SITU CUKUL PANGALENGAN YANG MASIH MISTERI

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini
Situ Cukul Pangalengan secara administratif bertempat di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Situ Cukul di Pangalengan berupa danau kecil yang berada di tepi jalan utama, yaitu di dalam Perkebunan Teh Cukul. Situ Cukul adalah danau yang memiliki potensi wisata, selain Situ Cileunca yang selama ini sudah dikenal dengan rafting di Gravity Adventure. Situ ini juga menjadi sumber air serta tempat untuk budidaya ikan oleh warga setempat.

Situ Cukul adalah danau yang masih terlihat alami. Pada awalnya Situ Cukul ini mempunyai luas sekitaran 6 Ha, dan pada musim kemarau akan mengalami sedikit penyusutan. Akan tetapi danau ini akan selalu tampak menenangkan danmenyejukkan mata siapapun yang menikmatinya.

SITU CUKUL PANGALENGAN

Apalagi panorama alamnya sungguh menjanjikan, dengan dikelilingi oleh bukit-bukit rendah yang berupa perkebunan teh yang menghijau.

Karena tempat ini bukanlah merupakan tempat wisata yang dikelola, jadi mungkin di sini Anda tidak akan menemukan ruang untuk parkir, ataupun sarana yang lain seperti kamar mandi serta lapak untuk berjualan.

Anda bisa memarkirkan kendaraan di bahu jalan, atau bisa juga membawa masuk kendaraan Anda ke jalan kecil menuju perkebuanan teh sambil menikmati keindahan Situ Cukul dari atas bukit kecil. Jalan kecil dan berbatu ini adalah satu diantara jalan utama menuju perkampungan para pekerja perkebunan yang tinggal di puncak bukit.

Kapan sebaiknya datang ke Situ Cukul Pangalengan?

Anda mesti sedikit waspada jika datang ke sini pada musim hujan, karena jalannya akan lebih licin dan berlumpur.

Memang saat yang pas untuk berkunjung ke Situ Cukul yaitu ketika musim kemarau.

Jalan menuju Situ Cukul
Jalan menuju Situ Cukul (mytrip.co.id)

Pada musim hujan, boleh saja Anda datang ke Situ Cukul, namun mungkin waktu yang begitu terbatas. Keadaan geografis serta alam di sekitaran perkebunan Cukul susah ditebak. Kabut tebal dan awan mendung seringkali menyelimuti tempat ini sejak dari siang.

Bahkan seringkali hujan akan turun selama seharian, walau tidak terus-terusan, namun cahaya matahari pastinya tidak akan begitu sering didapati karena kabut selalu turun.

Oleh karenanya, bila Anda mau memperoleh cahaya matahari serta langit biru, dianjurkan untuk berkunjung ke Situ Cukul ketika musim kemarau saja ya! Yaaa, antara bulan maret – agustus.

Disamping Anda bisa menikmati Situ Cukul, dari tempat ini sekaligus Anda dapat menikmati keindahan hamparan luas kebun teh di lokasi yang berbentuk perbukitan terjal serta deretan Gunung Wayang, Windu, Pegunungan Malabar, Gunung Gambungsedaningsih, Bukit Bedil, serta Bukit Nini, bahkan juga deretan Gunung Kendang serta Papandayan di bagian lain Pangalengan. Asap dari Geothermal Wayang-Windu juga akan semakin memberikan keindahan bentang alam dari tempat ini.

Baca juga:
Yuk, menikmati sunrise di bukit cukul pangalengan
Tempat wisata di pangalengan yang keren

Villa Misteri di Situ Cukul Pangalengan

Di Situ Cukul Anda akan menemukan sebuah bangunan megah, yakni sebuah villa yang nampak seperti penuh misteri. Villa ini berada pas di sebelah Situ Cukul.

Villa Misteri di Situ Cukul Pangalengan

Ternyata eh ternyata villa tersebut punya PT. Apm, anak perusahaan PT. Sosro. Villa ini adalah villa punya pribadi serta tidak disewakan untuk umum.

Villa itu juga telah ada CCTV nya yang tersambung ke pusat, dan bila ada yang mendekat (termasuk juga warga yang berada di sekitarannya) akan disuruh untuk segera menjauh oleh pihak pengelola villa.

Dan dianjurkan bila Anda datang ke Situ Cukul Pangalengan, cukup berkeliling-keliling si sekitaran danaunya saja, ya.

Akses jalan menuju situ Cukul Pangalengan

Bila mau datang ke Situ Cukul, berikut akses jalannya yang bisa ditempuh bila Anda datang dari Bandung Kota.

Cukup ikuti jalur menuju Banjaran lalu ke arah Pangalengan. Mungkin arus lalu lintas akan cukup padat sejak dari keluar Kota Bandung sampai Cimaung, bahkan kadang-kadang sampai pertigaan sekitaran daerah bumi perkemahan Gunung Puntang. Jadi sedikit kesabaran akan menambah nikmat perjalanan Anda.

Nah, setelah melewati lokasi wisata Gunung Puntang, perjalanan akan semakin seru, Anda akan menemukan jalanan yang makin berkelok-kelok, namun asiknya arus jalan raya disini akan bertambah lengang alias tidaklah terlalu padat. Bahkan, jika mendekati malam, arus jalan raya akan begitu sepi. Kendaraan yang banyak melintas disini yaitu ELF, truk pengangkut material dan truk pengangkut teh, sepeda motor.

Akses jalan menuju situ Cukul Pangalengan

Dan saat Anda sampaidi bunderan, dekat Kantor Kecamatan Pangalengan, Anda ambil jalan ke kanan menuju arah Situ Cileunca. Sesudah tiba Situ Cileunca, yang di sini Anda bisa menemukan outbound provider terbaik di Pangalengan, Gravity Adventure, Villa De Bloem – dengan view Situ Cileunca, selanjutnya Anda tinggal terus ikuti jalan utama, sampai tiba di Situ Cukul.

cukul pangalengan

Antara Situ Cileunca dan Situ Cukul, Anda akan disajikan panorama hamparan perbukitan kebun teh dengan deretan gunung-gunung serta asap dari sumur Geothermal Wayang-Windu di bagian ujungnya serta jurang-jurang di bagian yang lain. Pemandangan alam yang aduhai jebretnya minta ampun dan memanjakan mata ini akan lebih mudah Anda temui saat musim kemarau serta dari pagi sampai siang hari.

Jadi dapat disimpulkan, akses menuju Situ Cukul ini, Arus jalan raya akan mulai sepi mulai pukul 18. 00. Jarak dari Kota Bandung menuju Situ Cukul yakni sekitar 54 Km, dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam-an.


situ cukul pangalengan bandung west java, villa, bukit, cornering, jalan, lokasi, misteri, villa merah cukul pangalengan, perkebunan teh cukul pangalengan bandung