Arung Jeram untuk Anak. Dari Lokasi Sampai Fasilitasnya

Arung Jeram untuk Anak. Dari Lokasi Sampai Fasilitasnya

Arung Jeram biasanya dilakukan oleh orang dewasa karena olahraga ini cukup berbahaya dan sangat menantang.

Namun ini bukan berarti anak-anak tidak diperbolehkan arung jeram, ada juga beberapa tempat atau sungai yang cocok digunakan untuk rafting anak-anak. Sungai ini bisa menjawab keinginan para orang tua yang ingin melakukan arung jeram bersama dengan anak-anak mereka.

Arung Jeram untuk Anak-Anak

Bagi Anda yang ingin arung jeram bersama dengan anak, Anda bisa melakukannya di Bali. Di Bali ada beberapa sungai yang bisa Anda gunakan untuk arung jeram bersama anak tanpa khawatir.

Sungai tersebut adalah sungai Ayung Ubud dan sungai Telaga Waja, kedua sungai ini cocok sekali untuk aktivitas arung jeram bersama anak-anak.

Baca juga, harg rafting Pangalengan terbaru

Namun tetap ada batasan umur untuk anak yang ingin arung jeram di sungai ini, berikut adalah informasi lengkapnya.

1. Sungai Telaga Waja (Anak 9 Tahun ke Atas)

Sungai telga mempunyai kesulitas dengan grade II-IV, selain itu peserta yang mengikuti kegiatan rafting di sungai ini juga cukup lama yaitu 2,5 jam.

Sungai telaga waja
Sungai Telaga Waja (krjogja.com)

Dengan durasi arung jeram yang cukup lama yaitu 2,5 jam dan tingkat kesulitas II-IV, sungai Telaga Waja ini lebih menantang dan membutuhkan tenaga ekstra.

Karena itulah banyak operator dari Telaga Waja mengharuskan peserta yang mengikuti arung jeram minimal harus berusia 9 tahun.

Untuk mengakses lobby yang menuju ke area pinggir sungai atau dari sungai ke finish point terdapat sedikit tangga. Jika Anda ingin rafting tanpa harus menaiki dan menuruni tangga maka pilihan terbaik untuk rafting ada di sungai Telaga Waja Karangasem.

Jika Anda mempunyai anak dengan umur minimal 7  tahun dan ingin rafting di sungai Telaga Waja, maka satu-satunya cara adalah dengan memilih operator rafting Sobek Rafting Telaga yang keamanannya lebih terjamin.

2. Sungai Ayung Ubud (Anak 5-8 Tahun)

Jika anak Anda berumur kurang dari 9 tahun, Anda bisa mencoba rafting di sungai Ayung Ubud ini. Sungai ini memiliki batasan peserta untuk anak umur 5 sampai dengan 8 tahun, jadi jika anak Anda berumur sekitar itu bisa coba arung jeram di sungai ini.

Rafting Sungai Ayung Ubud
Rafting Sungai Ayung Ubud (balipakettour.com)

Tingkat kesulitan sungai ini ada pada kelas II-III dengan jeram kecil dan durasi rafting selama 1,5 jam.

Ketika rafting di sungai Ayung Ubud ini Anda bisa melihat pemandangan sawah, air terjun, dan ukiran relief di dinding sungai yang indah. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua operator rafting di sungai Ayung Ubud ini menerima peserta dengan umur 5-8 tahun.

Berikut ini adalah operator rafting yang menerima peserta arung jeram dengan umur 5-8 tahun:

1. Sobek Rafting Ubud, operator rafting Sobek di Ubud yang memperbolehkan anak dengan umur minimal 7 tahun ikut rafting di Bali

2. Mason Adventure Rafting Ubud, operator yang menerima peserta rafting anak-anak dengan minimal umur 5 tahun.

3. Gravity Adventure, rafting di sini bisa usia minimal 3 tahun. Rafting ini lokasinya di Bandung, tepatnya rafting di Pangalengan.

arung jeram anak gravity adventure


Tonton Keseruan Mereka Saat Rafting!

KLIK DI SINI SEKARANG JUGA

Demikianlah informasi tentang arung jeram untuk anak, semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda mengetahui sungai-sungai untuk rafting bersama anak.


Rafting Pangalengan Bandung Gravity Adventure