15 Daftar Wisata di Pangalengan, Jangan Sampai Anda Tidak Tahu

15 Daftar Wisata di Pangalengan, Jangan Sampai Anda Tidak Tahu

Selain Bali, Bandung menjadi magnet pariwisata bagi wisatawan baik lokal maupun internasional. Dan di antara daerah-daerah menarik di Bandung, Pangalengan menjadi destinasi yang memikat hati.

Mungkin belum banyak yang mengenalnya, tapi Pangalengan adalah kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Di sini, Anda akan menemukan beragam jenis wisata, mulai dari pesona alam, budaya, hingga sejarah.

Pesona Alam yang Memukau

Pangalengan menyajikan pesona alam yang luar biasa indah. Panorama di sini dapat menawan hati siapa pun yang datang. Suasana sejuknya pun membuat setiap pengunjung betah berlama-lama.

Dengan berbagai destinasi menarik yang ditawarkan, Anda akan dimanjakan dengan pilihan wisata alam yang tak terlupakan. Dari pemandangan pegunungan yang menghijau hingga danau yang menenangkan, Pangalengan punya segalanya.

Suasana yang Sejuk dan Menenangkan

Ketenangan Pangalengan membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai. Jauh dari hiruk-pikuk kota, Anda akan menemukan kedamaian dan ketenangan di sini.

Berjalan-jalan di tengah kebun teh yang rimbun atau menyaksikan matahari terbenam di antara perbukitan hijau adalah beberapa cara untuk merasakan ketenangan alam Pangalengan.

Jadi, saat Anda merencanakan perjalanan ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan kekayaan alam serta budaya yang ditawarkan oleh Pangalengan. Jadikan pengalaman Anda di sini menjadi momen tak terlupakan yang selalu dikenang dalam ingatan.

Jika Anda merencanakan liburan di Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pangalengan. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Pangalengan:

1. Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan, suatu tempat menakjubkan terletak di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut. Pengalaman berkemah di sini begitu unik dengan udara sejuk dataran tinggi. Keindahan alam juga menghadirkan banyak spot foto menarik.

Namanya pun dikenal sebagai surga wisata untuk menyaksikan keajaiban sunrise dan sunset. Saat mengunjungi tempat ini, para pengunjung harus melewati jembatan menakjubkan yang mengapit kebun teh yang memikat hati. Taman Langit Pangalengan menawarkan pesona tak terlupakan bagi setiap kunjungannya.

2. Datar Pinus Camp

Dalam perjalanan petualangan berikutnya, Anda akan menemukan Datar Pinus Camp, destinasi wisata perkemahan yang menawarkan pemandangan perbukitan yang memukau. Dikelilingi oleh pepohonan pinus yang rindang, tempat ini memberikan udara sejuk yang menyegarkan bahkan di siang hari.

Jauh dari keramaian jalan raya, Datar Pinus Camp menawarkan kesunyian yang syahdu. Dengan jarak hampir 1 km dari jalan raya, Anda akan merasa tenang tanpa gangguan suara bising kendaraan. Rasakan kedamaian ini ketika Anda berkemah di sini, menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota dan bersatu dengan alam.
 

3. Hutan Pinus Rahong

Bersiaplah untuk menyaksikan pesona alam yang menakjubkan yang akan menyegarkan pandangan mata saat mengunjungi destinasi wisata ini. Suasana yang segar dan menyenangkan akan membuat para pengunjung merasa betah di sini. Satu lagi, kamu dapat merasakan sensasi berkemah yang seru di Hutan Pinus Rahong yang rimbun di Pineus Tilu Campground.

Destinasi wisata yang popular di TikTok dan Instagram ini memiliki lokasi dekat sungai jernih dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang yang menciptakan suasana yang nyaman untuk berkemah.

Dan yang tak kalah menariknya, wilayah Pineus Tilu Campground bisa diakses tanpa biaya, tetapi perlu merogoh kocek sebesar Rp500.000 – Rp650.000 untuk menikmati pengalaman berkemah di sini. Jika kamu ingin petualangan lebih seru, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba rafting di sungai dengan boat berkapasitas 4 orang.

4. Sunrise Point Cukul Pangalengan

Kunjungan ke Sunrise Point Cukul menjadi wajib bagi para wisatawan yang singgah di Pangalengan. Dengan ketinggian 1600 Mdpl, tempat wisata ini dijuluki sebagai 'negeri di atas awan'.

Di sini, Anda akan menikmati pemandangan yang memesona layaknya lukisan, sambil menikmati udara segar di ketinggian. Selain itu, tempat ini menawarkan spot sunrise terbaik di Pangalengan.

Tak heran banyak wisatawan datang dari jauh untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan mengabadikan momen indah dengan berfoto di lokasi ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan magisnya Sunrise Point Cukul dalam liburan Anda!

5. Situ Cileunca

Di Desa Wanasari Pangalengan, tersembunyi keindahan Situ Cileunca dengan danau buatannya yang memukau hati pengunjung.

Danau seluas 1400 hektar ini menjadi favorit para wisatawan karena keindahannya yang cocok untuk Instagram. Jangan lewatkan momen indah sunrise dan sunset di tepi danau.

Fasilitas perahu dan agrowisata lokal kebun stroberi serta jeruk juga telah disediakan di destinasi wisata ini. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini?
  

6. Perkebunan Teh Malabar

Bagi pecinta teh, kunjungi wisata Perkebunan Teh Malabar. Pesona pohon teh seluas 2000 hektar dengan ketinggian 1550 mdpl menakjubkan. Keindahannya selalu menarik pengunjung.

Tak hanya menawarkan pengalaman visual, perkebunan ini juga memungkinkan Anda untuk mengenal lebih dekat proses pengolahan teh. Mulai dari pemetikan hingga pengeringan, setiap langkah dilakukan dengan penuh dedikasi dan teknik yang teruji. Inilah rahasia di balik secangkir teh berkualitas tinggi yang selalu Anda nikmati.

Bagi Anda yang ingin melengkapi perjalanan dengan pengetahuan mendalam, Perkebunan Teh Malabar juga menyediakan tur panduan. Anda akan dipandu oleh para ahli yang menjelaskan setiap aspek perkebunan, dari sejarah hingga inovasi terbaru dalam dunia teh.

7. Penangkaran Rusa Kertamanah

Jangan lewatkan Penangkaran Rusa Kertamanah, destinasi menarik selanjutnya di Pangalengan. Berada di Taman Hutan Raya Juanda, tempat ini menjadi habitat sekumpulan rusa yang menarik.

Nikmati kesempatan berinteraksi dan memberi makan rusa-rusa ini, bukan sekadar melihatnya. Pengalaman tak terlupakan menanti Anda di sini

8. Pemandian Air Panas Cibolang

Rasakan kesegaran dan kebahagiaan dengan mengunjungi pemandian air panas yang menakjubkan ini. Semua kepenatan akan hilang dengan cepat!

Pemandian ini memperoleh air panas bermutu tinggi dari Gunung Windu, yang kaya akan mineral dan belerang yang bermanfaat bagi kesehatan.

Mari berendam di sini dan alami sensasi menyegarkan yang tak terlupakan, serta manfaat kesehatan yang luar biasa dari air panas alami Gunung Windu.

9. Wayang Windu Panenjoan 1800 Sky Park

Wisata Wayang Windu di Pangalengan, Bandung, menawarkan pesona dataran tinggi pegunungan dan perkebunan teh yang asri dan sejuk.

Tidak hanya memikat mata, tempat ini juga menyediakan beragam aktivitas menyenangkan seperti hiking, bersepeda di Bike Park, dan menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan.

Jangan lewatkan jembatan kayu yang Instagrammable untuk spot foto yang menarik dan berkesan selama kunjungan Anda di sini. Rasakan sensasi petualangan tak terlupakan di Wayang Windu!
 

10. Peternakan Ultra Milk

Pangalengan, yang sudah lama terkenal sebagai pusat penghasil susu, menawarkan wisata susu menarik, seperti peternakan Ultra Milk atau PT Ultra Peternakan Bandung Selatan (UPBS) di Jawa Barat.

Di sini, Anda dapat menyaksikan berbagai sapi, dari yang masih kecil hingga yang dewasa. Selain itu, Anda juga berkesempatan belajar tentang seluk-beluk proses produksi susu.

Wisata ini cocok untuk keluarga dengan anak-anak atau pelajar yang ingin mendapatkan pengetahuan menyenangkan tentang susu dan peternakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi peternakan Ultra Milk dan rasakan pengalaman unik di dunia susu!

11. Kampung Singkur

Wisata di Kampung Singkur menawarkan daya tarik utama berupa pemandangan elok yang memukau.

Selain itu, berbagai wahana seru seperti paintball, flying fox, tubing trip, dan arung jeram siap menyenangkan Anda. Tak hanya indah, Kampung Singkur juga memiliki tempat foto yang sangat instagrammable.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan kenangan seru bersama teman atau keluarga saat berkunjung ke sini!

12. Gunung Artapela

Bagi para pecinta mendaki, Gunung Artapela adalah destinasi wajib saat berwisata di Pangalengan!

Dengan ketinggian sekitar 2.194 meter, gunung ini cocok untuk para pendaki pemula. Meskipun tidak terlalu tinggi, pemandangan dari puncaknya akan membuatmu terpesona dan tidak akan menyesal telah mendaki ke sini.

Jadikan Gunung Artapela sebagai pilihan petualanganmu berikutnya dan nikmati keindahan alam yang menakjubkan dari puncaknya!

13. Curug Penganten

Wisata selanjutnya di Pangalengan adalah Curug Penganten. Bagi Anda yang belum tahu, curug berarti 'air terjun' dalam bahasa Sunda.

Uniknya, wisata ini memiliki dua air terjun berdampingan yang menyerupai sepasang pengantin. Keindahannya memukau dan kamu bisa merasakan kesegaran air yang mengalir dengan berendam di Curug Penganten.

Rasakan sensasi menyegarkan dan nikmati pesona alam yang memikat di tempat ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi Curug Penganten saat berada di Pangalengan, dan wujudkan momen liburan yang tak terlupakan bersama teman-temanmu!

14. Curug Ceret

Wah, jika kamu menyukai petualangan yang menantang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Ceret di Pangalengan!

Air terjun eksotis ini memiliki tinggi mencapai 5 meter, menciptakan pemandangan yang memukau.

Uniknya, Curug Ceret terletak di tepi jalan desa, dan kadang-kadang airnya membasahi jalan sehingga disebut juga 'Curug Ciprat'.

Sambil menikmati keindahan alam, kamu bisa merasakan sensasi menyegarkan tetes-tetes air yang mencerahkan petualanganmu. Tambahkan momen tak terlupakan dalam perjalananmu dengan menjelajahi keindahan Curug Ceret.

Jadi, ayo persiapkan dirimu dan rasakan petualangan seru di air terjun eksotis ini!

15. Rumah Putih Cukul

Ingin mencari pengalaman wisata yang unik dan mendebarkan di Pangalengan? Jangan lewatkan kunjungan ke Rumah Putih Cukul!

Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Villa dengan gaya arsitektur Jerman yang menakjubkan. Tidak hanya sebagai tempat menarik untuk dikunjungi, Villa ini ternyata sering menjadi lokasi syuting film-film horor Indonesia yang mendebarkan!

Selain itu, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan teh Cukul yang memukau dan danau yang menenangkan di sekitar area objek wisata ini.

Jadi, jangan ragu lagi untuk merencanakan perjalananmu ke Rumah Putih Cukul dan rasakan petualangan seru serta indahnya alam Pangalengan!

Ayok pilih destinasi wisata Pangalengan yang paling menarik untuk dikunjungi pertama kali. Mana yang paling menarik? Ayo berpetualang!