Seru Rafting di Sungai Palayangan, Anda Bisa Ngecamp di Pinggir Danau

Seru Rafting di Sungai Palayangan, Anda Bisa Ngecamp di Pinggir Danau

Wisatawan tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata Sungai Palayangan di Bandung. Lokasinya berada di kawasan objek wisata Situ Cileunca, Pangalengan.

Lokasi wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota, diperkirakan jaraknya sekitar 45 KM.

Sebagai objek wisata yang populer, tempat ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sungai lainnya. 

Tidak hanya dapat melakukan rafting di sungai Palayangan, tetapi terdapat aktivitas lain yang bisa para wisatawan lakukan agar membuat liburanmu menjadi lebih menyenangkan. Mislnya saja Anda bisa outbound dan ngecamp.

Tak heran apabila sekarang ini Sungai Palayangan menjadi tempat wisata yang recomended untuk liburan bersama keluarga dan kerabat terdekat.


Serunya Rafting di Sungai Palayangan

Para wisatawan ketahui kelebihan-kelebihan arung jeram (rafting) di Sungai Palayangan yang buat liburanmu lebih menyenangkan, ini dia informasinya.

Aliran Air Stabil

Salah satu kelebihan dari melakukan aktivitas rafting di Sungai Palayangan yaitu sumber airnya berasal dari aliran danau Situ Cileunca sehingga alirannya relatif stabil. 

Hal tersebut pula yang menjadikan sungai ini aman untuk arung jeram, meskipun demikian aliran airnya juga menantang dan memacu adrenaline para wisatawan.

Aliran air dari Danau Situ Cileunca cukup stabil setiap tahunnya memiliki debit rata-rata 1-2,5 M3/detik sehingga banyak orang yang mengatakan sungai ini bebas dari banjir bandang.

Aliran sungainya yang stabil dapat diarungi oleh peserta rafting yang masih pemula untuk melakukan pengarungan dengan aman dan menyenangkan.

Pemandangan yang Indah

Berikutnya, saat melakukan rafting di Sungai Palayangan para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan tepi sungai yang indah. 



Lokasi Sungai Palayangan berada di ketinggian 1550 MDPL yang dikelilingi oleh pegunungan.

Pemandangan di sekitar sungai memudahkan wisatawan dapat melihat keindahan Danau Situ Cileunca, Hutan Pinus Rahong, dan kebun Teh Malabar.

Dari pemandangan sekitar yang indah tentunya juga memberikan spot foto yang keren dan instagramable.

Variasi Arus Rafting di Palayangan

Sungai Palayangan mempunyai panjang 5 KM dengan jumlah 7 jeram grade dengan bentuk yang berbeda-beda.


Terdapat bentuk drop yang digunakan karena adanya penurunan dasar sungai yang bentuknya seperti tangga, undak-undak menurun di dasar sungai yang tidak terlalu besar sehingga terlihat seperti air terjun kecil.

Terdapat bentuk double drop yang memiliki area arus sungai yang harus melewati batuan besar dengan bentuk arus air terjun berurutan. Selain itu, masih banyak jenis variasi arus rafting lainnya.

Arena Basecamp di Tepi Danau

Terdapat arena basecamp di tepi danau yang dapat digunakan para wisatawan untuk beristirahat sambil menyantap makan siang sambil melihat keindahan danau Situ Cileunca


Di tempat romantis ini Anda bisa menginap camping, sewa cottage atau villa, tentunya sudah dengan perlengkapan dan berbagai fasilitas istimewa dan memanjakan. 


Jika tertarik untuk menginap di sini, Anda bisa follow @debloemvilla, dan dapatkan juga pricelistnya (buat kapan-kapan, siapa tahu pasti perlu).



Selain itu, kalian juga dapat mengelilingi danau menggunakan perahu untuk mengambil spot foto yang instagramable.

Itulah beberapa alasan yang mengharuskan para wisatawan melakukan rafting di Sungai Palayangan yang akan membuat liburanmu menyenangkan.