6 Manfaat Dahsyat Arung Jeram Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Dapatkan paket paling menantang outbound rafting, flyingfox, paintball, offroad dengan harga terbaik khusus bagi Anda. Dapatkan di sini

Siapa bilang olahraga membosankan? Jika Anda suka olahraga ekstrim dan emosi yang kuat, arung jeram atau biasa dsebut juga dengan rafting adalah alternatif untuk Anda. Melalui kegiatan olahraga ini Anda akan memiliki segudang manfaat dahsyat, baik itu untuk kesehatan fisik, bahkan mental Anda. Telah banyak bukti bahwa arung jeram dapat menghilangkan stres dan menyehatkan fisik dan mental, Anda bisa bersentuhan langsung dengan alam.

Selain itu, olahraga ekstrim ini juga bisa membantu untuk membersihkan pikiran, berkat pelepasan adrenalin. Baca juga, manfaat olahraga arung jeram.

Manfaat lain yang ditawarkan wisata arung jeram bagi kesehatan adalah untuk melatih kelincahan gerak tangan jari dan kaki, ekspansi paru untuk respirasi, sirkulasi darah yang stabil, toning perut, visual dan pengembangan pendengaran.

Manfaat Dahsyat Arung Jeram Bagi Kesehatan Fisik dan Mental
Rafting atau arung jeram adalah olahraga ekstrim, merupakan teknik yang awalnya dibutuhkan dan dikembangkan oleh para nelayan, navigator dan penjelajah untuk hidupnya saat melakukan pekerjaan berisiko mereka.

Itulah alasan mengapa arung jeram sangat baik untuk kesehatan, baik fisik ataupun mental Anda. Lebih jelasnya berikut Gravity Adventure coba list saja ya.

1. Pengalaman membuat kita lebih bahagia daripada harta.

Dalam masa ekonomi sulit, jika Anda memiliki uang untuk dibelanjakan, bagaimana memilih untuk menghabiskan dalam memaksimalkan kebahagiaan Anda? Apakah Anda membeli objek material atau menghabiskan pada pengalaman?

Dr Ryan Howell, profesor psikologi di San Francisco State University, meneliti 154 orang yang belanja, baik materi atau pengalaman, dan menemukan bahwa akuisisi pengalaman menyebabkan kebahagiaan dan kepuasan yang lebih besar. Dr Howell percaya ini memiliki rasa koneksi dengan orang lain, semakin menjadi lebih dekat dengan teman-teman dan keluarga menghasilkan lebih banyak kebahagiaan daripada hanya sekedar membeli hal-hal materi.

Sebagai olahraga tim, arung jeram merupakan sebuah kesempatan besar untuk memaksimalkan efek menguntungkan dari ikatan sosial, bahkan terjadi pula hubungan dengan alam, ini sangat bermanfaat dengan cara mengambil keuntungan dari panca indera untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

2. Pengalaman dengan alam dapat mengatasi stres.

Bersantai di bawah naungan pohon. Mendengar suara sungai mengalir di antara bebatuan, udara segar dan ketenangan yang mengelilingi sungai tidak dapat dipungkiri itu semua akan memberikan ketenangan pikiran.

Kita tahu, ilmu kedokteran telah menunjukkan bahwa stres memainkan peran penting 80% dari semua penyakit.

Dengan menghilangkan stres dan terhubung dengan pemandangan dan suara alam dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar hormon stres seperti cortisol, meningkatkan pelepasan mediator rekreasi seperti endorfin dan menghasilkan kesehatan fisik dan kesehatan mental. Demikian manfaat arung jeram yang kedua.

3. Berolahraga di lingkungan yang hijau bahkan lebih baik!

Mendayung dalam berarungjeram adalah latihan yang bagus. Jika Anda merasa sangat petualang, Anda bisa turun di area yang tenang dan mencoba berenang di sungainya. Aktivitas ini dapat mengurangi obesitas, meningkatkan kekuatan otot dan kardiovaskular, mengurangi stres.

Olahraga yang dilakukan pada lingkungan hijau yang dikelilingi oleh pemandangan dan suara alam memiliki penurunan lebih besar pada tekanan darah, tingkat yang lebih tinggi HDL (kolesterol baik). Singkatnya, berada dalam lingkungan alam akan sebanding dengan manfaat emosi dan kesehatan Anda.

4. Rafting/Arung jeram baik untuk otak Anda.

Pernah merasa seperti otak Anda kelebihan beban? Kemungkinan besar itu terjadi di lingkungan perkotaan yang padat dan pastinya sering terjebak dengan kemacetan.

Kegiatan seperti rafting dengan mengarungi sungai memungkinkan otak Anda dapat memutuskan sambungan dari kehidupan kota dan benar-benar meningkatkan fungsi mental.

Jadi kata Marc Berman, seorang psikolog di University of Michigan dan penulis utama studi baru yang mengukur defisit kognitif yang disebabkan oleh lingkungan perkotaan. Marc mengatakan bahwa otak adalah mesin yang terbatas dan "kita mulai memahami cara-cara yang berbeda di mana kota dapat mengatasi keterbatasan ini."

Sebaliknya, berada di lingkungan alam akan meningkatkan kinerja otak. Hal ini tidak mengherankan bahwa bersentuhan langsung di alam, seperti berarung jeram, dapat bertindak semacam tombol reset mental. Apa artinya adalah bahwa mengarungi sungai adalah cara yang bagus untuk membantu mempertajam performa mental dan otak.

5. Manfaat rafting/arung jeram bagi anak-anak.
Manfaat Dahsyat Arung Jeram Bagi Kesehatan Fisik dan Mental


Para peneliti telah menemukan bahwa anak-anak mendapatkan keuntungan dari paparan alam dengan pengurangan dosis tingkat stres mereka. Semakin lama berada di alam, tingkat stres pada anak-anak akan mejadi lebih rendah.

Orang-orang yang telah mengalami perjalanan panjang di arung jeram pasti tahu perasaan: Hari apa ini? Jam berapa ini? Ini adalah pertanyaan yang berbicara tentang tekanan rendah yang dihasilkan oleh kegiatan berarung jeram.

6. Arung jeram bermanfaat untuk membantu mengatasi anak ADD/ADHD/Hiperaktif.

ADD/ADHD atau banyak yang mengenalnya dengan hiperaktif merupakan gangguan perkembangan motorik yang menyebabkan aktivitas anak terlalu berlebih. [http://id.wikipedia.org/wiki/ADHD].

Teori tentang penyebab dan pengobatan yang tepat dari anak-anak penderita ini memang berlimpah, tetapi bukti terbaru telah menemukan bahwa pemberian obat-obatan justru dapat meningkatkan gejala pada hampir semua kasus.

Pengobatan yang terpapar alam. Data yang begitu meyakinkan bahwa beberapa telah menyarankan bahwa ADD dan ADHD sebenarnya "Nature Deficit Disorder".

Yang jelas adalah bahwa anak-anak yang didiagnosis memiliki permasalahan dengan perhatian akan memiliki kinerja yang lebih baik setelah kegiatan fisik di alam, seperti arung jeram. Selain itu, lingkungan hijau, bisa menyebabkan gangguan pada anak ini akan berkurang.

So, tunggu apalagi? Jika Anda ingin mengatasi 1001 masalah fisik bahkan mental Anda, ingin menghilangkan mumet dan stres setelah seharian bekerja di kantor, atau ingin menjaga kekompakan dan kerjasama tim Anda, Gravity Adventure akan berusaha membantu semua keinginan Anda tersebut untuk terwujud. Segera pilih paket rafting di bandung sesuai pilihan Anda di sini.