Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan, Wisata Kaya Manfaat

pemandian air pannas cibolang
Pemandian Air Panas Cibolang @isep.411_gp
Pemandian Air Panas Cibolang di Pangalengan merupakan tempat wisata di Pangalengan yang ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Terutama bagi kesehatan. Jika anda berendam di hangatnya air kolam, akan menyehatkan kulit, selain berkhasiat sebagai relaksasi bagi tubuh Anda.

Air di pemandian ini berasal dari mata air Gunung Windu yang mengandung beleraang dan mineral serta memiliki suhu yang cukup panas menjadi penyebabnya. Hal ini tentu saja baik bagi kesehatan kulit dan bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti rematik.

Pemandian Air Panas Cibolang berada pada ketinggian 1.450 mdpl, memiliki luas area kurang lebih 2 ha, dan berhawa sejuk. Secara geografis, Pemandian Air Panas Cibolang terletak di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Berdekatan dengan perkebunan teh Malabar.

Pemandian Air Panas Cibolang merupakan detinasi wisata alam yang berupa pmandian air hangat dengan panorama alam yang dapat menyegarkan pandangan mata. Jika Anda berendam di sini sungguh akan membuat badan Anda menjadi rileks, rasa penat setelah seharian bekerja akan hilang.

Lokasi wisata yang tidak begitu jauh dari Kota Bandung ini kini banyak didatangi para wisatawan dari berbagai kota, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang, dan kota-kota lainnya. Bahkan para pengunjung asal Garut dan sekitarnya pun ada.

Sebetulnya tempat wisata ini sudah dibangun sejak tahun 1985. Namun karena kurangnya investor dan minimnya perhatian pemerintah menyebabkan tempat isata ini tidak begitu berkembang.

Pada tahun 1990, barulah tempat Pemandian Air Panas Cibolang ini mendapat perhatian pemerintah dan investor, sehingga banyaknya fasilitas yang dibangun untuk memanjakan para pengunjung. Dan tempat wisata ini mulai ramai dikunjungi para wisatawan.

Pemandian air panas cibolang kini telah memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas seperti tempat parkir,tempat ibadah, restoran, tempat memancing, dan lain-lain, akan mudah Anda temui di sini.

Hmm, sebuah tempat wisata yang cocok untuk melepas kepenatan, dengan suasana alam yang tenang, di bawah Gunung Wndu, dan bentangan alam berupa hamparan perkebunan teh kian menambah kenikmatan ketika Anda berendam.

Baca juga, Ke Gunung Nini Pangalengan,yakin deh gak akan nyesel!

Harga Tiket Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan

Harga tiket mauk ke Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan yang open selama 24 jam adalah sebagai berikut:
Perorangan : Rp. 10.000/ orang
Bak Rendam : Rp. 10.000/ orang
Parkir Roda 2 : Rp. 2.000
Parkir Mini Bus : Rp. 5.000
Parkir Bus Truk : Rp. 20.000

Anda bisa datang kapanpun, tapi mungkin sebaiknya anda bisa datang pagi hari. Pada pagi hari biasanya kondisi udara sedang sejuk dan pemandangan tampak indah. Diharapkan, jika datang pagi hari, Anda bisa menikmati pemandian air panas ini lebih lama.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cibolang

Sebagaimana disebutkan bahwa kini pemandian ini memiliki beragam fasilitas yang siap memanjakan para pengunjungnya. Tempat wisata ini telah dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu sejak tahun 1986. Berikut beberapa fasilitas Pemandian Air Panas Cibolang yang bisa Anda nikmati:

1. Kolam Renang Air Panas
2. Kolam Ngagogo
3. Mushola
4. Penginapan
5. Bale Kambang
6. Saung
7. MCK & Kamar Ganti
8. Lahan Parkir
9. Warung yang menjual makan dan minuman.

Harga Penginapan Murah di Cibolang Pangalengan

Mungkin Anda juga mencari penginapan murah di cibolang atau penginapan yang dekat dengan Pemandian Ccibolang. Gravity memiliki rekomendasi, Anda bisa menginap di villa, cottage, atau camping De Bloem Pangalengan saja.

Selain tempatnya yang sangat asik dengan view berupa danau, letak De Bloem tidak begitu jauh dari pemandian. Lagian, nanti bisa berwisata kembali di Situ Cileunca.

Yup coba saja villa De Bloem. Harga De Bloem Villa Pangalengan yang masuk di akal bisa menjadi pilihan utama Anda untuk mnginap di sekitaran Pemandian air Panas Cibolang.

Instagram De Bloem bisa dilihat di @debloemvilla, sedanngkan petanya bisa dilihat di google map di sini atau websitenya, silahkan kunjungi www.debloemvilla.com



Transportasi Menuju Pemandian Air Panas Cibolang

Untuk transportasi menuju pemandian air panas cibolang bisa dilakukan dengan memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Kendaraan Pribadi
Jarak tempuh dari kota Bandung ke lokasi pemandiam air Cibolang yaitu membutuhkam waktu sekitar dua jam perjalananatau berjarak sekitar 52 km.

Berikut rute Wisata Cibolang Hot Spring atau Pemandian Air Panas Cibolang yang bisa anda lewati jika berangkat dari Kota Bandung :

Rute alternaif pertama: Dari Kota Bandung silahkn arahkan kendaraan Anda menuju Pintu Tol Kopo, selanjutnya menuju Soreang, dan berturut-turut melalui rute Jalan Raya Pangalengan – Desa Wanasuka – Pemandian Air Panas Cibolang.

Rute alternatif kedua: Anda bisa melalui rute dari Kota Bandung, lalu mealui Jalan Cibaduyut Raya, kemudian berlanjut terus menuju Jalan Raya Banjaran, dan berturut-turut melalui rute Jalan Raya Pangalengan – Desa Wanasuka – Pemandian Air Panas Cibolang.

Kendaraan Umum
Apabila Anda naik kendaraan umum, rute menuju Pemandian Air Panas Cibolang dimulai dari Terminal Leuwi Panjang Bandung.

Berturut-turut rute tersebut sebagai berikut: bus Leuwi Panjang - Pangalengan (Rp. 20.000), selanjutnya naik angkutan Kota ke Pemandian Air Panas Cibolang (Rp. 10.000) atau bisa juga naik ojek (Rp. 20.000 –Rp. 40.000).

Demikian referensi jika Anda mau berkunjung ke tempat wisata Pemandian Air Panas Cibolang. Semoga informasi ini bermanfaat.

kang emil saat mengunjungi cibolang hotspring
Kang Emil saat mengunjungi cibolang hotspring (@sure_hendrawan)


Anda juga bisa mengunjungi banyak lagi tempat wisata di pangalengan di sini.