Menikmati Keindahan Situ Cileunca

Bandung tidak hanya dikenal dengan wisata belanjanya saja, bandung juga terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu tempat yang menjadi wisata favorit dan memiliki fanorama alam luarbiasa yaitu Situ Cileunca yang terletak di kawasan wisata bandung selatan.

Menkmati Keindahan Situ Cileunca
Situ Cileunca
Situ Cileunca yang merupakan danau buatan dan memliki luas 1.400 Ha ini, berada 45 kilometer sebelah selatan dari kota bandung.

Situ ini dikeliingi oleh bukit-bukit dan memiliki latar belakang pegunungan. Udaranya yang sejuk mengindikasikan bahwa Situ Cileunca berada pada tempat yang tinggi, yup tepatnya yaitu  berada di ketinggian 1550 M dpl.

Pemandangan yang membuat mata relax adalah dengan dikelilinginya oleh dua perkebunan teh Malabar yang dikelola oleh PTPN VIII.

Situ Cileunca yang letaknya memang tidak begitu jauh dari kecamatan Pangalengan ini, diapit oleh dua Desa yaitu Desa Wanasari dan Desa Pulosari.

Sumber air Situ Cileunca yang memiliki genangan air seluas 180 hektar ini Berasal dari Situ Panunjang.

Situ Cileunca, selain bermanfaat sumber air bagi pembangkit tenaga listrk, tentu saja banyak yang lebih mengenalnya Situ Cileunca ini sebagai objek wisata yang menarik.

Dan pastinya Anda penikmat olah raga ekstrim arung jeram sudah tahu bahwa air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan ini sering digunakan sebagai arena ber-arung jeram / rafting.

Untuk tiket masuk ke area Situ Cileunca, Anda hanya dikenai biaya yang cukup murah, yakni Rp. 2.500 / orang (ada charge tambahan untuk mobil sebesar Rp. 3000,-).

Jeram Sungai Palayangan
Jeram Sungai Palayangan
Dan apabila Anda ingin memutari danau yang memiliki kedalaman 15 hingga 20 meter ini dengan menggunakan perahu dayung atau perahu motor, Anda cukup mengeluarkan biaya yang murah, yaitu Rp 10.000 saja per orangnya untuk menyewa perahu tersebut.

Selain itu, di tempat ini juga anda bisa memetik strawberry dan arbei yang terletak di pinggiran danau. Memetik strawberry di seberang danau ini hanya dikenai biaya Rp. 5.000/orang, Anda boleh memetik sepuasnya.

Namun untuk membawa pulang hasil petikan strawberry atau arbei ini akan dikenakan biaya lagi. Harga 1 kg arbei Rp 15 ribu- Rp 25 ribu. Dan untuk strawberry dihargai Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu.

Selain berwisata megarungi situ dan memetik strawberry, kawasan ini juga mempuyai fasilitas tambahan seperti flying fox, taman bermain anak, hingga terapi ikan juga Anda bisa nikmati di kawasan wisata Situ Cileunca.

Untuk berarung jeram ria, terdapat banyak paket pilihan di Gravity Adventure, yang pastinya harga paling murah dan paling dijamin keamanannya. Silahkan Anda bisa memilih paket rafting Gravity Adventure DI SINI.

Demikian sekilas penjabaran mengenai kawasan wisata di Situ Cileunca Bandung Selatan.