8 TIPS AMAN ARUNG JERAM BAGI PEMULA DI PANGALENGAN

Arung Jeram yaitu aktivitas outbound alam terbuka untuk dinikmati dengan cara yang mengasyikkan dan menyenangkan.

Mungkin perlu diketahui oleh orang-orang bahwa Arung Jeram saat ini tidak cuma untuk pakar arung Jeram saja, olah raga popular ini saat ini sudah masuk pada level orang-orang manapun, baik tua ataupun muda, di mana kekuatan serta tingkat pengalaman jadi tidak demikian punya pengaruh.

Yups, Arung Jeram memanglah mengasyikkan! Apabila kita dengan jeli menuruti ketentuan Keselamatan, hal tersebut dapat lebih mengasyikkan lagi.

Berikut kami share 9 tips aman arung jeram yang bermnfaat bagi siapapun, bahkan para pemula harus mengetahui cara-cara ini. Aturan Keselamatan ini bisa membantu Anda dalam menikmati Pengalaman mengarungi jeram-jeram yang mengagumkan ini :

TIPS AMAN ARUNG JERAM BAGI PEMULA DI PANGALENGAN

1. Dengarkan Safety Talk

Pemandu Anda akan memberikan pengarahan dengan mengemukakan banyak hal yang penting sebelum Anda melakukan pengarungan. Cobalah untuk mengikuti semua penjelasan dengan baik serta bertanyalah bila ada hal yg tidak dipahami. Pemandu Gravity-Adventure.com mempunyai sertifikat River Guide dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) serta memiliki pengalaman mengatasi semua tipe kondisi yang dihadapi waktu di Sungai Palayangan.

Baca juga:
Prosedur rafting yang aman bagi pemula
3 Tips rafting di pangalengan yang harus Anda tahu

2. Memakai Baju yang Nyaman

Sungai Palayangan mempunyai Air yang dingin karna letaknya yang ada pada ketinggian 1550 Mdpl. Air yang dingin bisa buat suhu badan turun dengan mencolok. Manfaatkanlah baju sintetis atau yang gampang kering supaya pengarungan jauh tambah nyaman serta sangat mungkin Anda nikmati sensasi tanpa kedinginan. Hipotermia memang tidak mengasyikkan.

3. Menggunakan Jaket Pelampung

Walau Anda telah menggunakan Jaket Pelampung, bukanlah Anda telah dinyatakan Aman. Pelampung mesti digunakan dengan benar, semuanya Gesper atau Tali Pengencang mesti dipasang dengan tepat pada badan Anda. Ukuran Pelampung yang nyaman dipakai yaitu Anda dapat bernapas dengan leluasa serta Pelampung tidak terlepas saat ditarik dari atas kepala Anda. Bicarakan ke Pemandu untuk meyakinkan kalau penggunaan Pelampung Anda telah prima.

Baca juga: Cara bermain rafting yang aman dan bagaimana melakukan persiapannya

4. Gunakan Helm

Tips aman arung jeram yang keempat yaitu, senantiasa gunakan helm. Serendah apa pun tingkat Jeram di tiap-tiap Sungai, Helm mesti senantiasa digunakan untuk melindungi keselamatan kepala dari bentrokan apa pun yang mungkin berlangsung. Anda akan tidak membiarkan anak-anak Anda mengendarai sepeda motor tanpa memakai Helm kan? Yups, begitu halnya Arung Jeram! Manfaatkanlah Helm senyaman mungkin saja.

5. Memakai Dayung dengan Benar

Memegang dayung mesti dilakukan dengan cara yang benar, ya. Memegang dayung degan cara yang benar bisa meningkatkan keamanan dalam pengarungan. Langkah memegangnya yaitu satu tangan menggenggam sisi bawah gagang dengan jarak lebih kurang satu jengkal dari bilah Dayung serta tangan yang satunya ada di ujung atas di bagian pegangan T (T-Grip). T-Grip digenggam dengan 4 jari dari atas, sesaat jari jempol menjepit sisi T-Grip dari bawah. Lewat cara memegang begini Anda juga akan tambah lebih gampang mengatur Dayung, serta yang harus diingat T-Grip terbuat dari plastik keras yang bila tidak benar menggenggamnya mungkin menghantam serta melukai muka rekan disamping Anda. Pemandu Gravity Adventure akan mengajarkan hal ini kepada Anda.

6. Apa yang perlu dikerjakan bila Terjatuh dari Perahu?

Satu menit Anda ada di Perahu serta menit selanjutnya mungkin Anda tengah berenang di sampingnya, kondisi ini dapat berlangsung ketika Perahu melalui Jeram-jeram yang lumayan Ekstrim yang bisa buat Anda terjatuh dari Perahu. Umumnya sebelumnya Anda melalui jeram-jeram itu Pemandu juga akan berteriak “Boom! ” apabila Anda mendengarnya, cepatlah bersiap dengan tempat Dayung 45 derajat melintang di atas paha kaki Anda serta T-Grip tetaplah terpegang. Sesudah melalui Jeram, kembalilah ke tempat duduk Anda serta bersiap-siaplah untuk mendayung. Bila Anda terjatuh dari Perahu, yang pertama harus Anda ingat adalah JANGAN PANIK! Carilah Perahu anda, umumnya saat seorang terjatuh dari Perahu mereka juga akan keluar pas di samping Perahu itu, raihlah supaya Anda tidak tenggelam. Bila Anda beberapa mtr. dari Perahu, berenanglah ke Perahu atau cari pilihan penyelamatan yang lain, seperti Tali Pengaman yang dibuang oleh Tim Rescue atau berenang ke pinggir Sungai. Pemandu Anda juga akan mengulas ini dengan begitu detil sepanjang Safety Talk sebelumnya pengarungan.

TIPS AMAN ARUNG JERAM BAGI PEMULA DI PANGALENGAN


7. Ketahui Tehnik Berenang di Sungai

Ada dua tehnik berenang di Sungai Palayangan, yang pertama yaitu Defensive Swim Position yaitu berenang ikuti Arus dari hulu ke hilir dengan tempat tubuh kemampuanng, kepala terangkat supaya dapat lihat kemana Anda pergi, tempat tangan terbuka keluar supaya dapat mengayuh mengatur arah berenang serta kaki rapat dengan lutut agak bengkok yang berperan jadi peredam kejut serta bisa lakukan tolakan saat bersentuhan dengan batu. Yang ke-2 yaitu tempat berenang biasanya atau Offensive Swim Position, kerjakanlah secara cepat sampai ke pinggir Sungai, cermati arus air, bebatuan serta janganlah sekali-kali berdiri di dalam arus yang bergerak untuk menghindar kondisi yang dimaksud Foot Entrapment, di mana kaki anda terjepit dibebatuan atau akar yang ada didasar sungai.

8. Janganlah Panik

Cemas hanya menghabiskan waktu saja. Nikmati pengarungan dengan ceria dan rasa senang.

9. Berdoa

Aspek penting yang tidak dapat ditinggalkan. Berdoa, dimuka di dalam serta diakhir rafting, selalulah berdoa. Tidak cuma berdoa untuk memohon keselamatan, juga berdoa agar diberi beragam manfaat dari rafting/arung jeram yang dilaksanakan. Tentu mengasyikkan!

Demikian semoga bermanfaat share mengenai 9 tips aman arung jeram bagi pemula ataupun yang sudah mahir semoga teringatkan kembali.

Oya, jika Anda berminat untuk berarung jeram di Sungai Palayangan Pangalengan Bandung Selatan, silahkan bisa melihat paket dan harganya KLIK DI SINI.