7 Wisata Alam Bandung Barat Ini Sangat Luarbiasa

Wisata alam bandung barat menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Bandung Barat adalah kabupaten di Propinsi Jawa Barat, Indonesia, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bandung.

Kabupaten Bandung Barat berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta serta Kabupaten Subang di samping barat serta utara, Kabupaten Bandung serta Kota Cimahi di samping timur, Kota Bandung di sebelah selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian barat serta timur.

Bandung Barat ini juga mempunyai keindahan alam yang sangatlah mengagumkan, serta banyak peninggalan masa purba di lokasi ini, ini dia 7 wisata alam yang ada di Bandung Barat yang bisa bikin banyak wisatawan penasaran.

Gua Pawon

Gua pawon merupakan tempat wisata alam di Bandug Barat sekaligus juga merupakan tempat wisata edukasi. Gua Pawon terdapat kira-kira 25 km arah barat Kota Bandung lebih tepatnya di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Gua Pawon ini adalah salah satu situs purbakala yang mempunyai makna utama untuk orang sunda lantaran di goa ini diketemukan kerangka manusia purba yang konon adalah nenek moyang orang sunda.

Gua Pawon Wisata Alam Bandung Barat

Indah tetapi misterius, demikian kata yang kerap disampaikan beberapa pengunjung saat berkunjung ke goa ini, anda dapat menjelajahi goa didalam nya, walau demikian sangatlah disayangkan banyak tangan nakal yang mengotori dinding-dinding goa dengan tulisan yg tidak terang.

Ada tiga mulut gua yang ada disana, serta ada satu lagi yang letaknya dibawah, seperti kolam kering yang di pojoknya ada suatu celah besar.

Tulang belulang serta serpihan batu yang terdapat di goa ini dipercaya memberikan indikasi ada kehidupan manusia purba dikawasan Gua Pawon. Bahkan juga dikawasan itu di pastikan pernah tumbuh kebudayaan manusia pada dahulu kala.

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat berada di kampung Ciwangun Parongpong Bandung barat. Ditempat wisata ini ada
Curug Tilu Leuwi Opat
air terjun dengan air yang masih jernih yang di kenal dengan sebutan Curug Tilu, dan ada empat leuwi/danau kecil yg tidak kalah menarik untuk di nikmati yang di namakan Curug Tilu Leuwi Opat.

Bukan sekedar untuk nikmati curug saja, di tempat wisata alam bandung barat ini, pengunjung bisa lakukan beragam aktivitas outbond seperti hiking serta camping, serta beberapa wahana seperti flying fox, shaking bridge, atau bermain rakit.

Yang cukup menarik yaitu ruang campingnya ada di segi sungai serta curug kecil yg dimaksud curug kacapi hingga bakal memberi pengalaman sendiri lantaran benar benar ada di ruang yang masih alami. Di tempat ini ada banyak monyet - monyet tengah bergelantungan di pohon.

Curug Tilu Leuwi Opat
Akses meuju tempat ini tak susah, bisa ditempuh dengan waktu 2 jam bila dari pusat kota Bandung. Akes jalan bila lewat pusat kota cukup bagus. Meskipun menanjak tetapi jalanan relative beraspal serta mulus.

Disamping dari pusat kota, Leuwi Opat Curug Tilu dapat juga ditempuh dari kota Cimahi. Bila lewat jalan ini anda mesti mengambil arah ke Jl. Kolonel Masturi, lalu ke arah Parongpong.

Di tempat ini ada juga curug lainnya, sebelum Anda sampai di curug tilu, yaitu di namakan Curug Aseupan, baru baru ini tengah dalam pembersihan, serta di prediksikan dalam kurun waktu dekat bakal ada sarana baru yakni berwisata rafling bandung yang baru ,serta di teruskan body rafting dibawah Curug Aseupan itu.

Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang ada di perbatasan Dusun Gunung padang serta Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Tempat ini bisa diraih 20 km dari persimpangan Kota Kecamatan Warung Populer, dijalan pada Kota Kabupaten Cianjur serta Sukabumi. Luas kompleks bangunan lebih kurang 900 m², terdapat pada ketinggian 885 mdpl.

Situs Megalitikum Gunung Padang
Situs Megalitikum Gunung Padang ini yaitu peninggalan prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum di jawa barat. Bentuk bangunan punden berundaknya mencerminkan kebiasaan megalitik (mega bermakna besar serta lithos berarti batu) seperti banyak didapati di banyak daerah di Jawa Barat. Situs Gunung ini adalah situs megalitik terbesar di Asia Tenggara. Di kelompok orang-orang setempat, situs itu diakui juga sebagai bukti usaha Prabu Siliwangi mendirikan istana dalam semalam.

Bangunannya terbagi dalam lima teras dengan ukuran berlainan. Batu-batu itu sekalipun belum alami sentuhan tangan manusia dalam makna, belum ditangani atau dibuat oleh tangan manusia. Balok-balok batu yang jumlahya sangatlah banyak itu menyebar nyaris menutupi sisi puncak Gunung Padang.

Masyarakat setempat menjuluki sebagian batu yang terdapat di teras-teras itu dengan beberapa nama berbau Islam. Umpamanya ada yang dimaksud meja Kiai Giling Pangancingan, Kursi Eyang Bonang, Jojodog atau tempat duduk Eyang Swasana, sandaran batu Syeh Suhaedin dengan kata lain Syeh Abdul Rusman, tangga Eyang Syeh Marzuki, serta batu Syeh Abdul Fukor.

Waduk Ciburuy

Situ atau Waduk Ciburuy letaknya sangatlah strategis yakni ada di sisi jalan Raya Bandung – Jakarta km. 22 dari kota Bandung. Waduk Ciburuy memiliki luas sampai 25 hektar. Situ Ciburuy yaitu danau alami yang cukup populer di kelompok wisatawan nusantara – bahkan juga telah diangkat juga sebagai tema lagu tradisional Sunda. Pesonanya makin indah lantaran dilengkapi dengan suatu pulau yang ada di tengah-tengah Situ dan panorama perbukitan yang sangatlah indah.

Waduk Ciburuy

Pengunjung dapat juga nikmati makanan serta minuman yang disiapkan oleh beberapa penjual makanan di seputar lokasi Situ. Anda dapat berbelanja aksesories di penjual aksesories yang ada, selain itu Anda juga dapat menyaksikan pentas seni.

Beragam sarana ada untuk beberapa pengunjung. Pengunjung yang mau lihat pulau yang ada di tengah-tengah Situ dengan cara lebih dekat, telah ada perahu yang siap untuk mengantar. Cuma butuh membayar sewa perahu. Pengunjung dapat pilih perahu type apa yang mau ia naiki, dapat perahu tradisional berkapasitas 5 orang, atau dapat pula pilih perahu angsa atau perahu karet dengan kemampuan 2 orang. Tentu bayar sewa yang perlu dibayar juga tidak sama.

Perbukitan Karst/Kapur Citatah

Perbukitan Karst Kapur Citatah
Perbukitan Citatah ada di tempat Citatah di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di 5 km Padalarang. Untuk mencapainnya cukup mudah, jika anda masuk kota Bandung dari Cianjur, Bogor, Jakarta yang lewat Puncak atau mungkin saja Jonggol akan lewat tempat ini. Dengan bentang alam tempat yang berbukit dan terbentuk sebagian besar dari kapur, sampai Citatah Anda akan melihat bukit-bukit di tempat ini berbeda dengan bukit-bukit umumnya yang ada di sekitaran Tempat Wisata Di Bandung.

Tetapi untuk berkunjung ke tempat wisata alam bandung barat ini anda mesti beroleh izin lebih dahulu dari Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus (Pusdipassus) yang ada di Batu Jajar, Bandung Barat.

Lain tebing Citatah 48 lain lagi Tebing Citatah 90. Tebing ini bisa ada di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat dan tebing ini memiliki jenis batuan kapur dengan ketinggian sekitar 90 mtr. dari permukaan tanah. Seperti tebing Citatah 125 dan Citatah 48, Tebing ini ada di daerah sekitar tempat pabrik penambangan batu karst. Tebing Citatah 90 ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibanding dengan Tebing yang lain. Tebing yang memiliki nama resmi Gunung Pabeasa ini memiliki sekitar 4-5 jalur pemanjatan yang umum dipakai.

Lembah Cimeta Citarum Purba

Lembah Cimeta Citraum Purba yaitu salah satu situs megalitik paling besar di Asia Tenggara yang berlokasi pas di Gunung Padang. Untuk sampai ke tempat wisata alam bandung barat ini anda masuk lokasi Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Lembah Cimeta Citarum Purba memliki luas kawasan sekitar 3 hektare. Sedang gunung Padang adalah hasil pembekuan magma bekas gunung api purbakala yang diprediksikan berlangsung pada zaman Pleistosen awal, kira-kira dua hingga satu juta th. lalu.

Selain juga sebagai situs prasejarah, Lembah Cimeta Citarum Purba dikelilingi kebun teh, gunung serta lembah. Sedang bebatuan yang ada ditempat ini adalah bebatuan type andesit basaltis. Biasanya batu-batu ini berupa tiang serta rata-rata memilikis panjang satu mtr. dengan diameter 20 sentimeter. Bentuk batuan itu murni di proses oleh alam.

Lembah Cimeta Citarum memanglah tidak tidak sama dengan situs megalitik didunia yang di bangun pada saat pra – histori, seperti piramida di Mesir maupun Machu Picchu di Peru, Situs Gunung Padang juga tak di bangun dengan cara asal-asalan loh, bangunan situs ini di buat dengan perhitungan yang tinggi.

Curug Malela

Curug Malela merupakan tempat wisata alam bandung barat yang tepatnya berada di Perbatasan Kabupaten Cianjur lebih tepatnya di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Ada 2 jalur untuk sampai ke tempat ini, yakni dengan rute Cianjur atau Sukabumi.

Curug Malela

Curug Malela memiliki ketinggian kira-kira 60-70 m dan lebar 50 m dengan hulu sungai yang datang dari lereng utara Gunung Kendeng yang mengalir serta membuat suatu jaringan sungai Cidadap serta bermuara ke Cisokan.

Bila anda menggunakan rute dari bandung anda bakal menempuh perjalanan lebih kurang 5 jam, dengan melalui beberapa desa, serta perkebunan teh. Sesudah melalui perkebunan teh anda masuk perkampungan terkahir serta disitu terdapat pintu masuk Objek Wisata Curug Malela, untuk membawa kendaraan pribadi beroda empat baiknya anda menitipkan kendaraan anda dirumah warga, karna untuk menuju curug malela jalan sangatlah tak bagus serta tak kondusif untuk kendaraan beroda empat. Anda dapat jalan kaki atau mungkin dengan menyewa ojeg, jalannya yang cukup berlumpur serta bebatuan sangatlah menyusahkan dengan kontur naik turun dan licin.

Setelah di pesinggahan paling akhir terdapat banyak warung untuk beristirahat, serta belum sampai disitu anda mesti jalan kaki melalui jalan setapak, yang telah disediakan tangga jalan untuk mempermudah anda menuju curugnya. Banyak tempat kosong yang telah jadi sarana wisata curug malela untuk membangun tenda serta gazebo.

Curug malela, airnya yang sangatlah jernih dengan bebatuan yang terlihat asri berpadu pepohonan yang rimbun,. Jika anda mujur anda bakal dapat melihat banyak kera yang tengah bergelantungan, walau demikian anda mesti hati-hati dengan airnya yang cukup deras.

Itulah 7 tempat wisata alam di Bandung Barat. Anda beminat mengunjungi tempat-tmpat tersebut? Semoga saja artikel ini menjadi salah satu referensi penting bagi Anda.