6 Rekomendasi Permainan yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga Ketika di Rumah

6 Rekomendasi Permainan yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga Ketika di Rumah

Berkumpul bersama dengan keluarga merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Untuk menghidupakan suasana kumpul keluarga, maka diperlukan permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga. 

Family time bertujuan agar anggota keluarga merasa ceria dan senang ketika berkumpul bersama. Walaupun diisi dengan permainan anak-anak, namun waktu berkumpul pasti terasa lebih menyenangkan. 

Inilah 6 Jenis Permainan yang Rekomended Bisa Dimainkan di Rumah

Apa saja permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Ular Tangga

Salah satu permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga adalah ular tangga. Permainan ini cukup populer dan banyak dimainkan. 

Tujuan dari permainan ular tangga ini yaitu peserta pertama yang dapat mencapai kotak terakhir atau finish dengan cara bergerak dari satu kotak ke kotak lainnya adalah pemenangnya.

Setiap peserta diberikan bidak, lalu berkesempatan untuk melemparkan dadu. Bidak tersebut harus bergerak atau maju ke kotak di depannya sesuai dengan angka yang muncul ketika melempar dadu.

Ada ular dan tangga pada setiap kotaknya. Peserta yang berhenti di kotak yang ada ularnya, maka dia harus turun mengikuti panjang ularnya. Untuk pemain yang berhenti di kotak yang ada tangganya, maka dia bisa terus naik mengikuti panjang tangga.


Monopoli

perminan monopoli
Ilustrasi Permainan Monopoli (Pexels.com)


Monopoli merupakan permainan yang sudah ada sejak dulu. Permainan ini juga sangat populer di seluruh dunia.

Jika Anda membeli satu set monopoli, maka Anda akan mendapatkan papan, uang mainan, dua buah dadu, 32 icon rumah warna hijau, beberapa bidak, dan lain sebagainya.

Permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga ini dapat dimainkan minimal oleh dua orang dan maksimal empat orang. Masing-masing pemain berkesempatan untuk melempar dadu secara bergantian, lalu memindahkan bidak sesuai dengan angka yang keluar pada dadu.

Jika bidak berhenti pada kotak yang belum dibeli oleh pemain lain, Anda dapat membeli kotak tersebut sesuai dengan harganya. Namun, jika Anda berhenti di kotak yang sudah dibeli pemain lain, maka Anda harus membayar sejumlah uang pada pemain tersebut.


Falling Tumbling Monkey

Falling tumbling monkey cocok untuk dimainkan bersama keluarga atau teman ketika sedang berkumpul dan bersantai. Satu set permainan ini dapat Anda beli secara online di marketplace. 
Siapkan semua perkakas yang tersedia, lalu tuang 30 monyet dari atas agar semua monyet bergelantungan diantara batang berwarna.

Masing-masing pemain harus melempar dadu. Jika muncul warna merah pada dadu yang keluar, maka pemain harus mencabut batang berwarna merah. Pemenang dari permainan ini adalah orang yang menjatuhkan monyet dengan jumlah paling sedikit.

Untuk review ada di youtube channelnya Laurent Rando.



Lempar Bola

Lempar bola merupakan permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga. Anda hanya perlu menyiapkan ember kosong, lalu letakkan berjajar ke belakang.

Pada masing-masing ember, Anda dapat menuliskan skor yang nantinya bisa didapatkan. Jika bola masuk ke ember yang letaknya paling jauh, maka skor yang didapatkan akan semakin tinggi pula.


3,6,9

Permainan ini adalah permainan angka yang dapat dimainkan bersama dengan keluarga. Semua pemain harus menyebutkan angka mulai dari 1 secara berurutan. Setiap angka 3, 6, dan 9, pemain harus bertepuk tangan sebanyak satu kali.

Tetapi jika angka yang disebutkan 30, 60, dan 90, maka pemain harus bertepuk tangan sebanyak dua kali. Pemain yang kalah akan diberi hukuman.

Eat Bulaga

Eat bulaga merupakan salah satu permainan yang populer di Indonesia. Cara memainkannya yaitu dua orang peserta akan duduk berhadap-hadapan. Satu orang bertugas mengangkat papan kata yang tidak diketahui sebelumnya.


Peserta pemegang papan akan menebak kata pada papan, kemudian orang kedua akan mengatakan “iya” atau “tidak”.

Jadi, permainan mana yang akan Anda coba dalam waktu dekat?

rafting  pangalengan gravity adventure bandung