Curug Ceret Pangalengan, Liburan? ke Sini aja!

Gravity Adventure - Ciptakan liburan seru di Curug Ceret Pangalengan. Pulau jawa merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia. Pulau ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Nah, di bagian Jawa Barat inilah terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik.

Bukan hanya tempat wisata alam saja, namun terdapat juga wisata kuliner dan wisata buatan. Tak heran jika tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Nah, salah satu wisata alam yang berada di Jawa Barat adalah Curug Ceret Pangalengan.

Curug yang tepatnya berada di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat ini merupakan tempat wisata alam berupa air terjun yang lainnya seperti Curug Mega Pangalengan, juga Curug Panganten Pangalengan dengan pemandangan indah lengkap beserta pepohonan rindang di sekitarnya. Air terjun Ceret ini letaknya tepat berada di pinggir jalan raya.

Curug Ceret Pangalengan (Anang Dika)

Sangat menarik bukan pesona alam yang satu ini?

Awal mula penamaan air terjun ini yaitu karena aliran airnya selalu membasahi jalan desa. Sehingga, oleh warga sekitar air terjun ini dinamai ceret yang dalam bahasa Indonesia berarti ciprat.

Mau ke Curug Ceret di Pangalengan?

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan tempat ini yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini mengenai Curug Ceret Pangalengan.

Fasilitas Tempat Wisata

Oleh karena tempat wisata di Pangalengan yang satu ini belum dikelola dengan baik oleh warga sekitar maupun instansi setempat. Sebaiknya para pengunjung yang akan mengunjungi tempat ini membawa makanan dan minuman sendiri. Hal ini dikarenakan minimnya fasilitas yang ada di tempat ini.

Meski fasilitas di tempat ini belum disediakan, dihimbau agar para pengunjung mengajukan beberapa masukan kepada warga sekitar agar membangun fasilitas yang layak di tempat ini. Sebab, tempat wisata yang satu ini memiliki potensi keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi ini sering dijadikan sebagai tujuan bagi para goweser untuk di datangi.

Curug Ceret Pangalengan (Aang Irwanudin)
Bersepeda ke Curug Ceret Pangalengan (Aang Irwanudin)

Hunting Foto Tempat Wisata

Spot foto yang paling menarik seperi di lokasi wisata cukul pangalengan dari Curug Ceret Pangalengan ini tentu berada di area air terjunnya. Sangat disayangkan apabila Anda hanya berkunjung tanpa mengabadikan momen seru liburan di area air terjun ini.

Aliran air dengan pemandangan kehijauan di sekitarnya membuat suasana menjadi lebih alami dan sangat indah.

Curug Ceret Pangalengan (Iwan Priatna)

Ditambah lagi dengan pancaran pelangi yang terdapat di area air terjun tersebut. Hal ini membuat pemandangan terlihat semakin sempurna dan cocok dibagikan pada media sosial yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa pose unik di area ini.

Harga Tiket Masuk

Sepertihalnya  Curug Mega Pangalengan, curug ini belum dikelola dengan baik. Oleh karena itu untuk Anda yang akan masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Tempat ini selalu dibuka untuk umum setiap harinya. Namun, waktu yang sangat dianjurkan saat akan berkunjung ke tempat ini adalah pukul 7 sampai pukul 9 pagi.

Hal ini dikarenakan pada jam tersebut, pemandangan di tempat ini sangat sejuk dan segar, sehingga Anda tidak akan menyesal untuk datang pagi hari dan menikmati keindahan alamnya. Jadi, untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini bisa datang kapan saja.

Curug Ceret Pangalengan
Curug Ceret Pangalengan (Iwan Priatna)

Rute Perjalanan

Tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Plengan, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berada di dekat PLTA Plengan yang dikelola oleh PT Indonesia Power. Jika dari kota Bandung, terdapat arah belokan ke kanan menuju Plengan.

Dari tempat tersebut, Anda bisa mengikuti jalan menuju wilayah PLTA. Akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah. Meski berada di sekitar Gunung Tilu, Anda tidak perlu melakukan tracking ataupun hiking untuk menuju ke tempat ini.

Curug Ceret Pangalengan (Surya Bandung)
Curug Ceret Pangalengan (Surya Bandung)

Kondisi jalan menuju curug juga cukup baik, sehingga bisa dilalui oleh kendaraan jenis apapun. Namun, untuk mobil yang masuk ke area curug akan sedikit kesulitan apabila berpapasan dengan mobil lain. Sebab, jalanan menuju curug sempit dan hanya bisa dilewati oleh 1 mobil saja.



Menarik untuk dibaca:
Kenapa orang Garut tidak boleh ke jembatan cinta Situ Cileunca, benarkah?
Ada apa di Situ Cisanti Bandung?

Tips Berwisata Ke Curug Ceret Pangalengan

  1. Jagalah barang bawaan Anda
  2. Persiapkan fisik dan kendaraan sebaik mungkin
  3. Lihat kondisi cuaca sebelum berkunjung ke tempat wisata ini
  4. Bawa makanan dan minuman dari rumah
  5. Sebaiknya datang pada hari biasa, sebab pada hari libur atau akhir pekan curug ini sangat ramai pengunjung
  6. Jangan membuang sampah sembarangan.
Berikut sekilas kondisi Curug Ceret Pangalengan yang diabadikan oleh Team Kiwari Ngagoes edisi gowes ke Curug Ceret Pangalengan.



Demikian penjelasan mengenai Curug Ceret Pangalengan yang bisa Anda kunjungi saat liburan tiba. Meski bukan hari libur, tempat wisata yang satu ini selalu dibuka setiap harinya selama 24 jam, sehingga Anda yang tertarik dan ingin melihat keindahan alam dari air terjun ini bisa datang kapan saja.

Jangan lupa jika jalan-jalan melewati Curug Ceret ini untuk mampir sejenak main rafting Sungai Palayangan di  Pangalengan. tempatnya tidak begitu jauh kok, di lokasi wisata Situ Cileunca masih di Pangalengan.

Curug Ceret PLTA Plengan Pangalengan (Aang Irwanudin)
Curug Ceret PLTA Plengan Pangalengan (Aang Irwanudin)