Yuk Berwisata ke Saung Angklung Mang Udjo di Bandung

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini
Angklung yaitu alat musik tradisional sebagai kebanggan warga Jawa Barat, yang jadikan Saung Angklung Udjo satu diantara obyek wisata di Bandung dengan sarana pusat budaya khas alat musik kesenian tradisional yang khusunya alat musik angklung, manjadi salah satu wisata edukasi di bandung.

Berikut ini informasi singkat tentang saung angklung udjo yang wajib para traveler tahu.

Alamat lengkap Saung Angklung Udjo bandung

Untuk menuju Saung Angklung Udjo ada di samping timur kota Bandung lebih tepatnya alamat saung angklung udjo berada di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192, Indonesia.

Alamat lengkap Saung Angklung Udjo bandung

Untuk lebih jelasnya sampai ke alamat Saung Angklung Udjo, Anda bisa melihat peta pada sara menuju ke Saung Angklung Udjo berikut.

Cara menuju ke Saung Angklung Udjo

Cara menuju ke saung angklung udjo sangat mudah ditempuh baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Buat anda yang memakai kendaraan Umum, jika anda turun di terminal Leuwipanjang, Stasion Kereta atau Bandara Husein Sastranegara, selanjutnya anda cukup mengambil rute angkutan umum menuju terminal Cicaheum,

Selepas turun angkutan umum/angkot/taksi, anda dapat jalan kaki atau juga bisa ngojek untuk menuju persis ke tempat wisata Saung Angklung Udjo karna jaraknya tak demikian jauh dari terminal cicaheum. Bilang saja pada tukang ojeknya, "mau ke Saung Angklung Udjo".

Atau jika masih bingung silahkan tanyakan saja ke masyarakat setempat, dengan senang hati mereka akan membantu Anda dengan cara menunjukkan lokasi Saung Angklung Udjo.


Bila anda bertandang ke Saung Angklung Udjo memakai kendaraan pribadi, anda dapat menuju ke Flyover Pasupati dan terus lurus sampai Jalan Padasuka disitu akan terdapat plang bertuliskan "SAUNG ANGKLUNG UDJO".

Atau bagi Anda yang tidak ingin direpotkan dengan kesampaian daerah dan lain sebagainya, Anda bisa melakukan paket perjalanan wisata saung angklung mang udjo bersama Gravity Adventure saja.

Sejarah berdirinya Saung Angklung Udjo

Sejarah berdirinya sebuah nama Saung Angklung Udjo bermula dari pendirinya yang bernama Udjo dengan istrinya yang berkemauan mau menjaga alat untuk bermain musik tradisional yang terutama angklung ini dan didedikasikan sebagai satu diantara tempat cagar budaya sunda di Jawa Barat.

Sejarah berdirinya Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo ini jadi pusat kesenian tradisional angklung yang menghadirkan berbagai atraksi pagelaran memainkan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, ditunjukkan pula dengan cara membuatnya dalam satu lokasi wisata, pastinya hal semacam ini bikin daya tarik untuk wisatawan domestic ataupun mancanegara untuk turut lihat sistem pembuatan angklung serta pagelaran keseniannya.

Jadwal pertunjukan saung angklung udjo

Saung Angklung udjo senantiasa menghadirkan pagelaran musik Angklung, dimainkan oleh anak-anak didik Saung Angklung Mang Udjo yang masihlah muda, umumnya dibawah 10 th., tetapi mempunyai ketrampilan yang begitu mengagumkan serta tentunya hal ini akan membuat anda takjub melihatnya.

Untuk jadwal pertunjukan saung angklung udjo setiap hari yang terbagi waktunya menjadi pagi, siang, sore, dan malam.

Jadwal pertunjukan di saung angklung udjo

Jadwal pertunjukan saung angklung udjo pagi akan dimulai setiap jam 10.00 - 11.30 WIB, Siang jam 13.00 - 4.30, sore (reguler) setiap pukul 15.30 -17.00 WIB, sedangkan pada malam hari pertunjukan akan digelar pada pukul 18.00 -20.00 WIB.

Anda bebas mau menonton pertunjukan pada jam berapa.

Arumba, kombinasi pada musik tradisional khas sunda angklung menemani tarian khas sunda, jadikan suatu ritme musik yang begitu merdu serta indah.

Dalam pertunjukan ini Anda bisa menyakikan beberapa gelaran kesenian sunda, seperti:

Wayang Golek, kesenian asli urang sunda yang populer dengan si Cepot serta Dewala ini, bakal disuguhi sepanjang 10-15 menit pada anda dengan rencana narasi rakyat yang lucu serta anda bakal tertawa senang disini.

Helaran, yaitu Ritual syukuran kebiasaan khas budaya sunda. Tarian Sunda seperti Jaipongan.

Untuk melihat beberapa video pagelaran Saung Angklung Mang Udjo anda bisa lihat di youtube

Misalnya salah satu performance interactive saung angklung berikut.


Dan pertunjukan pagelaran seni di Saung Angklung Udjo yang mungkin saja paling terkesan serta menantang yaitu, saat anda serta pengunjung yang lain di ajak untuk ditantang memegang dan juga  memainkan alat musik tradisonal Angklung.

Setiap pengunjung diberikan 1 buah angklung, serta diberikan pekerjaan untuk memainkan satu buah suara yang nanti bakal dimainkan serta digabungkan dengan cara serempak dengan semua pengunjung yang sudah di beri arahan untuk memainkan nada-nya dengan cara berbarengan.

Pertunjukan ini akan dipimpin oleh dirigen yang berdiri di dalam panggung pertunjukan, serta saat anda bersama memainkan dengan pengunjng lainnya dengan memahami tugasnya masing-masing, Ini adalah pengalaman yang luarbiasa, Anda akan merasakan sensasi laksana seorang pemain angklung sungguhan orchestra tradisonal. Semuanya adalah sebuah pengalaman yang tidak pernah dapat dilupakan.

Fasilitas saung angklung udjo

Fasilitas saung angklung udjo apa saja ya? Di tempat wisata edukasi ini Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas yang bisa menambah wawasan. Intinya fasilitas di Saung Angklung Udjo ini akan memenuhi ekspetasi Anda.

Fasilitas saung angklung udjo bale karesemen

Bale Karesemen

Bale Karesemen merupakan tempat untuk pertunjukan seni. Di sini terdapat panggung yang digunakan untuk karawistan serta banyak kursi yang terbuat dari kayu.

Buruan Sari Asih

Tempat untuk bersantai, bisa sambil menikmati suasana khas Sunda.

Pusat Produksi Angklung

tempat ini untuk melihat dan belajar bagaimana caranya membuat angklung yang baik.

Sentra Penyuluhan Kehutanan

Unit kegiatan ini bekerja sama dengan departemen kehutanan. Di sini Anda dapat mengetahuibetapa pentingnya untuk memelihara pohon, karena semuanya memiliki kontribusi pada lingkungan.

Saung dan dapur Udjo

Tempat untuk bersantai, berkumpul, dan menikmati suasana khas Sunda. Di tempat ini Anda  dapat menikmati makanan khas Sunda dengan harga yang murah-murah dan memiliki rasa yang enak.

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo Senin – Jum’at = Rp. 60. 000, - serta untuk Sabtu – Minggu = Rp. 75. 000, -. Untuk harga ticket masuk itu telah termasuk juga Welcome Drink dan melihat beragam pagelaran seni budaya tradisional sunda juga pagelaran alat musik tradisional spektakuler Angklung sepanjang 2 jam. Selanjutnya bisa dilihat di wikipeda.