Wisata Gedung Sate Bandung - Busyet Dibangun Sejak Tahun 1920

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini
Wisata ke gedung sate bandung sangat menyenangkan. Gedung sate ini yaitu termasuk salah satu maskot kota Bandung dari dahulu kala serta biasa disebut “Gedung putih nya kota bandung”, disamping itu bangunan gedung sate ini juga yaitu bangunan bersejarah di kota Bandung, gedung sate ini di bangun pada th. 1920 hingga saat ini masih tetap berdiri kokoh yang sat ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan kota Bandung.

Wisata Gedung Sate Bandung

Dikatakan sebagai Gedung Sate lantaran gedung ini memiliki ciri khas yang unik, yakni ornament 6 tusuk sate yang ada diatas menara sentral. 6 tusuk sate ini melambangkan 6 juta Gulden yang digunakan untuk bangun gedung berwarna putih ini pada masanya.

Gedung ini sangatlah populer bukan sekedar di kota Bandung saja, tetapi juga di Jawa Barat serta Indonesia, bahkan dunia. Gedung Sate ini dahulu mempunyai nama Gouvernemens Bedrijven (GB) ini usai didesain oleh suatu tim yang beranggotakan Ir. J. Gerber, Ir. G. Hendriks, serta Ir. Eh. De Roo.

Rancangan cetak biru gedung GB ini dapat melibatkan Gementee (walikota) Bandung yang pada saat itu dengan Kol. Pur. VL. Slors juga sebagai ketua mereka. Untuk bangun gedung GB ini diperlukan 2. 000 orang pekerja, di mana 150 salah satunya adalah orang Tiongkok serta bertugas sebagai pengukir kayu atau pemahat batu. Dari 1. 850 pekerja, nyaris semuanya pernah mempunyai pengalaman bangun gedung utama lantaran mereka pernah bekerja dalam pembangunan Gedong Sirap (ITB) serta Gedong Papak

Wisata Gedung Sate Bandung

Disamping juga sebagai pusat pemerintahan kota Bandung, Gedung Sate ini sangan banyak di gemari oleh orang-orang untuk bertandang serta berfoto ke gedung ini, hal ini karena arsitektur yang sangatlah indah serta megah dan unsur histori serta budaya yang dipunyainya, bukan sekedar bangunannya saja yang sangatlah disenangi, tetapi juga unsur pelengkap bangunan itu berbentuk taman yang sangatlah tertangani dengan baik. Taman di sekitar Gedung Sate yaitu tempat favorite untuk wisatawan berfoto-foto, baik berfoto untuk kenang-kenangan ataupun photo untuk pengantin serta pengambilan gambar untuk film.

Banyak pakar bangunan menyebutkan Gedung Sate yaitu bangunan monumental yang anggun menakjubkan dengan style arsitektur unik mengarah pada bentuk style arsitektur Indo-Eropa, (Indo Europeeschen architectuur stijl), hingga bisa saja apabila keanggunan Candi Borobudur turut memberi warna Gedung Sate. dalam bukunya Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952, " Gedung Sate yaitu bangunan terindah di Indonesia ".

Wisata Gedung Sate Bandung

Izin untuk masuk ke lokasi Gedung Sate ini sangat mudah didapat apabila Anda melakukan prosedur dengan benar. Apabila Anda cuma mau ada di sekitar lingkungan bangunan saja jadi Anda tak memerlukan izin masuk. Apabila Anda masuk ke bangunan Gedung Sate, anda bakal melihat seperangkat gamelan khas Sunda yang cuma dimainkan pada acara-acara tertentu saja, umpamanya menjamu tamu khusus atau acara negara. Nyaris semua sisi dari gedung ini yaitu perkantoran, termasuk juga ruang yang pada masa jaman dulu dipakai juga sebagai penjara bawah tanah.

Untuk melihat sedikit cuplikan gedung sate, silahkan tonton video berikut ini.


Menarik bukan?  Jika Anda ingin liburan mengunungi gedung sate, bisa dapatkan paketnya bersamaan dengan paket wisata ke floating market lembang atau paket wisata ke trans studio bandung.

Alamat Gedung Sate Bandung

Oya, gedung sate beralamat di Jl. Diponegoro No. 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115, Indonesia untuk posisi dan kesampaian gedung sate bisa dilihat di peta berikut ini.