hamparannya bak permadani sejauh mata memandang. Jika Anda wisatawan yang mau menginap di kawasan ini, jangan khawatir karena ada penginapan dan bisa bermalam di sana.

Perkebunan Teh Malabar selalu banyak yang berkunjung setiap akhir pekan. Banyak aktivitas liburan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, misalnya outbound, teawalk, bersepeda, hingga Anda bisa mengunjungi rumah dan makam KAR. Boscha.

14. Perkebunan Teh Cukul

14 perkebunan teh cukul pangalengan @aldybaihaqi
Perkebunan Teh Cukul Pangalengan (IG @aldybaihaqi)

Perkebunan Teh Cukul dikenal sebagai negeri di atas awan. Lokasi wisata di Pangalengan ini instagramable banget karna punya view sunrise yang indah dengan panorama berupa hamparan bukit-bukit perkebunan teh yang dikelilingi pegunungan

Lokasi yang berada pada ketinggian 1600 mdpl dan berhawa stjuk ini banyak diburu oleh para photograher.

Asiknya, Anda yang mau berwisata ke tempat ini dan mencari tempat untuk menginap, letaknya tidak begitu jauh dari penginapan De Bloem, hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan saja ke tempat wisata Cukul.

Baca juga, 
Cukul Pangalengan Bandung yang instagramable bingits
Situ Cukul Pangalengan yang maih misteri

15. Rumah Putih Cukul (Villa Jerman Cukul) Pangalengan

15 villa jerman cukul pangalengan ig @za_inst
Villa Jerman Cukul Pangalengan (IG @za_inst)

Villa Jerman Cukul atau dikenal juga dengan sebutan Rumah Putih Cukul ini terletak di Desa Sukaluyu. Sepanjang perjalanan di Perkebunan Teh Cukul, villa ini akan terlihat. Bangunan ini tampak megah dengan arsitektur yang kental pada zaman Belanda. Walaupun begitu belum ada seorangpun yang bisa menjelaskan nilai historisnya.

16. Hutan Pinus Rahong

16 hutan pinus rahong wisata pangalengan ig @wisataalambandung
Hutan Pinus Rahong (IG @wisataalambandung)

Jika Anda prnah berarung jeram di Sungai Palayangan, mungkin pasti mengnal keindahan hutan pinus Rahong ini. Yup, hutan pinus Rahong merupakan tempat finish arung jeram Gravity Adventure Pangalengan.

Hutan yang letaknya di tengah-tengah perkebunan teh ini juga banyak dijadikan kegitan outbound lainnya seperti fun offroad gravity, flying fox, paintball, dan banyak yang memanfaatkannya untuk aktivitas bermain mountain biking.

17. Kawah Burung dan Pemandian Air Panas Cibolang

17 pemandian air panas cibolang ig @maryani_17
Pemandian Air Panas Cibolang (IG @maryani_17)

Tempat liburan yang sudah terkenal, Pemandian Air Panas Cibolang, memiliki letak bersebelahan dengan kawah burung. Kawah Burungnya sendiri adalah tempat yang belum banyak diketahui orang.

Hal ini selain karena letaknya agak tersembunyi diantara rimbun hutan, karena kawah ini mungkin masih aktif mengeluarkan bau belerang yang cukup menyengat juga asap. Kawah ini tersapat di kaki Gnung Windu yang merupakan sumber air panas pemandian air panas cibolang.

18. Riung Gunung

18 riung gunung @willy_photograph
Riung Gunung (IG @willy_photograph)

Riung Gunung merupakan perkebunan teh dengan panorama alam dengan bentuk yang unik seperti negeri teletubbbies. Riung Gunung yang letaknya tidak begitu jauh, hanya sekitar 200 meter dengan Cagar Alam Gunung Tilu ini adalah penghasil teh putih. Teh putih merupakan teh yang disukai oleh bangsawan Inggris. Riung Gunung juga merupakan penghasil kopi arabika di kawasan Pangalengan dan Ciwidey.

19. Situs Rumah Adat Cikondang

19 gambar situs rumah adat cikondang ig @ilhhhmmrh
Gambar Situs Rumah Adat Cikondang (IG @ilhhhmmrh)

Situs Rumah Adat Cikondang yang terletak di Desa Cikondang Kelurahan Lamajang ini memiliki luas lahan 3 hektar saja. Lahan ini dimiliki oleh Bapak Anom Sangsa. Di lokasi situs rumah adat yang konon sudah berusia 200 tahun ini, wisatawan bisa menyaksikan kegiatan tradisi budaya setiap tanggal 15 Muharam. So, jika Anda mau mengunjungi tempat wisata sejarah di Pangalengan, bisa mengunjungi situs rumh adat cikondang.

20. Situs Sejarah Rumah Bosscha

gambar rumah boscha ig @teguhtatong
Gambar Rumah Boscha (IG @teguhtatong)

Situs sejarah rumah bosscha adalah rumah peninggalan KAR. Boscha. Rumah ini mempunyai bentuk bergaya eropa. Di rumah KAR. Boscha yang terletak di perkebunan Teh Malabar ini, Anda masih bisa melihat ornament asli dan peninggalan milik KAR. Boscha di setiap sudut ruangannya. KAR. Boscha kita mengenalnya sebagai Penggagas Obervatorium Boscha untuk Peneropongan langit di Lembang, pendiri gedung Merdeka Bandung, dan pendiri perkebunan Teh Mlaabar.

21. Tempat Wisata outbound dan adventure di Pangalengan

bermain kano di situ cileunca gravity adventure @gravity_outbound
Bermain Kano di Situ Cileunca Gravity Adventure ()@gravity_outbound

Terakhir, ini yang paling direkomendasikan banyak orang jika Anda mau berwisata outbound di sekitaran Situ Cileunca Pangalengan. Gravity Adventure, yup di Gravity Adventure, jangan salah ya.

bermain rakit di situ cileunca gravity adventure @gravity_outbound
Bermain Rakit di Situ Cileunca Gravity Adventure (Instagram: @gravity_outbound)

Provider ini resmi diakui negara, karena selain memiliki sertifikat negara, juga satu-satunya provider yang berasuransi resmi, akan menyediakan asuransi serbesar Rp. 20.000.000,-.

gambar flying fox gravity adventure @gravity_outbound
Flying Fox Gravity Adventure (Instagram: @gravity_outbound)

Oya, banyak permainan outbound jika Anda mau berrwisata ke Situ Cileunca Pangalengan, seprti rafting, fun offroad, paintball, flying fox, fun game, team building, archery, camping, hiking, hingga bermain kano dan perahu di stu atau danau. Anyway pokoknya banyak deh.

gambar 21 fun game dan team building gravity adventure @gravity_outbound
Fun Game dan Team Building Gravity Adventure (Instagram: @gravity_outbound)

Baca juga,
46 Tempat wisata di Lembang Bandung yang sangat memukau
7 tempat wisat di Bandung Selatan ini paling heboh
12 Tempat wisata outbound di Bandung yang rekomended
7 Tempat wisata alam Bandung Utara yang penuh pesona

gambar 21 fun offroad gravity adventure @gravity_outbound
Fun Offroad Gravity Adventure (IG @gravity_outbound)


gambar 21 paintball gravity adventure @gravity_outbound
Paintball Gravity Adventure (IG @gravity_outbound)

gambar 21 rafting pangalengan di situ cileunca gravity adventure @gravity_outbound
Rafting Pangalengan Gravity Adventure (iG @gravity_outbound)

Demikianlah share Gravity Adventure mengenai 21 tempat wisata di Situ Cileunca Pangalengan dan sekitarnya paling hits dan instagramable yang keren abiz dan harus Anda kunjungi.