7 Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya yang Keren..!


Salah satu daerah wisata yang menyajikan berbagai jenis paket wisata lengkap yang menarik berada di kota Bandung.

Bandung dikenal sebagai sebuah kota wisata yang tidak hanya memberikan berbagai jenis bentuk wisata yang menarik mulai dari wisata permainan, edukasi, kesenian, hingga wisata kuliner, namun ia juga dikenal sebagai kota dengan tingkat kemajuan yang pesat.

Agar Anda tidak merasa kebingungan ketika menginjakkan kaki di kota indah Bandung maka inilah beberapa daftar wisata yang dapat menjadi panduan Anda ketika berliburan.

Daftar Wisata Alam Menarik di Bandung dan Lokasi Sekitar


1. Negeri di atas awan: Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Lokasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bandung tidak lain adalah Kawah Putih Ciwidey.

Kawah Putih ini merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di bandung selatan yang wajib ada dalam daftar wisata alam dan tertulis di note Anda.

Berlokasi di area selatan Bandung, tepatnya di kawasan Ranca Bali, desa Sugih, kecamatan Pasir Jambu, berjarak sekitar 44 km dari pusat kota Bandung, kawah putih ini menyajikan nuansa alam yang sungguh menakjubkan.

Kawah putih ini merupakan danau kawah yang ada pada gunung Patuhan ini berada di ketinggian sekitar 2.434 meter dari atas permukaan laut.

Kawah ini tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang begitu apik.

Namun, ia juga dikenal sebagai salah satu kawah belerang tertinggi yang ada di dunia.

Betapa tidak, berlokasi lebih dari 2000 meter dari atas permukaan laut, kawah ini mampu menyajikan nuansa pemandangan kawah belerang yang benar-benar memukau.

Tidak hanya itu, kawah ini masih menyimpan berbagai kelebihan lain selain pada tingkat keasaman yang tinggi serta kandungan belerangnya,kawah pasir yang ditutupi oleh air ini mampu berubah warna dalam keadaan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi cuaca serta keadaan gunung kawah tersebut.

Terkadang Anda haus mengenakan berlapis-lapis baju karena hawa dingin yang menyerang mampu mencapai 0 hingga -2 derajat celcius, sangat dingin untuk daerah tropis.

2. Wisata alam Situ Cileunca, danau eksotis yang dikelilingi pegunungan

Situ Cileunca Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Kawasan wisata lain di daerah Bandung adalah Situ Cileunca yang menawarkan wisata alam yang memacu adrenalin dengan arena arum jeramnya yang sungguh mengasyikkan. [lihat juga, paket arung jeram di bandung]

Situ Cileunca merupakan danau yang berlokasi di daerah Pangalengan. Danau ini ternyata merupakan danau buatan yang sukses menarik peminat wisatan di berbagai daerah.

Danau Cileunca memiliki luas yang sungguh besar yakni 14.00 hektar.

Hal menarik lainnya yang membuat kawasan ini terlihat semakin asri adalah lokasi danau yang berada di tengah-tengah bukit dengan latar belakang pegunungan yang sungguh indah.

Bila Anda adalah pecinta alam sejati maka tempat ini merupakan lokasi wajib kunjung untuk Anda.

Kawasan Situ Cileunca tidak hanya dikenal sebagai kawasan wisata danau buatan yang deras namun ia juga berfungsi sebagai salah satu tempat pembangkit tenaga listrik.

Karena arus sungainya yang begitu deras dan kuat, ia digunakan sebagai salah satu lokasi pendukung suplai energi listrik di Bandung.

Air yang dialirkan di danau ini berasal dari sungai Palayangan yang mengalir dengan deras sehingga sangat cocok untuk melakukan rafting atau arung jeram.

3. Air Terjun dan kisah cinta abadi di Situ Patenggang

air terjun patenggang Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Kawasan wisata alam menarik lainnya adalah Air Terjun Situ Patenggang. Berlokasi dekat dengan kawasan wisata Kawah Putih tentunya akan sangat disayangkan jika Anda tidak turut mampir ke tempat ini.

Apalagi kawasan wisata air terjun patenggang ini hanya berjarak 10 menit dari lokasi Kawah Putih, tepatnya di daerah Patengan, Ranca Bali, Bandung dengan kode daerah 40973.

Tentunya melakukan dua wisata sekaligus dalam satu waktu akan lebih menyenangkan dan praktis.

situ patenggang Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Situ patenggangnya sendiri ternyata menyimpan cerita bersejarah kuno mengenai sepasang kekasih yakni Pangeran Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang terpisah lalu kembali bertemu lagi di pulau berbentuk hati yang berada di tengah-tengah Situ Patenggang.

Selain bentuk air terjunnya yang mungil namun berjumlah belasan yang mengalir dengan sangat indah, kawasan ini juga memiliki danau yang cukup luas yang di kelilingi oleh perkebunan teh yang sejuk, memberikan aroma segar khas daun teh yang menenangkan jiwa.

Anda akan tambah takjub dengan adanya bangunan rumah dengan bentuk khas adat daerah yang berdiri diatas air terjun, menambah nuansa elok nan asri.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda hanya akan ditarik biaya masuk sebesar Rp. 15.000 sedangkan bagi wisatawan mancanegara , tiket masuk dihargai sebesar $4.

4. Niagaranya Indonesia: Curug Malela

curug malela Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Curug Malela adalah salah satu lokasi wisata yang sangat terkenal di Bandung.

Tempat ini dijuluki sebagai Niagara-nya Indonesia, karena memiliki struktur air terjun yang deras dan luas layaknya Niagara.

Bisa dikatakan bahwa air terjun ini merupakan yang terbesar di bandung dengan tinggi 70 meter dan lebar 50 meter.

Lokasi lengkap tempat wisata ini berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat.

Karena lokasinya yang cukup terjal dan susah dijangkau tak banyak wisatawan yang datang namun di sisi keasrian lokasinya menjadi lebih terjaga. Baca juga, 9 tempat wisata air di bandung yang keren.

5. Dago Pakar: kawasan hutan di dalam kota dengan 2500 spesies fauna

dago pakar Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Dago pakar merupakan kawasan hutan alam yang menawarkan keasrian flora serta faunanya.

Terdapat lebih dari dari 2500 spesies fauna yang hidup di dalam hutan alami yang berlokasi di jantung kota Bandung ini.

Eksistensi hutan ini begitu penting terlebih karena ia berlokasi di daerah padat Bandung.

Untuk itu, jika Anda mampir di kota Bandung, ada baiknya bila menyempatkan diri untuk sekadar bercengkrama dengan alam di sela-sela hiruk pikuk keramaian kota.

Jika Anda ingin menemukan hutan ini, Anda dapat berjalan di area Jl. Maribaya karena hutan ini berokasi di antara jalan tersebut.

Sebagai sebuah Taman Hutan Raya dengan pusat konservasi alamnya, Dago pakar layak untuk dijadikan pusat destinasi wisata alam Anda.

6. Maribaya dengan kolam mata air panasnya yang menyehatkan

maribaya Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Tak disangka-sangka, ternyata ada sekian banyak air terjun yang berada di kawasan kota Bandung ini dan hampir sebagian besar darinya memiliki bentuk -bentuk yang unik dan menawan, sangat cocok untuk lokasi wisata.

Salah satu air terjun yang terkenal adalah air terjun Curug Maribaya yang berlokasi di bagian utara Taman Hutan Raya.

Lokasinya yang strategis dengan Taman raya tentunya membuat nyaman Anda yang tengah berwisata alam.

Anda dapat menikmati indahnya hutan serta jernihnya air terjun tanpa perlu melakukan perjalanan jauh nan melelahkan.

Bisa dibayangkan lokasinya yang sangat rimbun dengan Taman Raya dapat ditempuh hanya dengan melalui jalan setapak yang berada di hutan tersebut.

Selain menawarkan pemandangan air terjun yang indah, lokasi ini juga memiliki kolam mata air panas yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Tiket masuk di Taman Wisata Maribaya ini hanya sebesar Rp. 8.000,- dengan jam operasional mulai dari jam 08.00 - 16.00.

7. Goa Pawon Stone yang terbentuk jutaan tahun yang lalu

stone garden Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya

Anda yang menyukai tantangan tentunya akan sangat gembira dengan adanya lokasi wisata bebatuan karang yang berada di puncak gunung Pasigit ini.

Pasalnya, lokasi wisata ini menyuguhkan pemandangan yang benar-benar berbeda dan menakjubkan.

Apalagi goa Pawon ini dikenal sebagai lokasi tempat dimana berbagai macam peninggalan pra sejarah ditemukan.

Setelah melewatkan diri ke Goa Pawon yang eksotik, Anda dapat meneruskan perjalanan hingga ke puncak gunung yang akan menyambut Anda dengan pemandangan batuan alami yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu.

Lokasi ini dikenal sebagai Stone Garden atau Taman Batu yang menawarkan Anda sensasi batu karang di atas awan.

Anda akan takjub dengan adanya cangkak-cangkak purba yang menempel di sekitar dinding batu yang diyakini sebagai bukti bahwa lokasi ini dulunya merupakan sebuah danau purba yang hilang.

Sungguh sebuah bentang alam yang sangat menakjubkan…!


Demikianlah beberapa lokasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Bandung. Ketika Anda tengah berwisata di kota Bandung, jangan lewatkan kesempatan Anda dan segera jelajahi segala tempat menarik nan asri yang tersebar di berbagai lokasi di kota ini. Selamat berliburan!

List wisata alam di bandung dan sekitarnya:

1. Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey
2. Kawasan Situ Cileunca
3. Air Terjun Situ Patenggang
4. Curug Malela
5. Dago Pakar
6. Tempat Wisata Maribaya
7. Goa Pawon Stone
Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flying fox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini