Situ Cisanti Bandung, Ayo Nikmati Sensasi Berbeda, Ada Apa di Sini?

Gambar Situ Cisanti
Gambar Situ Cisanti Kertasari, Photo @gm_baladewa

Tahukah Anda jika di Bandung itu banyak situ atau bendungan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satu stu yang terkenal di Bandung adalah Situ Cisanti. Situ Cisanti Bandung ini, selain Situ Cileunca Pangalengan, menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Tidak heran jika ia dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Pangalengan yang banyak dikunjungi. Secara geografis termasuk kecamatan Kertasari. Walaupun begitu lokasinya masih tetangga/dekat ke Pangalengan.

Nah, kali ini akan dibahas informasi secara lengkap seputar situ ini mulai dari asal usul hingga harga tiketnya. Mau tahu apa saja informasi tersebut, baca sampai habis penjelasan selengkapnya di sini.

Asal-Usul Situ Cisanti

Asal usul Situ Cisanti Bandung merupakan sumber mata air sungai yang memiliki sejarah di masa lalu. Ini adalah sebuah sungai terpanjang dan terbesar yang berada di Sungai Bandung yang bernama sungai Citarum.

Sungai ini membentang dari Gunung Wayang Bandung hingga ke Muara Gembong Bekasi. Situ ini merupakan sebuah bendungan yang airnya di datangkan dari Sungai Citarum.

Situ ini menampung tujuh mata air sungai yakni mata air pangsiraman, Cikahuripan, Colebre, Cikawedukan, Cisadane, Cisanti dan juga Cihaniwung.

Situ Cisanti berada di Tarumajaya, Kertasari, Bandung dimana luasnya sendiri sekitar 5 hektar yang berada di lahan perhutani yang memiliki luas 7 hektar di kaki gunung Wayang. Adapun ketinggian dari situ ini adalah 1500-3000 mdpl.

Mitos Situ Cisanti Bandung

Ada mitos Situ Cisanti Bandung yang menyebutkan bahwa air yang ada di sini bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan, tidak sedikit yang percaya bahwa air dari situ ini juga bisa membuat orang menjadi awet muda.

Gambar di area situ cisanti

Anda bisa juga melihat postingan Gravity Adventure mengenai mitos yang meliputi jembatan cinta Situ Cileunca Pangalengan. Kita tahu setiap lokasi memiliki mitos masing-masing.

Hanya saja, seseorang yang ingin mandi di sini harus mandi tanpa mengenakan busana. Karena itulah ritual mandi di sini sudah disediakan mata air yang memiliki sekat dan langsung terhubung dengan bilik untuk berganti baju.

Mata air ini memang sangat bening dan terlihat sangat menyegarkan. Namun, ada yang lebih menarik dibandingkan dengan mitos di Situ Cisanti yakni ada sebuah rumah kecil yang merupakan sebuah makam.

Pada dasarnya ini bukanlah sebuah makam, melainkan hanya sebuah Petilasan milik Dipati Ukur. Beliau merupakan seorang bupati Bandung yang memimpin di abad 17 pada saat melawan para penjajah.

Adapun situ Cisanti Bandung ini sendiri dahulunya digunakan sebagai tempat untuk menyusun strategi dan menyepi. Adipati Ukur sendiri sebenarnya dimakamkan di situ, hanya saja lokasinya tidak dekat dengan mata air, melainkan makamnya berada di dalam hutan dengan ukuran yang cukup panjang.

Meskipun hanya sebuah petilasan, namun petilasan in banyak diziarahi oleh banyak orang dari berbagai macam daerah. Karena hal inilah yang menjadikan petilasan ini sangat ramai dan terkenal.

Harga Tiket Masuk Situ Cisanti 2020

Nah, bagi Anda yang berencana untuk liburan ke situ yang indah ini, bukankah Anda perlu tahu harga tiket masuknya, ternyata untuk memasuki situ Anda hanya dipersilahkan untuk membayar harga tiket masuk situ Cisanti sebesar Rp. 10.000 saja.

Meskipun situ ini menjadi destinasi wisata yang cukup baru, namun pengunjung yang datang sudah sangat banyak lho. Apalagi saat ini juga banyak spot foto menarik yang dijamin bakal instagramable banget.

spot area di situ cisanti untuk berfoto

Dengan didukung cuaca yang sejuk membuat pengalaman liburan Anda disini akan terasa lebih berkesan. Cocok banget deh dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan penat setelah aktivitas seharian, apalagi jika Anda tinggal di perkotaan, Anda bisa kembali fresh setelah dari sini.

Situ Cisanti Tempat Camping yang Asik

Untuk Anda yang suka dengan alam bebas, di situ ini Anda juga bisa lho melakukan camping. Walaupun belum dikelola secara khusus, seperti camping ground Gravity De Bloem di Situ Cileunca. Jadi, di sini disediakan sebuah tempat khusus untuk arena camping dimana Anda bisa mendirikan tenda di sana.

gambar situ cisanti bandung
Situ Cisanti Bandung, IG @yuninurrohimi

Alamat dan Peta Situ Cisanti di Google Map

Nah, bagi Anda yang ingin menuju ke situ ini, bukankah Anda perlu tahu alamatnya dimana. Jadi, alamat Situ Cisanti Bandung ini berada di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Untuk Anda yang kebingungan mencari lokasinya dimana, Anda bisa dengan mudah mencarinya di Google Map.

gambar situ cisanti kertasari dekat dengan pangalengan
Keindahan Situ Cisanti, Photo @wulanatika94

Bagaimana,tertarik untuk mengunjungi Situ Cisanti Bandung?

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sana. Terlebih lagi situ ini didukung dengan pemandangan yang indah yang dijamin akan membuat Anda lebih betah.

Km 0 Citarum
Kilometer 0 Citarum