TIPS AMAN WISATA RAFTING PANGALENGAN UNTUK DIKETAHUI

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini
Rafting memang menjadi olahraga dan ide wisata outbound yang sangat menarik untuk dicoba. Ini adalah salah satu cara yang tepat untuk menikmati keindahan alam dengan cara yang sedikit menantang dan memacu adrenaline.

Namun, dewasa ini, wisata rafting tergolong cukup digemari oleh masyarakat. Hal ini ditunjukkan semakin banyaknya masyarakat yang ingin mencoba ide wisata menyusuri sungai ini dan semakin banyaknya tempat wisata rafting yang dibuka, khususnya daerah Pangalengan.

Pangalengan adalah daerah yang terletak di sekitar Bandung Anda memang menjadi salah satu ikon wisata terbaik di Bandung. Daerah ini menawarkan keindahan alam yang cukup eksotis berupa hamparan pepohonan yang menjulang tinggi.

Selain itu, di Pangalengan juga terdapat cukup banyak sungai dengan aliran air yang cukup deras untuk rafting. Rafting memang mengasyikkan. Namun, Anda tentu tetap perlu berhati-hati. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai tips aman untuk berwisata rafting di Pangalengan, tempat rafting bandung terbaik.

Tips Aman Saat Rafting

Mengetahui beberapa tips aman saat rafting tersebut merupakan hal penting yang sebaiknya Anda pahami. Dengan mengetahui beberapa tips aman tersebut maka masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalkan dan wisata rafting yang Anda lakukan akan semakin mengasyikkan. Lantas, apa saja tips aman rafting tersebut? Berikut selengkapnya!

● Dengarkan Safety Talk

Hal paling pertama yang perlu Anda lakukan dan ketahui sebagai tips aman berwisata rafting adalah mendengarkan safety talk. Pada saat Anda hendak memulai rafting, maka Anda akan mendapatkan panduan dari pemandu yang bertugas.

Mereka akan memberikan pengarahan tentang bagaimana cara rafting yang baik dan bagaimana cara menghadapi bahaya yang mungkin terjadi. Dengan mendengarkan safety talk tersebut maka Anda bisa meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan.

● Memakai Baju yang Nyaman

Hal kedua yang perlu diketahui sebagai tips agar wisata rafting berjalan aman adalah dengan mengenakan baju standard yang nyaman. Perlu diketahui bahwa Pangalengan terletak sekitar 1550 mpdl dan memiliki hawa yang cukup dingin. Oleh karena itu, mengenakan baju yang tepat dan cukup tebal sehingga tubuh akan tetap hangat. Selain itu, baju juga bisa melindungi tubuh dari benturan.

● Menggunakan Jaket Pelampung

Menggunakan jaket pelampung adalah tips lain yang perlu untuk dilakukan adalah menggunakan jaket pelampung. Ini adalah tips yang sebenarnya cukup mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang tinggi.


Salah satu risiko dari rafting adalah tenggelam karena Anda akan melaju di sungai yang belum diketahui kedalamannya dan memiliki aliran air yang cukup deras. Dengan menggunakan jaket pelampung, maka Anda akan tergolong lebih aman meskipun pada saat rafting Anda terjatuh dari perahu yang digunakan.

● Gunakan Helm

Selain menggunakan pelampung, penting bagi Anda untuk menggunakan helm demi keamanan pada saat rafting. Ini adalah hal yang tergolong cukup penting untuk diaplikasikan. Helm digunakan untuk melindungi kepala dari benturan.

Hal ini cukup penting karena ada risiko terjatuh dari perahu dan kepala membentur sesuatu. Terlebih, sungai yang digunakan untuk rafting biasanya memiliki cukup banyak batuan dengan ukuran yang berbeda-beda.

● Memakai Dayung Dengan Benar

Hal lain yang juga sebaiknya dipahami sebagai tips agar rafting bisa berjalan lancar dan aman adalah menggunakan dayung dengan benar. Fungsi dayung dalam wisata rafting tergolong cukup penting karena akan mengarahkan arah perahu yang digunakan. Selain itu, dayung juga cukup penting untuk menjaga keseimbangan perahu.


Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan dayung secara benar agar perahu bisa melaju dengan lancar.

● Jangan Panik

Selain persiapan peralatan, persiapan mental juga menjadi penting bagi anda. Salah satu masalah yang sering muncul adalah seseorang akan panik ketika menghadapi situasi yang sulit saat rafting, seperti ketika arus bertambah deras ataupun terjatuh dari perahu.

Jika permasalahan tersebut terjadi pada anda, maka sebaiknya Anda tidak panik dan berusaha untuk mengendalikan diri. Dengan pengendalian diri yang baik maka Anda akan lebih mampu untuk menguasai situasi. Sebagai tambahan, pelajari pula teknik berenang di sungai untuk keselamatan.

Nah, demikian beberapa tips aman yang bisa Anda lakukan saat rafting. Jika Anda ingin bermain rafting dengan aman bersama operator yang terpercaya, maka Anda bisa menggunakan jasa Gravity Adventure, PAKET RAFTINGNYA KEREN-KEREN, LHO! Selamat berlibur!