Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini
Tempat wisata di bandung yang wajib Anda kunjungi. Sudah tidak asing lagi dengan Kota Bandung yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini, Bandung di kenal dengan kota metropolitan terbesar dan menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa barat. Tidak sulit untuk menuju ke Bandung ini, untuk arah Jakarta Cukup memasuki Tol saja, dan untuk yang tidak memiliki kendaraan pribadi tidak usah kebingungan karena banyak sekali jasa travel yang arah ke Bandung ini.

Bandung Sangat terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat menarik, ada wisata kuliner, wisata belanja, wisata alam, maupun wisata kotanya. Berikut ulasan wisata wisata yang ada di bandung yang cukup populer di Bandung Selatan, Bandung Utara, Bandung Barat, Bandung Timur :

Tempat Wisata di Bandung Utara


1. Gunung Tangkuban Perahu
tempat wisata di bandung gunung tangkuban parahu
Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang terletak di daerah bandung utara tepatnya lembang, berjarak 20 KM di utara Kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu ini cukup unik karna bentuknya yang menyerupai perahu yang terbalik, sesuai dengan legendanya yang menceritakan sangkuriang yang gagal memenuhi persyaratan untuk menikahi ibunya sendiri kemudian menendang perahu yang menjadi persyaratanan tersebut. Tempat wisata di bandung Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat wisata pavorit bagi warga bandung atau pun bukan warga bandung sendiri.

2. Pemandian air panas ciater
tempat wisata di bandung Pemandian air panas ciater
Sama hal nya dengan Tangkuban Perahu, daerah Ciater memiliki udara yang sejuk, cenderung dingin, terletak persis bersebelahan dengan daerah Lembang, berada dalam wilayah administratif Kabupaten Subang. Jika Anda sedang berkendara menuju lokasi pemandian air Panas Ciater, Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah dengan melewati Perkebunan the disepanjang jalan arah Subang. Jarak antara Ciater dengan Kota Bandung hanyalah sekitar 32 km dan memakan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dan untuk dapat sampai ke tempat pemandian air panas Bandung yang satu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, jaraknya sekitar 15 km. Dari kawah Gunung Tangkuban Perahu, jarak ke Ciater hanya sekitar 7 km saja. Tempat wisata di bandung Pemandian Air Panas Ciater ini sangan ramai di kunjungi apalagi Weekend dan hari libur, karena bukan hanya tempat untuk berekreasi air panas ciater ini sangan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Sumber air Panas Ciater ini di dapat kan dari lereng Gunung Tangkuban Perahu.

3. Air Terjun Maribaya
tempat wisata di bandung Air Terjun Maribaya
Wisata air ini sangat ramai, apalagi saat weekend. Letaknya sebelah timur Lembang. Dari Lembang anda bisa mengambil jalan ke kanan sekitar 7 kilo maka Anda akan sampai ke wisata Maribaya. Tempat wisata di bandung Air Terjun Maribaya ini memiliki ketinggian 30m, dengan kedalaman air sekitar 10m, uniknya di Air terjun Maribaya ini di atas Air terjunnya ada jembatan untuk bias melintasinya dan melihat air terjun dari atas.

4. De’Ranch Lembang
tempat wisata di bandung De’Ranch Lembang
De’Ranch ini mempunyai keunggulan wisata berkudanya, di tempat wisata di bandung ini anda bisa menikmati wahana berkuda ala koboy, dan juga anda dapat belajar bagai mana anda memelihara dan menjaga kuda dengan baik, tak hanya menunggang kuda anda juga bisa naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan masih banyak lagi. Tersedia beragam paket serta bermacam-macam pilihan kegiatan yang dapat Anda tentukan bersama keluarga anda.

5. Dusun Bambu
6. Alam Jalur Alternatif Lembang – Dago
7. Arena Pemancingan Bonita – Lembang
8. Bumi Perkemahan – Cikole
9. Curug Cimahi – Cisarua
10. Curug Dago – Dago
11. Kebun Strawbery Parongpong
12. Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata – Lembang
13. Perkebunan Teh Subang - Jawa Barat
14. Situ Lembang – Lembang
15. Spirit Camp & Sahabat Alam - Jl. Sersan Bajuri
16. Taman Budaya Dago – Dago
17. Taman Bunga Parongpong
18. Taman Hutan Jaya Giri – Lembang
19. Taman Hutan Dago Pakar dan Gua Belanda/Jepang
20. Taman Bunga Cihideung - Jl. Sersan Bajuri
21. Teropong Bintang Bosscha – Lembang
22. Villa Istana Bunga - Cihideung Lembang
23. Kampung Gajah - Bandung Utara


Tempat Wisata di Bandung Selatan


1. Wisata Kawah Putih – Ciwidey
tempat wisata di bandung selatan kawah putih
Kawah Putih ini terletak di Kawasan Ranca Bali berjarak sekitar 44 Km dari Kota Bandung, Kawah ini merupakan kawah dengan tingkat keasaman belerangnya yang cukup tinggi sehingga menyebabkan permukaanya menjadi putih, uniknya di kawah ini airnya selalu berubah warna, kawah putih ini selalu di penuhi dengan pengunjuk yang sekedar ingin melihat keindahan kawah putih tersebut.

2. Situ Patengan – Ciwidey
tempat wisata di bandung selatan situ patengan ciwidey
Tidak Terlalu jauh dengan Kawah putih Situ Patengan ini sama hal nya dengan kawah putih yang menjadi rekomenden para wisatawan di saat berwisata ke daerah Bandung Selatan khususnya Ciwidey. Kita bisa berwisata perahu berkeliling danau, dan bisa berfoto bersama teman atau keluarga di batu cinta yang melegenda di tempat wisata di bandung selatan ini.

3. Kolam Renang Air Panas Cimanggu – Ciwidey
Kolam Renang Air Panas Cimanggu – Ciwidey
Masih Satu Arah dengan Kawah Putih, Air panas Cimanggu ini sangan cocok untuk anda yang ingin merileksasikan tubuh anda dari penatnya pekerjaan dan rutinitas anda, dan untuk anda yang membawa keluarga tidak usah khawatir karna di tempat ini terdapat fasilitas taman bermain untukn anak anak yang cukup banyak, dan tempat parkirnya pun cukup luas.

4. Pemandian Air Panas Ciwalini - Ciwidey
Pemandian Air Panas Ciwalini - Ciwidey - tempat wisata di bandung
Sumber air panas di daerah ciwidey cukup melimpah sehingga sama halnya dengan cimanggu, akan tetapi Pemandian Air Panas Ciwalini ini terletah di lingkungan perkebunan teh walini yang sejuk, dan tentu saja ciwalini memiliki air yang cukup jernih. Hmm.. sebuah tempat wisata di bandung yang sayang jika dilewatkan.

5. Bumi Perkemahan dan Penangkaran Rusa Ranca Upas
Sebuah komplek bumi perkemahan terletak di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut, dengan suhu udara rata-rata 18 derajat celcius, biasanya tempat ini di penuhi dengan kegiatan kegiatan berkemah dari sekolahan dll, dan tentu saja ada tempat penangkaran rusa yang menjadi daya tarik wisatawan.

6. Situ Cileunca – Pangalengan
situ cileunca pangalengan tempat wisata di bandung selatan
Situ cileunca ini terletak di Bandung selatan tepatnya di pangalengan, kadang orang beranggapan bahwa pangalengan itu sama jalurnya dengan ciwidey, alhasil para wisatawan banyak yang kebingungan tentang rutenya, silahkan baca artikel mengenai rute pangalengan. Situ Cileunya ini adalah Danau buatan yang di kelilingi dengan bukit bukit, dan perkebunan warga, air di danau situ cileunya ini berfungsi untuk pembakit tenaga listrik. Air danau ini di alirkan ke sungai palayangan, dan di sungai ini lah biasa di gunakan juga untuk berwisata berarum jeram/rafting yang sangat menantang adrenalin anda. Banyak yang menawarkan paket rafting di pangalengan bandung dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

7. Perkebunan Teh Malabar
perkebunan teh malabar-tempat wisata di bandung
Perkebunan teh Malabar sangat unik karena disini terdapat bangunan bangunan tua yang masih terawat dengan baik, seperti guest house, perumahan administrator perkebunan pada masa penjajahan dan terdapat makan K.A.R. BOSSCHA, silahkn baca sejarah bosscha yang melegenda. Perkebunan ini memiliki pemandangan yang mempesona dan udara nya yang sangat sejuk sekali, sangan cocok untuk ber olag raga tea walk, dan sedikit mengabadikan moment moment berada di perkebunan teh Malabar yang sangat luas.

8. Pemandian Air Panas Cibolang
Pemandian Air Panas Cibolang
Pemandian Air Panas Cibolang terletak di bawah kaki gunung wayang pada ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut (MDPL), sangan cocok sekali berwisata dengan keluarga anda, dengan fasilitas yang cukup memadai.

9. Kawah Kamojang - Paseh Jawa Barat
10. Jalan Mendaki ke Kawah Putih
11. Perkebunan Teh Rancabali – Ciwidey
12. Perkebunan Teh Gambung – Ciwidey
13. Perkebunan Sayur – Pangalengan
14. Situ Cipanunjang – Pangalengan
15. Soreang Jalur Utama Bandung – Ciwidey

Tempat Wisata di Bandung Barat


1. Gua Pawon - Jawa Barat
tempat wisata di bandung goa pawon
Gua Pawon ini berada di Gunung Masigit Padalarang berjarak 25 km ke arah barat kota bandung, sangat cocok untuk anda yang suka berwisata tempat tempat bersejarah, karan gua pawon ini dulunya pernah di temukan kerangka manusia purba, yang konon katanya nenek moyang orang sunda.

2. Gua Sang Hyang Tikoro - Jawa Barat
tempat wisata di bandung sang hyang tikoro
Sanghyang atau sangiang merupakan sebutan buat sungai dan gua yang dianggap suci untuk daerah setempat di sekitaran danau Saguling. Shangyang Tikoro berasal dari dua kata. Sanghyang artinya dewa, Tikoro dalam bahasa sunda adalah tenggorokan. Tenggorokan dewa yang dimaksud adalah Gua yang beraliran sungai bawah tanah. Gua Sanghyang Tikoro berbentuk goa karts setinggi sekitar 2,5 m dengan lebar sekitar 10 meter. Untuk sampai kesini, wargi bandung harus ke Bandung Bagian Barat. Lokasinya terletak diantara kecamatan rajamandala dan Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sanghyang tikoro bersebelahan dengan PLTA Saguling sekitar 17km dari pusat bendungan dan ada diwilayah turbin terakhir.

3. Situs Megalit Gunung Padang
Situs Gunung Padang adalah peninggalan megalitik terbesar di Asia Tenggara dengan luas bangunan purbakalanya sekitar 900 m² dan areal situsnya sekitar 3 Ha. Bangunan punden berundaknya berbahan bebatuan vulkanik alami dengan ukuran yang berbeda-beda.

4. Arung Jeram – Citarum
5. Waduk Ciburuy – Padalarang
6. Waduk/Bendungan Saguling - Jawa Barat
7. Alam Persawahan Padalarang – Cianjur
8. Lembah Cimeta Citarum Purba – Padalarang
9. Leuwi Opat Curug Tilu - Desa Cihanjuang Rahayu Parongpong
10. Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan – Padalarang
11. Perbukitan Karst/Kapur Citatah – Padalarang

Tempat Wisata di Bandung Timur

1. Saung Angklung Mang Udjo – Padasuka
Saung Angklung Udjo adalah sebuah tempat pertunjukan seni dan budaya yang bersifat edukatif. Dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo kita akan lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musiknya yang terbuat dari bambu. Sesuai dengan namanya, memfokuskan diri ke pelestarian budaya angklung yang sekarang ini sudah mulai dilupakan. Acara yang dapat dilihat di Saung Angklung Udjo adalah wayang golek, helaran, tari topeng, dan orkestra angklung. Setiap sore di Saung Angklung Udjo selalu diadakan pentas seni rutin. Sebuah tempat wisata pendidikan bagi anak di bandung yang wajib Anda kunjungi.

2. Situs Kerajaan Kendan – Nagrek
3. Situs Legenda Ciung Wanara – Karangkamulyan
4. Caringin Tilu - Pegunungan Manglayang
5. Curug Cinulang / Sindulang – Cicalengka
6. Oray Tapa - Pegunungan Manglayang
7. Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik
8. Warung Bandrek "Warban" Sekejolang – Ciburial

Membahas tempat wisata di bandung memang tidak akan pernah ada habisnya, anda bisa memilih tempat tempat yang anda sukai, apalagi menjelang libur panjang, atau weekend, tempat wisata di bandung sangan ramai di kunjungi oleh para wisatawan dari dalam dalam Bandung maupun luar daerah Bandung. Demikian sekilas referensi mengenai tempat wisata di bandung.