Eksplorasi Kece Kawah Putih Ciwidey: Dingin-dingin Asik di Atas Gunung

Eksplorasi Kece Kawah Putih Ciwidey: Dingin-dingin Asik di Atas Gunung

Siapa yang bilang liburan di daerah pegunungan itu cuma buat yang suka kedinginan? 

Dateng aja ke Kawah Putih Ciwidey di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan aku jamin, kaka bakal ngerasa dingin-dingin asik! 

Nah, ngomong-ngomong tentang dingin, ini bukan soal baju tebel atau jaket korea, tapi soal suasana danau di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut yang bakal bikin bulu kudukmu berdiri.

kawah putih ciwidey

Sejarah Dibalik Kawah Putih

Pertama-tama, kita masukin nih ke belakang kisah sejarahnya. 

Kawah Putih ini bermula dari letusan Gunung Patuha pada zaman batu (eh, enggak juga sih, pada abad X dan XII). 

Pada waktu itu, letusan gunung membentuk kawah besar yang sekarang kita tahu sebagai Kawah Putih. 

Sayangnya, keindahan itu dulu nggak diketahui oleh masyarakat setempat, malah ada yang bilang tempat itu angker dan burung yang lewat bakal mati. 

Ternyata, katanya di puncak gunung ada tujuh makam leluhur yang namanya semuanya diawali dengan eyang. Jadi ya, wajar aja kalo dulu banyak yang nyebut kawasan ini angker.

kawah putih ciwidey bandung

Nah, terus muncul Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, orang Belanda keturunan Jerman yang punya semangat petualang tinggi. 

Dia datang ke daerah Ciwidey tahun 1837 dan ternyata terkesan sama gunung yang sepi dan sunyi ini. 

Katanya sih dulu waktu dia kesana, enggak ada satu ekor burung pun yang terbang di atasnya. 

Ngilernya, dia penasaran dan akhirnya nekat nembus hutan buat nyelamatin dunia dari misteri ini.

Sampai di puncak, Franz terkejut bukan main. 

Dia nemu danau yang indah banget, airnya hijau kebiruan, plus ada semburan lava yang bikin kagum. 

Bau belerang juga mulai nyusup ke hidungnya. 

Sejak saat itu, Kawah Putih jadi terkenal dan menjadi destinasi wisata favorit di Bandung.

Oke, selanjutnya, gimana sih caranya ke Kawah Putih? 

Lokasinya sekitar 50 km dari Kota Bandung. 

Begitu masuk ke kawasan, kaka bakal disuguhin pemandangan yang enggak bisa dipikirin logikanya. 

Mulai dari tanah putih, air danau yang bisa berubah warna (hijau, putih, coklat, bergantung pada mood sulfur dan oksigen), sampe suasana pegunungan yang keren abis.

Kalau mau ke sini, ada ontang-anting yang siap ngangkut kaka ke kawasan Kawah Putih. 

Jadi, kendaraan ini jadi penghubung dari gerbang masuk ke tempat tujuan kita.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih

Nah, kalo soal harga tiketnya, jangan khawatir. Untuk warga lokal, tiketnya cuma Rp 27 ribu, buat turis mancanegara Rp 88 ribu. Buat yang naik ontang-anting, tambah Rp 27 ribu. Hemat ya!

Jadi, itulah cerita tentang Kawah Putih Ciwidey yang sejuk, indah, dan nggak ada duanya. Selamat menjelajah!

Nginep di De Bloem Villa: Staycation Seru Abis Sebelum ke Kawah Putih!

Bro, sist, teman-teman yang lagi sibuk cari tempat asik buat nginep sebelum ke Kawah Putih Ciwidey, nih aku kasih saran yang enggak boleh dilewatin: De Bloem Villa! Kalo kata mereka yang udah pernah nginep di sini, ini beneran tempat staycation seru abis.

Pertama-tama, De Bloem Villa ini enggak jauh dari Kawah Putih. Jaraknya cuman satu jam setengahan doang dari sana. Jadi, kalo abis lelah jalan-jalan di kawah yang cantik itu, langsung cabut aja ke villa ini buat nyantai.


Ngomong-ngomong soal suasana, De Bloem Villa ini punya taman yang gokil. Ada bunga-bunga yang warnanya bikin mata segar, plus kursi-kursi di taman yang pas buat ngobrol-ngobrol sambil minum kopi. Gue sih paling suka nyantai di situ, bawaan stress langsung ilang!


Eh, tapi yang paling hits dari villa ini adalah kolam renangnya. Bersih, dan view-nya keren banget. Enggak jarang, orang-orang langsung nyemplung ke kolam begitu sampe sini. Apalagi kalo malem, suasana di kolam renangnya bener-bener ngebuat hati adem.

Jadi, buat yang lagi nyari tempat nginep yang asik sebelum eksplor Kawah Putih, De Bloem Villa ini pilihan yang enggak bakal ngecewain. Tempatnya nyaman, suasana romantis, dan tidak begitu jauh  sama destinasi hits di Ciwidey dan Pangalengan, seperti Taman Langit, Nimo, dll. Jadi, buruan booking kamar, bro! Biar liburanmu makin seru dan berkesan.

 

Postingan Terbaru

rafting situ cileunca pangalengan gravity adventure