Legenda Alam Wisata Situ patenggang Ciwidey, Kisah Asmara yang Tak Pernah Lekang Dimakan Zaman!

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini
Tentu untuk warga sekitar Bandung sudah tak asing lagi dengan sebuah tempat wisata alam Situ Patenggang Ciwidey, dengan legenda nya yang menjadikannya terkenal. Situ Patenggang ini merupakan danau alami, yang terletak di kawasan objek wisata alam, yaitu di Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey.

Wisata Alam Situ Patenggang Ciwidey Bandung Selatan

Wisata alam Situ Patenggang terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar.. Wow begitu luas ya, gan?

Berdasarkan informasi yang tertera di lokasi wisata, situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya.

Karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta". Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka).

Konon menurut cerita, siapapun pasanagan kekasih yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, akan senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka. [dikutif dari wikipedia].

Harga tiket masuk ke Situ Patenggang

Untuk masuk ke kawasan ini anda cukup membayar tiket masuk wisata local Rp. 18.000,- untuk weekday dan Rp. 20.500,- untuk week end, turis asing Rp. 135.000,- untuk weekday dan Rp. 185.000,- untuk weekend, serta membayar parkir roda dua Rp. 3.500,-, roda empat Rp. 11.500,, Bus Rp. 22.000,-

Situ patenggang ini memiliki kekayaan alam yang indah banget, dengan hamparan luas situnya dengan perkebunan teh begitu memanjakan mata, di situ pun fasilitasnya cukup lengkap dari mulai toilet, mushola, dan gazebo gazebo untuk bersantai. Anda pun bisa menyebrang ke batu cinta dengan menggunakan perahu, dan ada angsa untuk bersantai di air. [Jarak Kawah Putih ke Situ Patenggang]

Situ Patenggang atau biasa juga orang menyebutnya dengan nama Situ Patengan, memiliki kesampaian daerah yang cukp mudah dijangkau. Untuk menuju lokasi situ patenggang, bisa menggunakan angkutan umum berupa bis dari terminal leuwipanjang ke terminal ciwidey, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan desa ke situ patenggang. Apabila Anda memakai kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur jalan kopo - soreang - ciwidey -situ patenggang.

Berikut peta yang bisa Anda lihat.