Kebun Binatang Bandung: Melihat Keajaiban Flora dan Fauna di Tengah Kota

Kebun Binatang Bandung: Melihat Keajaiban Flora dan Fauna di Tengah Kota

Kebun Binatang Bandung, yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, adalah salah satu objek wisata alam yang menakjubkan. 

Kebun Binatang Bandung
 

Dikenal dengan sebutan "Kebun Binatang Bandung," tempat ini adalah surga bagi pecinta alam dan satwa liar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah, koleksi, fasilitas, dan peran penting kebun binatang ini dalam masyarakat. Mari kita mulai!

Sejarah yang Kaya

Sejarah Kebun Binatang Bandung dimulai pada tahun 1930, ketika tempat ini pertama kali didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP)

Pendiriannya disahkan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada 12 April 1933. Awalnya, kebun binatang ini dikenal dengan nama "Derenten," yang dalam Bahasa Sunda berarti kebun binatang. 

Kebun Binatang Bandung telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, dan sekarang menjadi salah satu tujuan wisata terkemuka di kota ini.

Pada tahun 1956, atas inisiatif Raden Ema Bratakusumah, Bandung Zoological Park berganti nama menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957.

Sejak itu, yayasan ini telah berkomitmen untuk melestarikan dan melindungi satwa liar serta memberikan pengalaman edukatif kepada pengunjung. [wikipedia]

Koleksi yang Luar Biasa

Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi satwa yang mencakup lebih dari 200 jenis. Dalam koleksi ini, terdapat 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi. 

hewan yang ada di kebun binatang bandung

Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. 

foto hewan yang ada di kebun binatang bandung

Pengelola kebun binatang terus berupaya untuk menambah koleksi dengan fokus pada satwa-satwa yang memiliki nilai konservasi dan nilai estetis yang menarik bagi pengunjung.

Selain koleksi satwa yang mengagumkan, kebun binatang ini juga memiliki beragam tanaman yang tumbuh di seluruh area. 

Tanaman ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung bagi satwa dari sinar matahari dan angin, tetapi juga menjaga tanah dari erosi akibat hujan dan berperan sebagai paru-paru kota Bandung.

Fasilitas Modern

Kebun Binatang Bandung menawarkan berbagai fasilitas modern yang membuat pengunjung merasa nyaman dan terhibur. Beberapa wahana rekreasi yang dapat dinikmati di sini antara lain:

  1. Flying Fox: Bagi yang mencari sensasi petualangan, flying fox adalah pilihan yang tepat. Anda dapat meluncur melintasi kawasan kebun binatang dan merasakan kebebasan.

  2. Taman Bermain: Kebun binatang ini juga memiliki taman bermain yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Anak-anak dapat bermain sambil belajar tentang satwa-satwa yang menarik.

  3. Kolam untuk Perahu dan Perahu Bebek: Bagi yang ingin bersantai, kolam perahu dan perahu bebek adalah tempat yang sempurna. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah sambil mengelilingi kolam.

    taman bermain di kebun binatang bandung
     

Peran Penting dalam Masyarakat

Kebun Binatang Bandung memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Fungsi Kebudayaan: Kebun Binatang Bandung bukan hanya tempat rekreasi, tetapi juga tempat di mana seni budaya tampil. Ini membantu meningkatkan kesadaran akan kekayaan budaya Indonesia serta flora dan fauna yang unik.

  2. Fungsi Pendidikan dan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi): Kebun Binatang ini adalah wahana edukatif yang luar biasa. Ini memberikan kesempatan bagi kalangan edukatif untuk menambah pengetahuan tentang satwa liar dan alam. Selain itu, kebun binatang ini juga bisa digunakan sebagai objek penelitian di berbagai bidang ilmu.

  3. Fungsi Perlindungan dan Pelestarian Kekayaan Alam: Salah satu misi utama kebun binatang ini adalah menjaga dan melestarikan satwa flora dan fauna. Dengan melakukan hal ini, kebun binatang ini ikut berkontribusi pada pelestarian keanekaragaman hayati.

  4. Fungsi Rekreasi: Selain menjadi pusat pendidikan dan konservasi, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan bagi masyarakat. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Kebun Binatang Bandung adalah salah satu tempat wisata terbaik di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. 

Dengan koleksi satwa yang mengagumkan, fasilitas modern, dan peran pentingnya dalam pendidikan dan pelestarian alam, kebun binatang ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung dari segala usia. 

Meskipun tidak terlepas dari kontroversi, upaya untuk memperbaiki kondisi hewan-hewan di sini terus dilakukan. 

Jadi, jika Anda berencana mengunjungi Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Kebun Binatang Bandung.


Postingan Terbaru

rafting situ cileunca pangalengan gravity adventure