Persiapan Sebelum Arung Jeram yang Aman Apa Saja? Yuk Cari Tahu!

Ketika berbicara tentang persiapan sebelum arung jeram, sangat erat kaitannya dengan kegiatan olahraga permainan yang menguji adrenalin.

Olahraga ini merupakan salah satu kegiatan outbound di alam terbuka yang bisa dinikmati dengan asyik dan menyenangkan.

Jika dulu arung jeram hanya bisa dimainkan oleh orang yang sudah terlatih, kini Anda sebagai pemula juga bisa mencobanya.

Arung jeram atau disebut juga dengan istilah rafting, akan terasa menyenangkan jika dimainkan dengan cara yang benar.

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba sebaiknya mengikuti beberapa tips bermain arum jeram yang aman agar terhindar dari beberapa kemungkinan risiko berbahaya.

Lalu apa saja persiapan sebelum arung jeram yang bisa bikin aman? Berikut adalah beberapa tips aman bermain arung jeram yang perlu Anda perhatikan ya:

Persiapan sebelum arung jeram: Dengarkan arahan dari Safety Talk

persiapan sebelum arung jeram dengarkan septy talk

Gravity Adventure memiliki pemandu arum jeram yang sudah ahli dalam bidangnya. Biasanya para pemandu ini akan memberikan beberapa pengarahan penting sebelum Anda dan beberapa peserta lain bertarung dengan derasnya air sungai.

Kali ini Anda wajib mendengarkan penjelasan dengan baik. Jangan pernah malu untuk bertanya jika memang ada beberapa hal yang masih kurang dimengerti.

Salah satu tim terbaik yang memiliki pemandu bersertifikat River Guide (RG) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah Gravity Adventure.

Semua pemandu telah berpengalaman dalam mengatasi berbagai macam tipe dan juga kondisi medan yang harus dihadapi pada Situ Cileunca Palayangan.

Pakaian yang digunakan untuk rafting

Pakaian yang digunakan untuk rafting persiapan sebelum arung jeram

Anda harus memakai pakaian yang digunakan untuk rafting. Air di Situ Cileunca tergolong cukup dingin, hal ini disebabkan lokasinya yang berada di ketinggian lebih dari 1500 Mdpl.

Air dingin tersebut mampu membuat suhu tubuh jadi turun dengan drastis sehingga, Anda perlu memanfaatkan beberapa baju jenis sintetis atau bahan yang mudah kering.

Salah satu tujuannya adalah agar pertarungan arum jeram nantinya bisa terasa jauh lebih nyaman karena Anda tetap bisa menikmati perjalanan tanpa merasa kedinginan.

Bermain arum jeram dengan kondisi hipotermia tentu menjadi hal yang tidak menyenangkan. Jadi saran kami adalah pakailah pakaian yang digunakan untuk rafting

Pakai jaket pelampung untuk rafting dengan benar

Pakai jaket pelampung untuk rafting dengan benar

Memilih dan memakai jaket pelampung untuk rafting secara baik dan benar sangat dianjurkan. Meskipun saat kegiatan Anda sudah menggunakan jaket pelampung bukan berarti sudah bisa dikatakan aman untuk melakukan aktivitas arum jeram di pangalengan.

Anda perlu menggunakan jaket pelampung dengan cara yang benar, semua bagian tali dan juga pengencang pada jaket wajib dipasang pada badan.

Selain itu, pilihlah jaket pelampung untuk rafting dengan ukuruan yang pas, ya. Ukuran dari pelampung sesuai dengan ukuran tubuh bisa lebih nyaman ketika digunakan.

Ukuran yang tidak terlalu sempit dan luas akan menjadikan leluasa untuk bernapas dan tidak mudah lepas dari kepala.

Memakai helm rafting

memakai helm rafting persiapan sebelum arung jeram

Selain jaket pelampung, perlengkapan pada badan yang harus dipasang lainnya adalah memakai helm rafting.

Meskipun tingkat jeram dari rafting pangalengan tergolong rendah, helm harus senantiasa dipakai agar Anda terlindung dari keselamatan kepala dari beberapa benturan saat aktivitas berlangsung. Jadi, memakai helm rafting selma arung jeram adalah sebuah keharusan.

Gerakan dayung dengan cara yang benar

mendayung persiapan sebelum arung jeram

Salah satu persiapan sebelum arung jeram adalah mengetahui gerakan dasar mendayung. Karena ini menjadi hal baru bagi Anda, mungkin dalam memegang dayung dan menggerakkannya akan sedikit kaku dan sulit.

Meskipun begitu Anda tetap harus selalu menggunakan cara yang benar agar tingkat keamanan lebih terjaga. Langkah untuk memegangnya yaitu genggam gagang dari sisi bawah dengan jarak kurang lebih satu genggaman.

Tangan yang satunya berada pada bagian atasnya atau pegangan T-Grip. Genggam bagian tersebut menggunakan 4 jari dan jari jempol berfungsi untuk menjepit sisi T-Grip bagian bawah.

Hal-hal yang perlu dilakukan ketika terjadi beberapa masalah


Meskipun persiapan sebelum arung  jeram telah dilakukan ceklis secara detil dan didukung dengan tenaga pemandu yang sudah berpengalaman, kemungkinan terjadinya risiko tetap saja ada.

Risiko tersebut misalnya kapal terbalik. Jika kapal yang digunakan nantinya terbalik dan Anda terlepas dari perahu maka jangan pernah panik. Segera cari perahu yang biasanya berada di samping tempat Anda terjatuh.

Selanjutnya agar tubuh tidak tenggelam segera raih perahu dan pegang dengan erat. Jika Anda berada pada radius beberapa meter dari perahu, berenanglah kemudian cari beberapa pilihan penyelamatan yang sudah dibuat oleh tim, seperti tali yang berada di bagian tepi Sungai Palayangan.

Demikian beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum arung jeram, dan bisa Anda coba ketika memilih paket arung jeram untuk mengisi liburan bagi para pemula. Jika Anda tertarik maka tidak ada salahnya berkunjung ke paket wisata Situ Cileunca yang disediakan olah gravity-adventure.com. Harga dan kualitas yang diberikan sangat sesuai. Selain itu Anda juga akan dipandu oleh tim yang profesional.