Wisata Alam Bandung Selatan, Jangan Sampai Anda Tidak Tahu Tempat Ini !

Seperti pada post sebelumnya mengenai beberapa tempat wisata di bandung, banyak sekali destinasi wisata di bandung yang wajib Anda kunjungi, termasuk beberapa tempat wisata alam di bandung selatan berikut ini.

Kawah Putih Ciwidey, pesona wisata alam di bandung selatan yang indah

Kawah Putih ini merupakan tempat wisata alam bandung selatan yang pastinya sudah banyak yang mengenalnya, pastinya Anda juga tahu. Kawah putih berada di Jl. Raya Soreang Ciwidey yang berjarak sekitar 25 km dari Kabupaten Bandung, terletak pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Kawah Putih Ciwidey Wisata Alam Bandung SelatanA

Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang, dan dimana belerang ini merupakan belerang tertinggi di dunia, di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.

Pesona yang di miliki Kawah Putih ini dapat menarik banyak wisatawan domestic maupun internasional, suhunya yang sangat dingin bahkan bisa mencapai 0-2 derajat celcius di musim musim tertentu, dan pada sore hari di kawasan ini biasanya akan turun kabut, kadang menyebabkan belerang menjadi sangat tinggi, sehingga kawasan ini kadang di tutup pada sore hari.

Situ Patengan, tempat wisata alam bandung selatan dengan sejarah unik

Situ Patengan terletah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Rute situ patengan tidak terlalu sulit, sama halnya seperti kita berwisata ke tempat wisata lainnya yang berada di kawasan ciwidey.

Situ Patengan Wisata alam bandung selatan

Situ patengan sangat popular sekali di kalangan para wisatawan, selain itu sejarahnya pun cukup unik, berawal dari sebuah legenda yang beredar di masyarakat Ciwidey yang hingga saat ini cerita tersebut masih melekat dan dikaitkan dengan nama dari situ atau danau tersebut (Patenggang /Patengan). Oleh karena itu, berawal dari sebuah legenda ini pula yang menjadi daya tarik para wisatawan. Secara sederhana, sejarah situ patenggang dimulai dari asal legenda asal mula nama situ ini.

Dan di situ ini terletak pulau kecil yang di namakan pulau Sasuka atau dalam bahasa Indonesia bernama Pulau Asmara. Yang konon katanya pada jaman dulu ada sepasang kekasih yang terpisah oleh jarak dan waktu, mereka terpisah akibat peperangan yang sangat lama. Karena perasaan dan kasih sayang yang begitu besar antara keduanya, akhirnya mereka berupaya untuk saling mencari, hingga pada suatu hari dipertemukan di sebuah batu besar. Batu tersebut dinamakan batu Cinta. Setelah pertemuan itu, wanita tersebut meminta pasangannya untuk dibuatkan sebuah danau dimana terdapat pulau kecil di tengahnya. Karena cinta pria itu yang sangat mendalam, akhirnya ia mengabulkan permintaan wanita tersebut.

Dan mitos nya apabila anda datanglah ke batu cinta dan mengelilingi pulau pulau asmara dengan pasangan anda maka hubungan anda dengan pasangan anda akan langgeng. Itu lah yang menjadi daya tarik Situ Patengan ini, dan apabila anda mengunjungi Situ Patengan tidak lengkap apabila tidak mengunjungi Batu Cinta.

Bumi Perkemahan Ranca Upas dan Penangkaran Rusa

Sebuah komplek bumi perkemahan terletak di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut, dengan suhu udara rata-rata 18 derajat celcius. biasanya tempat ini di penuhi dengan kegiatan kegiatan berkemah dari sekolahan dll, dan tentu saja ada tempat penangkaran rusa yang menjadi daya tarik wisatawan.

Bumi Perkemahan Ranca Upas dan Penangkaran Rusa

Bumi Perkemahan Ranca Upas beralamat di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Bumi Perkemahan Ranca Upas berdiri di bawah naungan Perusahaan Hutan Indonesia (PERHUTANI), sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sebagai salah tempat wisata Bandung bagian selatan, Ranca Upas tidak hanya menawarkan sebuah lokasi perkemahan seperti bumi perkemahan pada umumnya. Banyak layanan wisata yang ditawarkan dengan beragam fasilitas, serta aktifitas menarik, seperti hal misalnya, kolam renang air panas, kolam renang Waterboom, outbound gathering, penangkaran rusa.

Wisata Arum Jeram Palayangan, uji adrenalin Anda di sini!

Sungai Palayangan adalah Sungai yang berasal dari Danau Situ Cileunca dan berakhir di Hutan Pinus Rahong ini berada pada ketinggian 1200 Mdpl dengan suhu antara 18-26 derajat C, yang terletak di Cileunca Desa Wanasari Kec. Pangalengan, sekitar 45 Km dari Kota Bandung ke arah selatan. Sungai ini cukup populer karna jeram nya yang beragam Sungai Palayangan tergolong pada sungai dengan tingkat kesulitan Class III – IV (pada tingkat kesulitan I – IV), dengan lintasan pengarungan sepanjang 5 km dan gradien 30-60 derajat, kegiatan arung jeram di Sungai Palayangan mampu memberikan tantangan yang menjanjikan. Baca juga, grade Sungai Palayangan yang bisa memicu adrenalin Anda.

 Wisata Arum Jeram Palayangan

Dan bagi anda yang suka tantangan dan ingin menguji adrenalin di tempat wisata arung jeram palayangan, sungai ini adalah tempat yang cocok sekali bagi anda yang menyukai olahraga ekstrim seperti arum jeram, atau pun anda yang belum pernah pun bisa mencobanya, dengan menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya di sepanjang aliran sungai palayangan.

Sungai palayangan ini setiap tahunnya memiliki debit air yang cukup stabil, sekaligus juga digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. sehingga berbagai musim pun anda tetap bisa berarum jeram di sungai ini. Anda bisa mendapatkan paket rafting bandung terbaik di sini.

Situ Cileunca, nikmati juga jembata cintaya...

Situ Cileunca adalah danau buatan yang awalnya dibuat hanya untuk memenuhi kebutuhan perairan warga setempat dan berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA), seiring berjalan waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karna menyajikan panorama alam yang luar biasa indahnya karena dilengkapi dengan background pegunungan dan perbukitan alami yang sangat indah. Di sekitar situ terdapat camping ground, untuk yang ingin kemping disini. Situ Cileunca juga dilengkapi dengan perkebunan arbei dan stroberi. Selain itu kini objek wisata ini disambungkan dengan sungai palayangan yang akhirnya membuka juga fasilitas flying fox dan arum jeram.

Situ Cileunca Wisata Alam Bandung Selatan

Satu lagi yang membuat menarik Situ Cileunca adalah keberadaan Jembatan Cinta.. Disebut Jembatan Cinta karena setiap sore banyak pasangan yang berpacaran di Jembatan Cinta. Belum lagi karna Jembatan Cinta menghubungkan dua desa, jadi banyak pasangan dari dua desa itu terpisahkan dan akhirnya bertemu di Jembatan Cinta.

Situ Cisanti, wisata alam bandung selatan yang disebut juga sebagai nadinya Jawa Barat

Ini juga Situ lainnya yang menarik untuk dikunjungi di kawasan wisata alam bandung selatan, selain Situ Cileunca. Situ Cisanti adalah sebuah danau yang terletak di tengah hutan eucaliptus dan situ ini terletak cukup tinggi dari permukaan laut , Situ Cisanti terletak di kaki Gunung Wayang sekitar 60 kilometer sebelah selatan Kota Bandung dan dapat ditempuh oleh kendaraan roda dua atau roda empat sekitar 2-3 jam. Situ Cisanti berlokasi di Kampung Pejaten Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Situ Cisanti Wisata Alam Bandung Selatan

Untuk mencapai lokasi bisa diakses melalui dua cara. Pertama melalui kawasan Pangalengan dengan sebelumnya menyusuri perkebunan teh Malabar, rute kedua adalah melalui jalur Pacet – Cibeureum dan selanjutnya Kertasari. Bisa dibilang melalui rute kedua ini jalanan akan sedikit menanjak dan berputar, namun jalanan pada rute kedua ini lebih baik dan mulus dibandingkan dengan rute pertama.

Banyak yang bilang bahwa Situ Cisanti bagaikan sebuah “nadi Jawa Barat” karena Situ Cisanti inilah yang menjadi hulu dari Sungai Citarum, sungai terbesar dan terlebar di Jawa Barat yang memiliki panjang sekitar 269 Km dan membelah 12 Kabupaten dan kota. Situ Cisanti ini merupakan pertemuan dari 7 mata air yang ada disana. Diantaranya adalah mata air Cikahuripan (Pangsiraman), mata air Cihaniwung, mata air Mastaka Citarum, mata air Cisadane, mata air Cikoleberes, mata air Cikawedukan dan terakhir mata air Cisanti.

Situ Cisanti Wisata Alam Bandung Selatan

Ditempat ini anda bisa berkemah bersama rekan-rekan atau keluarga anda, dengan pemandangan gunung wayang yang di penuhi pepohonan, dan juga situnya itu sendiri, dan untuk anda yang hobi memancing pun bisa di lakukan disini karna banyak sekali pemancing ikan disini.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa Anda jadikan referensi jika sedang mencari tempat wisata alam bandung selatan.