PENTING! 7 Tips dan Trik Rafting untuk Pemula yang Ingin Mencoba

PENTING! 7 Tips dan Trik Rafting untuk Pemula yang Ingin Mencoba

Siapa yang tidak tertarik dengan petualangan seru rafting? Berikut  Tips dan Trik Rafting untuk Pemula yang harus diketahui.
 

Aktivitas ini telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir sebagai wisata outbound yang penuh tantangan. 
 
Mungkin Anda sudah melihat banyak foto teman-temanmu yang tersenyum sumringah saat melintasi jeram yang menantang ini di media sosial.

Dengan menggunakan pelampung keselamatan dan helm berwarna mencolok, mereka tampak menikmati setiap detik mengarungi jeram yang mendebarkan. 
 
Percikan air dari sungai menambah keseruan yang terlihat jelas dalam setiap foto tersebut.

Tidak heran banyak orang yang ketagihan dengan sensasi seru yang ditawarkan rafting. 
 
Bahkan, beberapa orang menjadi seorang "rafter hunter," menjelajahi berbagai daerah hanya untuk menikmati pengalaman rafting yang tersedia.
 

Tips dan Trik Rafting Untuk Pemula: Mencoba Petualangan Air Mengalir yang Menyenangkan

Hal yang menarik, untuk bisa menikmati rafting, Anda tidak harus pandai berenang. 
 
Meskipun selalu ada kemungkinan jatuh dari perahu karet, asalkan Anda tahu tips dan triknya, Anda akan tetap aman. 
 
Nah, apa saja tips dan triknya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pastikan Tubuhmu Fit

Aktivitas rafting membutuhkan tenaga dan konsentrasi yang besar. Anda harus fokus pada pemandu agar dapat mengikuti semua instruksi dan arahan yang diberikan. 
 
Instruksi-instruksi ini sangat penting, terutama saat menghadapi kondisi-kondisi kritis.

Tubuhmu juga harus dalam kondisi sehat dan bugar. 
 
Jika Anda merasa sedang tidak enak badan, seperti pilek, pusing, atau demam, sebaiknya batalkan rencanamu. 
 
Selain dapat mengganggu dayungmu nanti, Anda juga akan mempersulit teman-teman seperahu.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pilihlah pakaian yang nyaman untuk tubuhmu. Disarankan menggunakan pakaian berbahan katun dan celana pendek. 
 
Bagi perempuan yang menggunakan hijab, Anda dapat mengenakan pakaian lengan panjang berbahan katun dan celana panjang berbahan ringan.

Sebaiknya gunakan sandal daripada sepatu. Namun, hindari menggunakan sandal jepit agar tidak licin dan mengurangi risiko tergelincir. 
 
Lebih baik menggunakan sandal gunung yang dapat melekat dengan baik pada kaki. Dengan begitu, sandalmu tidak akan terlepas saat menghadapi jeram yang deras. Keamananmu terjamin.

Pilih Sungai yang Cocok untuk Pemula

Karena Anda masih pemula, pilihlah sungai yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu. 
 
Pahami pengertian dari tingkatan grade yang biasa digunakan untuk mengklasifikasikan arus sungai yang akan dilalui. Semakin tinggi gradenya, semakin sulit jalur yang akan dihadapi.

Grade 1 umumnya merujuk pada sungai dengan arus yang tenang dan jalur yang mudah. Sementara grade 5 digunakan untuk sungai dengan arus yang sangat deras dan jalur yang sangat ekstrem dan liar.

Sebagai pemula, sebaiknya hindari sungai-sungai yang sering digunakan untuk perlombaan rafting internasional, seperti Sungai Asahan di Sumatera Utara atau Sungai Pekalen Atas di Probolinggo.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih Sungai Palayangan di Pangalengan atau Sungai Elo di Magelang sebagai tempat awal untuk mencoba rafting. Jangan memaksakan diri untuk mencoba sungai yang melebihi kemampuanmu, karena kita tidak bisa menantang alam.

Pakai Perlengkapan dengan Benar

Sebelum memulai petualangan, pastikan Anda sudah menggunakan semua perlengkapan yang diperlukan dengan benar. Mulai dari rompi pelampung hingga helm. Sesuaikan perlengkapan dengan tubuhmu untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Jika rompi pelampungmu terlalu longgar, Anda bisa menarik tali pada bagian samping rompi untuk mengencangkannya. Pilihlah helm yang dapat melekat dengan sempurna dan pastikan talinya terikat dengan kencang di bawah dagu. Jangan biarkan helm longgar, karena fungsi utamanya adalah melindungi kepala dari benturan.

Jangan Lupa Pemanasan!

Sebelum memulai aktivitas, lakukan pemanasan agar tubuhmu tidak kaku atau terkena kram saat mendayung nanti. Biasanya, pemanasan dilakukan bersama dengan bimbingan dari pemandu. Jadi, tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki teman untuk melakukan pemanasan.

Saat pemanasan, pemandu juga akan memberikan arahan yang penting. Pastikan Anda fokus pada aba-aba dan petunjuk yang diberikan oleh pemandu.

Jika Anda tidak bisa berenang, beritahu pemandu tentang hal itu. Dengan begitu, pemandu dapat menempatkanmu di perahu yang tepat dan memberikan pertolongan kepada peserta yang membutuhkannya pada saat yang tepat. Jangan merasa malu untuk mengungkapkan hal ini.

Duduk di Posisi yang Tepat

Dalam rafting, disarankan agar Anda tidak duduk di tengah perahu. Duduklah di tepi perahu untuk menjaga keseimbangan. Biasanya, posisi duduk sudah diatur dengan matang oleh pemandu sesuai dengan berat badan masing-masing peserta. Hal ini akan mencegah perahu menjadi tidak stabil.

Pemandu akan mengatur posisi dudukmu. Anda hanya perlu memilih apakah ingin duduk di sebelah kanan atau kiri perahu. Jangan lupa untuk mengikuti instruksi dari pemandu, karena setiap sisi memiliki teknik dayung yang berbeda.

Untuk keamanan tambahan, jepitkan kaki dalam kantong yang ada di dasar perahu. Pastikan kaki terjepit dengan kuat agar tidak terjatuh atau terlempar saat perahu meluncur dengan keras.

Pilih Operator yang Tepat

Keselamatan adalah prioritas utama saat ingin mencoba rafting, karena ini merupakan wisata dan olahraga yang ekstrem. Oleh karena itu, penting untuk memilih operator yang tepat. Tidak perlu memilih yang terlalu mahal dan merogoh kocek dalam.

Pilihlah operator yang berpengalaman dan terpercaya. Salah satu operator yang direkomendasikan adalah Gravity Adventure Pangalengan. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2011 dan bergerak di bidang Event Organizer, Training, & Outdoor Activity.

Rafting merupakan salah satu produk unggulan mereka yang sangat diminati. Paket rafting yang mereka tawarkan memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati rafting dengan tingkat kesulitan yang ekstrem namun tetap dapat menikmati keindahan Pangalengan.

Harga paket rafting yang disediakan oleh Gravity Adventure sangat terjangkau, bisa dilihat harga paketnya disini.

Gravity Adventure juga menyediakan perlengkapan keselamatan dan tim penyelamat, area istirahat, tempat mandi, asuransi, transportasi lokal, dan instruktur.

Selain rafting, Gravity Adventure Pangalengan juga menawarkan beragam paket lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan yang diinginkan, seperti flying fox, paintball, offroad, camping, dan lain-lain.

Jika Anda ingin menikmati wisata outdoor untuk acara perusahaan atau kumpul keluarga selama lebih dari satu hari, Gravity Adventure Pangalengan juga menyediakan paket rafting Pangalengan yang mencakup akomodasi. Sungguh menarik!

Menginap di De Bloem Villa Lakeview adalah impian banyak orang, mungkin salah satunya Anda. Penginapan ini, tidak hanya menyediakan villa untuk rombongn yang bisa muat hingga 25 orang per villanya, atau 100 orang untuk 4 villa, tapi juga menyediakan cottage dan camping ground.

Jadi, jangan ragu lagi untuk memeriksa paket wisata Pangalengan atau paket outbound lainnya yang ditawarkan. Segera pesan jadwal perjalananmu sekarang juga.

Postingan Terbaru

rafting situ cileunca pangalengan gravity adventure