Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan dan Mitos Dibalik Keindahannya

Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca menjadi salah satu tempat wisata di Kecamatan Pangalengan yang banyak dikunjungi. Sebagai sebuah tempat wisata ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sini. Salah satunya adalah keberadaan dari Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan.

Sebenarnya apa sih jembatan ini? untuk Anda yang ingin tahu informasi menarik dari jembatan ini dan Situ Cileunca, yuk langsung saja kepoin dan simak selengkapnya tulisan gravity adventure di bawah ini.

Sebelumnya boleh dilihat juga keseruan di tempat wisata Situ Cileunca Pangalengan di sini.

Sejarah Jembatan Cinta Situ Cileunca

Jembatan Cinta Situ Cileunca di Pangalengan adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara Desa Wanasari dengan Desa Pulosari. Dengan adanya jembatan ini ternyata sangat membantu warga terutama untuk warga yang ingin saling berkunjung di desa tersebut.

Sebenarnya, tidak ada hal yang istimewa dari jembatan ini karena seperti jembatan pada umumnya. Disebut dengan Jembatan Cinta mungkin karena banyak orang yang saling terhubung dan akhirnya jatuh cinta.

Sejarah Situ Cileunca

Berdasarkan sejarah, Situ Cileunca sendiri merupakan sebuah situ, atau bendungan yang dibangun pada tahun 1919 dan selesai pada tahun 1926. Lebih tepatnya, proses pengerjaan situ ini berjalan selama 7 tahun lamanya.


Menurut cerita, konon katanya itu ini dibangun oleh warga secara bersama-sama namun tidak menggunakan bantuan cangkul. Padahal, secara otomatis untuk menggali tanah akan jauh lebih mudah menggunakan cangkul.

Nah, warga setempat membuat situ ini dengan bantuan halu yang merupakan sebuah tongkat panjang yang dahulu kala digunakan untuk memikul barang. Situ ini juga menjadi sebuah kawasan pribadi yang dimiliki oleh masyarakat Belanda yang bernama Khulan.

Proses pembangunan situ dikomandani oleh dua orang pintar yang bernama Juragan Arya dan Mahestu. Karena itulah makam Mahesti saat ini dijadikan sebagai salah satu tempat keramat bagi masyarakat setempat.

Adapun air yang ada d situ ini merupakan hasil bendungan dari sungai Cileunca yang menjadi satu dan terbentuklah sebuah situ. Dari sinilah sejarah Situ Cileunca ada hingga saat ini.

Cerita mistis dibalik indahnya Situ Cileunca

Ada cerita mistis dibalik indah dan luasnya Situ Cileunca. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah pertunjukkan wayang. Konon katanya, zaman dahulu ada sekelompok penabuh wayang lengkap dengan sindennya yang tenggelam di situ ini.

cerita mistis situ cileunca

Sejak kejadian ini, banyak masyarakat yang mulai mendengar raramean. Tidak hanya cerita wayang saja, namun di situ ini ada dua sosok siluman yang terkenal. Kedua siluman ini bernama Lulun Samak dan Dongkol.

Lulun Samak adalah sesuatu hal yang mematikan dengan cara menggulung mangsanya. Sedangkan dongkol adalah sesuatu yang memiliki wujud dengan kepala kerbau. Meskipun saat ini sudah memasuki era modern, namun tetap saja cerita mistis ini masih tetap berlangsung dan dipercaya hingga saat ini.

Mitos orang garut tidak boleh ke Situ Cileunca

Tahukah Anda jika situ ini memiliki banyak mitos di balik keindahan yang ditawarkan. Sama halnya dengan Jembatan Cinta situ Cileunca Pangalengan. Jadi, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa orang garut tidak diperbolehkan untuk mengunjungi situ ini.

Mitos orang garut tidak boleh ke situ cileunca, ternyata mitos ini dimulai dengan sebuah kisah dimana ada seorang penguasa danau yang bernama Abah Suta. Abah Suta ini dulunya pernah bermusuhan dengan orang Garut. Karena efek dendam lama inilah dipercaya bahwa orang garut beserta dengan keturunannya tidak diperbolehkan untuk datang dan menyeberangi situ ini.

Hal ini dikarenakan mereka takut jika Abah Suta ini marah. Bahkan, akibatnya perahu yang ditunggangi untuk menyebrang bisa ditenggelamkan oleh Abah Suta ini. Namun, hal ini hanya sebuah mitos belaka.

Sehingga untuk Anda yang percaya bisa tidak melarangnya, namun bagi Anda yang tidak percaya Anda bisa menjadikan ini sebagai suatu cerita dan sebuah adat.

Meskipun ada mitos ini, namun tetap saja banyak orang garut yang datang. Sebab, ini adalah sebuah tempat wisata yang bebas didatangi oleh siapa saja. Bahkan banyak paket-paket wisata yang disediakan oleh gravity adventure, seperti paket rafting, berperahu mengitari situ, bermain kano, beermain rakit, dan banyak lagi.

de bloem lakeviewvilla situ cileunca pangalengan 2

Bahkan jika mau menginap di sini, ada De Bloem Villa dan cottage. Juga bagi anda yang menyukai suasana alam bisa camping di tempat camping gound yang asik.

Camping ground situ cileunca

Bagaimana? Sudah tidak penasaran lagi dengan Situ Cileunca, Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan dan juga mitos orang garut?

Ya, semua tempat yang ada itu memiliki legenda dan juga ceritanya masing-masing.

Lihat juga, tempat wisata di Pangalengan yang harus Anda tahu

Tinggal kita sebagai masyarakat menghargai dan menghormati setiap cerita yang ada, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.