5 Rekomendasi Games untuk Acara Gathering Keluarga Agar Lebih Menarik

5 Rekomendasi Games untuk Acara Gathering Keluarga Agar Lebih Menarik

Berwisata bersama dengan keluarga bisa menambah kehangatan dan interaksi bersama dengan anggota keluarga lain. Acara family gathering dapat diisi dengan bermain games untuk acara gathering keluarga.

Permainan dalam acara family gathering akan menumbuhkan rasa saling percaya dan kekompakan antara satu anggota keluarga dengan keluarga lain. Berikut ini rekomendasi games untuk acara gathering keluarga.

Berikut 5 Rekomendasi Games untuk Acara Gathering Keluarga Agar Lebih Menarik

1. Permainan Bakiak

Games ini sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Games untuk acara gathering keluarga ini asalnya dari Sumatera Barat. Bakiak terbuat dari bahan kayu menyerupai sandal yang dilengkapi dengan pengikat kaki. Cara memainkannya yaitu tiap kelompok akan berjalan menggunakan bakiak. 

Tiap kelompok terdiri dari lima orang. Semua regu akan berjalan dengan bakiak, regu yang dapat mencapai finish terlebih dulu adalah pemenangnya. Games ini berisi keselarasan, kekompakan, dan latihan untuk tidak saling egois ketika melangkah.

2. Permainan Titanic

Games ini dimulai dengan membagi beberapa kelompok terlebih dulu. Masing-masing kelompok berdiri di belakang garis start untuk menuju ke garis finish. Mereka harus menginjak beberapa koran yang disediakan agar dapat mencapai garis finish.

Semakin mendekati garis finish ukuran koran akan semakin kecil. Kesulitan dalam memainkan games ini yaitu ketika para pemain harus membagi space koran untuk berdiri. Anggota tim harus saling berpegangan, seolah-olah sedang berada di dalam kapal yang akan tenggelam.


Kelompok yang berhasil sampai garis finish, merekalah pemenangnya. Games ini bertujuan untuk saling membantu sesama anggota, kekompakan tim, dan saling berpikir strategis.

3. Magic Stick

Games untuk acara gathering keluarga selanjutnya yaitu magic stick. Permainan ini dilakukan dengan membagi beberapa tim. Masing-masing tim berisi 5-10 orang.

Masing-masing anggota kelompok harus berdiri dan memegang stik kayu dengan telunjuk mereka. Setiap tim bertugas untuk menurunkan stik hingga menyentuh tanah. Peralatan yang diperlukan cukup mudah, hanya stik kayu yang memiliki panjang sekitar dua meter.

Saat sedang bermain, biasanya stik yang ingin pemain turunkan malah semakin naik ke atas. Hal ini membuat semua anggota kelompok biasanya akan mengeluarkan pendapat. Jika para anggotanya kompak dalam berkoordinasi, maka stik kayu dapat diturunkan dengan mudah.

Para pemain hanya perlu fokus pada sisi kiri dan kanan sebagai tumpuannya. Jari pemain lain hanya cukup menyentuh saja dan ikuti arahan yang diberikan oleh ketua tim, agar posisi mereka perlahan-lahan akan turun sampai stick menyentuh tanah.


4. Tepok Nyamuk

Games satu ini membutuhkan alat bantu bermain seperti remi. Satu orang akan bertugas untuk mengocok kartu remi, lalu dibagikan pada tiap anggota dengan tertutup.

Semua peserta tidak dibolehkan untuk membalik kartu yang didapatkan. Cara memainkannya sangat mudah, para peserta harus mengeluarkan kartu yang dipegangnya sambil menyebutkan susunan kartu mulai dari kartu as sampai kartu king.

Penyebutan kartu remi dilakukan bergantian dengan peserta lain yang ada di sebelahnya. Jika kartu yang dikeluarkan cocok dengan kartu yang telah disebutkan, semua peserta harus menepuk kartu remi tersebut.

Anggota yang kalah adalah dia yang tangannya ada di tumpukan paling atas, kemudian peserta yang kalah harus mengambil semua kartu yang ada di tengah.

5.Petak Umpet Barang

Games untuk acara gathering keluarga ini dimainkan dengan cara membagi pemain ke dalam dua kelompok. Selanjutnya siapkan benda yang akan disembunyikan, untuk menambah keseruan dalam bermain. Jumlah benda yang disembunyikan sebaiknya lebih sedikit dari jumlah pemain dalam tiap kelompok. 




Saat kelompok lain sedang menyembunyikan suatu benda, kelompok lain yang mendapatkan kesempatan mencari benda harus masuk ke dalam ruangan atau kamar terlebih dulu.


rafting  pangalengan gravity adventure bandung