Wisata Edukasi Bandung, Yuk Ketahui Apa Saja!

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini
Wisata edukasi di bandung menjadi salah satu tempat pavorit bagi putra putri Anda. So jangan sampai Andda lewatkan begitu saja ya tempat wisata di bandung yang bisa menambah wawasan ini. Dengan mengunjunggi beberapa tempat wisata ini mudah-mudahan selan tujuan Anda berwisata di Bandug sekaligus mendapat nilai plus, lho!

Oke, apa saja beberapa tempat wisata edukasi di bandung yang perlu Anda tahu ini? cekidot!

Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari - Wisata Edukasi Bandung

Kampung Batu ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki nilai edukasi di bandung. Terletak di Bandung selatan, tepatnya di Jalan Raya Banjaran Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Kab. Bandung. Kawasan ini dulunya bekas pertambangan batu yang sudah tak terpakai luas lahan sekitar 50.000 m2, dan di jadikan tempat wisata edukasi yang bersifat fun outbound dan smart.

Di Kampung Batu ini juga banyak wahana permainan yang bisa dicoba, seperti flying fox, jembatan bambu, rumah pohon perahu, dan tempat makan yang berupa saung-saung. Tak hanya itu, di sana juga Anda bisa berenang di Tekno Waterpark. Di Waterpark ini Anda dan keluarga bisa bermain air hangat sepuasnya dengan berbagai fasilitas waterboom seperti ember tumpah. Baca juga, wisata alam bandung selatan.

Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas - Wisata Edukasi Bandung

Taman Lalu Lintas adalah tempat rekreasi bagi keluarga sekaligus tempat wisata edukasi di bandung yang berlokasi di pusat kota lebih tepatnya di Jl. Belitung No. 1 Kota Bandung, Taman Lalu Lintas ini dinamakan Taman Lalu-Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Tujuan di beri nama itu untuk mengenang pahlawan cilik, putri almarhum Jenderal Bintang Lima (Purn) Abdul Haris Nasution. Ade Irma Suryani meninggal tertembak dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) PKI, ketika para mereka mencoba menculik ayahnya tahun 1965.

Taman diresmikan pada tahun 1958. Awalnya, taman ini dibangun sebagai sarana pendidikan informal, untuk menanamkan etika berlalu-lintas bagi anak-anak. Dalam perkembangannya, taman yang satu ini, juga menjadi sarana rekreasi yang menjadi tujuan wisata keluarga. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, tempat yang tepat bagi anak belajar tentang rambu rambu lalu lintas dan tentang kelalulintasan lainnya. Di taman yang sejuk dan nyaman ini, anak-anak bisa menikmati berkendaraan dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Anak-anak bisa langsung mempraktikkan pelajaran kelalulintasan dalam suasana yang nyaman, dan permainan yang menyenangkan. Lingkungan taman yang luas, hijau, dilengkapi dengan kursi-kursi taman, dan sejumlah fasilitas menarik lainnyadapat menjadi tempat rekreasi keluarga.

Taman lalu Lintas Ade Irma Surya Nasution ini setiap hari buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB, kecuali hari Jumat, taman lalu lintas ini libur. Tiket masuk hanya Rp. 6.000,- . Fasilitas tersedia terbilang lengkap, dari sarana bermain anak-anak, rambu-rambu lalu lintas, taman bunga, panggung terbuka, mushola, gedung serbaguna, dan fasilitas pendidikan.

Saung Angklung Udjo

Wisata Edukasi Bandung Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah tempat wisata edukasi di bandung selanjutnya. Saung Anklung Udjo merupakan pusat pelestarian dan pertunjukan kebudayaan tradisional yang ada di Bandung, Bagi orang tua, Anda dapat mengenang masa lalu bermain angklung di tempat ini, sedangkan bagi anak Anda, mereka dapat belajar mengenal kebudayaan Indonesia yang sudah jarang ditemui di kota-kota besar ini.

Saung Angklung Udjo sering di kunjungi wisatawan asing yang ingin mengenal budaya Indonesia lebih tepatnya music tradisional angklung, tak hanya wisatwan asing wisatawan dalam Negara pun banyak sekali, dan juga rombongan-rombongan anak sekolah agar lebih mendalami budaya music tradisional angklung.

Di tempat wisata edukasi bandung ini juga ada sebuah pertunjukan seni yang setiap hari di tampilkan dari jam 15.30 sampai dengan jam 17.30. Pertunjukan tersebut tidak hanya diisi dengan permainan Angklung saja, para pengunjung bisa menikmati pertunujukan seperti Demonstari wayang golek, Helaran, Tari Topeng, Angklung Orkestra, Bermain angklung bersama dan menari bersama. Fasilitas di sini juga cukup membuat anda betah dengan berlama lama disini.

Jendela Alam

Wisata Edukasi Bandung Jendela Alam

Wisata Edukasi Jendela Alam mengajarkan anak untuk aktif dalam hal menjaga lingkungan dan juga hewan-hewan, dengan kegiatan kegiatan bercocok tanam, pembibitan, memras sapi, dan memberi makan hewan-hewan. Dengan udaranya yang sejug cocok juga untuk berwisata keluarga

Jendela Alam berlokasi di Jl. Sersan Bajuri Km 4.5, Ledeng, Lembang, Bandung. Lokasi ini buka setiap hari Senin – Jumat: 09:00 – 16:00 dan untuk hari Sabtu , Minggu, Hari Besar/Libur: 08:00 – 16:30, Harga Tiket Masuknya pun cukup murah untuk weekdays hanya di kenakan tarif Rp. 8.000,- dan Rp. 10.000,- untuk weekend, cukup murah dengan pembelajaran pembelajaran kepada anak dan kita.

Museum Geologi

Museum Geologi bandung

Museum Gelogi adalah museum bangunan bersejarah yang sering di kunjungi para wisatawan atau di jadikan tempat study tour bagi anak-anak sekolah dikarenakan koleksi yang dimiliki Museum Geologi Bandung sangat berguna untuk pendidikan serta mempunyai nilai-nilai sejarah kehidupan dan pelestarian alam yang sangat mendidik dan memiliki nilai edukasi. Koleksi yang dimiliki oleh Museum Geologi Bandung yaitu bebatuan, fosil, dan mineral.

Di tempat ini pengunjung juga dapat mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar, cara mengolah energi, dan lain-lain. Museum ini dibagi menjadi 2 lantai dengan fungsi dan koleksi yang berbeda-beda pada setiap lantai dan ruangannya.

Museum ini sangat dilindungi dan dirawat oleh pemerintah, dibangun pada tanggal 16 Mei 1928 dan sempat direnovasi dengan dana bantuan dari Jepang sehingga saat ini tetap dalam kondiri baik. Setelah renovasi, Museum Geologi Bandung dibuka kembali oleh Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Untuk masuk ke museum geologi ini cukup membayar Rp. 2.000,- Rupiah untuk pelajar, Rp. 3.000,- Rupiah untuk wisatawan lokal, dan Rp. 10.000,- Rupiah untuk wisatawan asing, museum ini buka dari jam 09:00 – 15:30 pada hari Senin sampai Kamis, dan jam 09:00 – 13:30 pada hari Sabtu dan Minggu, museum ini tutup setiap hari Jum’at dan hari libur nasional.

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung memiliki 45 spesies kupu-kupu. Spesies yang paling besara adalah spesies raja. Inonesia merupakan negara kedua setelah Brazil yang mempunyai Kupu-Kupu yang paling indah di dunia. Berawal dari telur yang ukurannya 3 mm, yang berubah menjadi hewan yang bernama ulat. Dengan terjadinya fase ulat, hanya makan yang terjadi pada fase ini sampai terjadi fase kepongpong. Setelah fase kepongpong ini akan berubah menjadi kupu-kupu dewasa (imago).

Taman Kupu-Kupu Cihanjuan Bandung berada di Jalan Cihanjuang KM 3,3 No. 58 Desa Cibaligo, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Taman Kupu-Kupu ini didirikan tahun 2009, luas keseluruhan Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung mencapai 1,7 ha. Taman Kupu-Kupu buka dari jam 08:00 – 17:00, buka setiap hari. Hari senin sampai hari Jumat biasanya banyak pelajar yang berkunjung untuk mengetahui bagai mana proses menjadi kupu-kupu.

Untuk masuk ke taman ini anda cukup membayar tiket seharga Rp. 10.000,-. Tiket yang kita punya selain untuk masuk mengunjungi taman, tiket juga dapat ditukar untuk peminjaman topi yang digunakan untuk berkeliling taman, melakukan pelestarian kupu-kupu merupakan tujuan utama didirikannya Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung. Selain itu taman ini bisa menambah pengetahuannya mengenai kupu-kupu yang ada di dunia. Fasilitasnya pun cukup lengkap dengan adanya arena outbond untuk anak-anak dan remaja, tempat makan dan satu lagi yaitu outlet yang menjual berbagai souvenir kupu-kupu. Souvenir dari taman Kupu-Kupu ini bisa di buat sendiri oleh kita. Selain itu fasilitas yang tersedia antara lain gedung serbaguna yang biasa digunakan untuk pertemuan yang digunakan untuk pembelajaran.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung ini sudah di kenal dari jaman dahulu, Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang, Khususnya bagi anak-anak Kebun Binatang ini menjadi sarana edukasi yang mungkin anak-anak belum tau banyak tentang hewan. Tak hanya untuk sarana edukasi untuk sekedar piknik bersama keluarga pun sangan nyaman tentunya, dengan di suguhkannya binatang-binatang dari berbagai macam spesies, berbagai macam hiburan kesenian tradisional, unta dan gajah tunggang, dan juga berbagai macam permainan anak-anak. Jadi selain berwisata, Anda akan mendapat nilai plus edukasi dengan mengunjungi tempat wisata kebun binatang bandung ini.

Kebun Binatang Bandung juga berfungsi sebagai tempat wahana flora dan fauna dikembangkan dan dilestarikan, berkomitmen menjaga serta melestarikan berbagai macam jenis satwa flora dan fauna dengan tujuan menjaga kekayaan alam. Tanaman yang tumbuh di area kebun selain berfungsi sebagai pelindung untuk satwa dari sengatan sinar matahari dan angin, juga melindungi tanah dari air hujan serta menjadi daerah yang berfungsi sebagai paru-paru kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, apalagi di akhir pekan dan hari hari libur lainnya tempat ini sangat penuh. Untuk ketempat ini cukup mudah untuk di akses, karna yang berletak bersebelahan dengan Kampus ITB tepatnya di Jl. Kebun Binatang No. 6, Tamansari. Kebun Binatang ini berada di atas lahan seluas 13,5 ha yang topografinya bergelombang dengan penggunaan 18,25% untuk areal perkandangan, 55,20% untuk pertamanan dan lesehan, 4,7% untuk taman ria dan kolam perahu, dan 2,4% untuk pengolahan sampah.

Budi Daya Ulat Sutra

Budi Daya Ulat Sutra wisata edukasi bandung

Wisata Budidaya Ulat Sutra ini kita dapat mengetahui bagaimana Budi daya Sutera, mulai dari penetasan, membuat benang sutera sampai dengan menenun kain sutera. Kita dapat belajar pengetahuan akan ulat sutera sekaligus memahami kebesaran Tuhan, bagaimana seekor ulat sutera dapat menghasilkan sebuah serat yang halus, panjang dan kuat sehingga dapat menjadi produk yang indah dan bernilai tinggi untuk dipakai. Bagi anak-anak dan masyarakat yang tumbuh besar di kota, pengetahuan bagaimana proses ulat sutera mengeluarkan serat adalah merupakan hal yang unik dan menarik serta menjadi pengalaman baru yang berharga. Hmm.. sebuah tempat wisata edukasi di bandung yang keren.

Budi daya ulat sutra ini terletak di Bandung Timur, Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik, Jl. Arcamanik Sindanglaya Km.4, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Selain melihat ulat sutra menjadi bedang tersebut, anak-anak bisa menangkap ikan di kolam air bersih, Belanja di Outlet aneka produk berbahan baku kepompong ulat sutera, mulai dari Kain Sutera hingga berbagai kerajinan Bunga Sutera yang terbuat dari Kepompong Ulat Sutera.

Jika Anda tertarik mengunjungi beberapa tempat wisata edukasi di bandung tersebut, Anda bisa menghubugi Gravity Adventure, atau boleh melihat-lihat paket wisata bandung murah.

Wisata Edukasi Bandung, Jangan Sampai Anda Lupakan