5 Tips Sebelum Melakukan Rafting di Situ Cileunca

Bagi pecinta olahraga yang menantang adrenalin, rafting menjadi salah satu olahraga yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Rafting di Situ Cileunca

Terlebih, di Indonesia sudah ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk rafting. Salah satunya adalah Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Situ Cileunca rafting ini menjadi salah satu wisata yang paling banyak digemari oleh para wisatawan. Selain menantang adrenalin, wisatawan juga bisa menikmati indahnya alam yang ada di sekitar situ.

Meskipun wisata yang satu ini merupakan wisata yang menyenangkan, namun olahraga tersebut juga butuh persiapan yang matang meski Anda baru mencobanya sekalipun.

Inilah 5 Tips yang Harus diperhatikn Sebelum Melakukan Rafting di Situ Cileunca

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan rafting agar kegiatan tersebut aman untuk Anda jalani. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya berikut ini;

1. Pilih Operator Rafting Terbaik

Ini sangat penting demi kenyamanan Anda saat bermain rafting di Sungai Cileunca. Rafting guide yang friendly dan enak diajak ngobrol memang menjadi pilihan banyak wisatawan.

Biasanya, sebelum melakukan kegiatan rafting, mereka akan memberikan instruksi kepada Anda tentang apa saja yang harus dilakukan saat berada di sungai nanti.

Tak hanya itu, pilih juga operator rafting yang menawarkan harga pas dikantong. Pelayanan yang diberikan juga patut untuk dipertimbangkan karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kepuasan Anda nantinya.

Itu semua, mimin punya rekomendasi operator rafting terbaik, yaitu Gravity Adventure.

2. Cari Informasi tentang Bagaimana Melakukan Rafting

Meski sebelum melakukan rafting Anda akan dijelaskan oleh pemandu, namun alangkah baiknya jika mencari informasi tentang bagaimana cara rafting dengan baik dan benar.

Mulai dari cara mendayung pada arus yang kuat dan lainnya. Ini sangat penting dilakukan mengingat teori dan praktik di lapangan seringkali berbeda.

Baca juga, cara mendayung perahu rafting untuk keselamatan Anda.

Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya agar Anda bisa melakukan rafting di Situ Cileunca dengan baik.

3. Isi Perut Terlebih Dahulu

makan isi perut
Makan (liputan6.com)

Biasanya, rafting dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Mungkin sekitar dua jam. Tentunya, sangat penting bagi Anda untuk mengisi perut terlebih dahulu.

Apalagi, melakukan rafting juga butuh tenaga yang besar untuk mendayung dan melawan arus. Pastikan pula bahwa Anda sedang dalam kondisi prima dan tidak sakit.

4. Lakukan Pemanasan

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan untuk melemaskan otot-otot tubuh Anda. Hal ini untuk menghindari beberapa kejadian yang tidak diinginkan seperti terkilir.

Lakukan pemanasan dengan menggerakkan semua anggota tubuh. Biasanya, pemandu rafting akan memandu gerakan pemanasan terlebih dahulu.

5. Persiapkan Perlengkapan Rafting

Gunakan baju dan celana yang nyaman untuk digunakan. Sekedar saran, alangkah baiknya untuk menggunakan sandal gunung sebagai alas kaki agar nyaman dan tidak mudah hilang saat rafting di sungai.

Untuk perlengkapan lainnya seperti paddle, life jacket, dan helmet biasanya sudah disiapkan oleh operator rafting.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda lakukan saat melakukan rafting. Jangan lupa pula untuk memilih tempat rafting yang enak dan nyaman.

Nah, Situ Cileunca rafting menjadi tempat terbaik untuk Anda datangi. Dijamin, keseruan saat berada di tempat ini bisa membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.

rafting situ cileunca pangalengan

situ cileunca pangalengan rafting

arung jeram situ cileunca

arum jeram situ cileunca